Destinasi

Bukit Serelo, Tempat Menantang Adrenalin di Lahat, Sumatera Selatan

Warga setempat menyebutnya Bukit Tunjuk karena puncaknya mirip telunjuk yang mencuat ke langit. Mereka pun percaya bukit tersebut mengingatkan manusia bahwa masih ada Tuhan yang posisinya lebih tinggi. Bentuknya yang unik membuat para pendaki dari luar daerah penasaran ingin menantang adrenalin demi melihat bentuk aslinya dari dekat.

5 Jam dari Kota Palembang 

Jaraknya memang cukup jauh dari Palembang, namun rasa lelah akan berkurang, karena di sepanjang perjalanan menyajikan pemandangan cantik. Ke mana pun mata memandang, yang terlihat adalah barisan bukit dan kelokan sungai bearus deras dengan hamparan hutan tropis yang diselingi ladang kopi milik warga.

Butuh perjuangan

Di sekitar bukit yang merupakan salah satu bagian dari bukit barisan ini dikelilingi oleh Sungai Lematang yang berair jernih. Bagian bawah bukitnya kerap dijadikan tempat berkemah atau untuk rekreasi. Jika ingin camping di atas bukit, butuh ekstra hati-hati karena angin kencang bisa merobohkan tenda. Hawanya juga sangat dingin. Jarak pendakian untuk ke atas bukit juga bukan hal mudah. Karena, pendakiannya cukup jauh, licin, dan terjal. Di mana sudut pendakiannya bisa mencapai 75 derajat.

Bukit Serelo juga merupakan bukit bebatuan yang hanya ditumbuhi semak-semak mirip ilalang. Di sekitar lereng bukit ini terdapat sumber mata air jernih, juga terdapat pemandangan indah berupa koleksi bebatuan halus yang berada di bawah tebing puncak. Ketika hari sudah malam, dari atas Bukit Serelo, kamu bisa menyaksikan gemerlap lampu rumah warga bak gugusan bintang yang bertaburan di bumi.

Terdapat kekayaan flora dan fauna

Di kaki Bukit Serelo terdapat Sekolah Gajah Perangai yang merupakan tempat pelatihan gajah-gajah supaya jinak dan bisa mempermudah pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar, seperti mengangkut benda-benda yang sulit diangkat manusia sendirian.

Di sana kamu bisa menemui banyak flora dan fauna asli Indonesia. Seperti, puspa (Schima walichii), sungkai (Peronema canesem) dan jenis-jenis lain yang tumbuh pada hutan sekunder. Sedangkan jenis fauna yang hidup di Bukit Serelo adalah kera ekor panjang (Macaca fascicularis), cengkok (Macaca sp.), kancil (Trangulu sp.), rusa (Cervus sp.), kijang (Muntiacus muncak), babi rusa (Sus sp.) dan berbagai jenis burung serta ayam hutan.

Pengin liburan ke Palembang untuk mengunjungi Sungai Musi sekaligus menyambut Asian Games 2018, yuk, pesan tiket pesawat dan hotel murah di Palembang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Palembang cari hotel murah di Palembang

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top