Destinasi

Bukit Kasih Kanonang, simbol indahnya toleransi beragama di Indonesia

Travelers, Indonesia dikenal memiliki ragam budaya dan adat yang bervariasi, dari Sabang hingga Merauke. Perbedaan agama dan kepercayaan tentunya akan selalu menjadi ciri khas di tiap wilayah nusantara. Walau begitu, Indonesia pun memiliki tingkat toleransi antar agama yang tinggi, dengan masyarakat yang hidup berdampingan meskipun berbeda keyakinan.

bukitkasih1

 

Bisa travelers bayangkan betapa indahnya kehidupan bermasyarakat di Indonesia, jika tidak ada lagi provokasi dan hasutan yang bertujuan memecah belah persatuan yang sudah sekian lama terbangun. Nah, tempat wisata satu ini didirikan dengan harapan penganut agama-agama di Indonesia bisa makin solid dan tidak mudah diadu domba.

Namanya Bukit Kasih Kanonang, terletak di wilayah Tomohon, Sulawesi Utara, tepatnya di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Minahasa. Berjarak sekitar 55 KM dari Manado, Bukit Kasih terletak tepat di kaki gunung Soputan, sebuah gunung berapi yang masih aktif hingga kini.

Bukit Kasih dibangun sebagai simbol toleransi umat beragama di Indonesia, terutama 5 agama yang telah diakui pemerintah, yaitu Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Masing-masing agama mengajarkan kebaikan dan menghendaki umatnya saling mengasihi sesama manusia. Ajaran-ajaran tersebut tertulis indah di sebuah tugu dengan 5 buah sisi, mewakili 5 agama, dikutip dari kitab suci dan firman tiap agama.

Di puncak tugu, ada patung burung merpati dan bola dunia. Merpati menjadi simbol kesucian dan kesetiaan, sementara bola dunia menandakan bahwa kasih itu universal dan tidak memiliki batasan. Sebuah analogi indah tentang kehidupan yang damai dan penuh kasih sayang jika manusia bisa mengesampingkan perbedaan yang ada. Ini juga digambarkan dengan 5 rumah ibadah yang dibangun berdampingan di Bukit Kasih.

bukitkasih2

Namun, Bukit Kasih tidak melulu tentang toleransi beragama. Karena lokasinya yang berada di kaki gunung berapi, travelers bisa menemukan sumber mata air panas alami. Uap belerang keluar dari tanah dengan sesekali bau khas menyengat. Di kolam air panas ini, travelers bisa memasak telur atau jagung rebus. Karena suhu air yang sangat panas, hanya butuh waktu singkat untuk merebus telur dan jagung hingga matang dan siap disantap.

bukitkasih3

Seru kan, travelers? Kamu bisa melakukan wisata religi sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa di Bukit Kasih. Wilayah pegunungan dan pedesaan di Sulawesi Utara sangat indah dan udaranya pun sejuk, karenanya cocok untuk menikmati telur rebus dan jagung bakar. Tapi, patut travelers catat, untuk mencapai Bukit Kasih ini, kamu harus menaiki anak tangga yang berjumlah tidak kurang dari 2.400 buah! Olahraga dulu ya.

Tertarik datang ke Manado kan? Yuk, cek rekomendasi hotel pegipegi.com untuk liburan travelers

(Visited 1,029 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top