Destinasi

Bukit Jaddih, Wisata ke Tambang Kapur yang Memesona

Bicara soal Madura, pulau ini nggak cuma terkenal dengan sate atau karapan sapinya. Pulau yang bisa diakses dari Surabaya melalui Jembatan Suramadu ini juga menawarkan keindahan lewat wisata alam, salah satunya adalah Bukit Jaddih. Tempat wisata ini merupakan tambang kapur yang juga masih aktif menjadi lokasi pertambangan.

POLA BUKIT YANG TIDAK BERATURAN

Saat kamu datang ke sini, kamu akan melihat bukit kapur dengan pola yang tidak beraturan. Ini merupakan hasil dari pahatan tambang. Nggak heran, begitu kamu datang untuk yang kedua kalinya, pola bukit juga akan berbeda karena aktivitas pahatan yang terus berlangsung.

Beberapa bukitnya tampak seperti memiliki pintu dan jendela. Bahkan secara keseluruhan, Bukit Jaddih terlihat seperti bangunan bertingkat yang besar. Uniknya, kapur yang ada di Bukit Jaddih mengandung besi sehingga warna bukit kapur yang ada di sini sedikit kemerahan.

DANAU BIRU YANG INSTAGENIC

A post shared by -AGA- (@baperman_) on

Di tengah bukit kapur, terdapat cerukan hasil pertambangan yang membentuk kolam dengan air berwarna biru. Kolam ini juga disebut dengan nama Danau Biru. Ternyata air biru yang ada di danau ini datangnya dari bawah batuan kapur. Kejernihan serta warnanya yang indah membuat Danau Biru jadi salah satu spot yang instagenic. Bisa dibilang berkat Danau Biru, Bukit Jaddih jadi salah satu tempat wisata hits di Madura.

PEMANDANGAN DARI KETINGGIAN

A post shared by JDYD (@yudijudy) on

Kalau kamu ingin menikmati pemandangan yang lebih menakjubkan, cobalah untuk naik ke atas bukit. Dari ketinggian, kamu bisa melihat keseluruhan Bukit Jaddih yang terlihat seperti kota kuno di Timur Tengah. Nggak cuma itu, pemukiman warga dan rerumputan hijau yang ada di sekitar Bukit Jaddih juga bisa terlihat. Wah, langsung deh bisa kamu abadikan dengan foto panorama dari atas bukit.

AKSES YANG MUDAH

Untuk menuju Bukit Jaddih, aksesnya sudah sangat mudah. Dari pusat Kota Bangkalan, kamu bisa berkendara selama 15 menit menuju Bukit Jaddih. Sedangkan dari Surabaya, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam melalui Jembatan Suramadu. Parkir motor maupun mobil juga sudah tersedia di kawasan Bukit Jaddih. Harga tiket masuknya pun terjangkau, sekitar Rp10.000 per orang.

Nah, sudah tentukan jadwal mau ke Bukit Jaddih kapan? Kalau sudah langsung deh pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Surabaya lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah di Surabaya

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top