Kuliner

Buka puasa dengan ‘menyantap’ kuliner khas daerah

menu-buka-puasa

 

menu-buka-puasa

foto : www.ideusahakesehatan.com

Menu buka puasa apa yang kamu siapkan sore ini? Kolak atau kurma? Hmm, itu sudah biasa ya. Gimana kalau kamu coba menu yang lain untuk hari ini? Sesuatu yang mungkin baru buatmu tapi sudah jadi hidangan yang wajib ada di meja makan untuk berbuka puasa di berbagai daerah. Penasaran menu apa sajakah itu? Nah kali ini, Pegipegi mau kasih rekomendasi menu buka puasa yang sudah begitu populer di tanah air. Disimak bareng-bareng yuk.

 

Lemang, Sumatera

menu-buka-puasa-lemang-sumatera

foto : nasiempet.blogspot.com

Buat umat Muslim yang ada di Pulau Sumatera, lemang menjadi menu buka puasa favorit. Lemang sendiri sebenarnya adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang diberi garam dan santan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu dimasukan ke dalam seruas bambu, baru kemudian dibakar hingga matang. Benar-benar unik ya? Biarpun bahan yang digunakan cukup mudah, namun jam terbang sangat berpengaruh karena si pembuat pasti sudah tahu takaran untuk menghasilkan lemang yang lezat. Rasanya makin nikmat kalau menu buka puasa ini ditemani dengan rendang dan telur asin. Tapi kalau mau cara manis, kamu bisa tambahkan serikaya atau selai.

 

Bubur Kanji Rumbi, Aceh

kanji-rumbi-aceh

foto : cirasaaceh.blogspot.com

Menu buka puasa ini jadi sering ditemukan saat bulan Ramadan. Sebagai favorit berbuka puasa, bubur kanji rumbi memang istimewa dan punya citarasa yang unik. Sebenarnya mirip seperti bubur ayam pada umumnya, namun yang membedakan tentu saja karena menggunakan berbagai macam rempah sehingga menghasilkan taste sempurna. Tidak hanya itu, aroma bubur kanji rumbi juga begitu khas dan menggugah selera. Dalam satu mangkok, kamu bisa menemukan irisan daging; udang; daging ayam; wortel yang diiris dadu, dan kentang. Aromanya makin harum karena untuk membuat bubur istimewa ini diberi tambahan daun pandan.

 

Bubur Samin, Solo

Buat orang Solo, terutama di area Masjid Darussalam Kampung Jayengan, Serengan, mendapatkan menu buka puasa bubur samin seperti mendapatkan berkah. Biarpun bukan menu asli dari Solo karena awalnya dibuat oleh saudagar perhiasan dari Martapura, namun bubur samin ini sudah menjadi langganan masyarakat setempat karena rasanya yang begitu unik dan cocok di lidah. Berbagai macam rempah yang ditambahkan menghasilkan rasa yang begitu lezat dan gurih. Sebenarnya bahan yang digunakan untuk membuat menu buka puasa yang berwarna kekuningan ini begitu sederhana, seperti beras, daging sapi, santan, susu, minyak sampin dan rempah-rempah yang lumayan banyak. Halaman masjid dijadikan dapur umum untuk membuat bubur samin. Warga masyarakat pun mulai berdatangan menjelang maghrib sambil membawa rantang, mangkok, atau piring.

 

Bubur Pedas, Medan

bubur-pedas-medan

foto : indonesian-medan-food.blogspot.com

Menu buka puasa favorit orang Medan tentu saja bubur pedas. Tahu nggak? Selama bulan Ramadan, menu yang satu ini pasti naik daun. Tidak harus membuatnya sendiri kok karena ada banyak pedagang dadakan yang menjual bubur pedas yang rasanya lezat, namun harganya tetap terjangkau. Karena sudah menjadi kebiasaan, bagi orang Medan rasanya belum afdol berbuka puasa kalau belum menyantap bubur pedas. Yang perlu diingat adalah, menu buka puasa ini tidak setiap hari bisa ditemukan namun hanya tersedia saat bulan Ramadan. Lalu, apa sih yang membuat bubur pedas jadi maknyus? Yang pertama tentu rasanya yang gurih-gurih lezat serta isiannya yang komplit karena dalam satu mangkok kamu bisa menemukan jagung manis pipilan, kacang hijau, kacang merah, kentang, wortel, keladi, ubi merah, udang, daging ayam, ikan, ebi, serta aroma dan rasa rempah-rempah yang begitu kaya. Hmmm, nikmat sekali ya.

 

Bubur Kampiun, Padang

bubur-kampiun-padang

foto : alamatku.detik.com

Nggak lengkap rasanya berbuka puasa kalau belum menyantap bubur kampiun. Barangkali itulah yang dipikirkan oleh mayoritas orang Padang tentang menu buka puasa yang satu ini. Bagaimana tidak? Menu bubur kampiun jadi sangat mudah ditemukan di berbagai tempat karena sudah jadi ‘langganan’ sebagai menu buka puasa. Rasa manis dan gurih begitu mendominasi karena kalau disarikan, menu buka puasa ini adalah gabungan dari bubur ketan hitam, bubur ketan putih, bubur candil, bubur sumsum, kolak ubi, dan kolak pisang. Meriah banget ‘kan? So dalam satu mangkok kamu bisa merasakan semua makanan tradisional tersebut. Tidak heran kalau panganan yang satu ini laris manis menjelang waktu berbuka puasa. Kamu tidak harus ada di Padang untuk bisa mencicipi menu buka puasa ini karena di berbagai daerah, bubur kampiun juga banyak dijajakan untuk menemani umat Muslim saat berbuka puasa.

 

Es Selendang Mayang, Betawi

es-selendang-mayang-betawi

foto : www.jendelakuliner.com

Memang sih menu segar yang satu ini tergolong sajian jadul banget tapi bukan berarti sudah diabaikan. Menu buka puasa es selendang mayang juga menjadi salah satu primadona sebagai menu buka puasa. Biarpun kedengarannya begitu klasik, tapi memang benar karena kalau seharian kamu berpanas-panas ria, pasti akan merasa fresh lagi setelah menyeruput menu buka puasa es selendang mayang. Lalu apa sih yang bikin ketagihan? Well, tentu saja karena bahan-bahan yang digunakan seperti tepung hunkwe, tepung beras, tepung sagu, potongan selendang mayang, gula dan kuah santan akan menghasilkan sajian yang begitu lezat. Bahkan mencoba satu porsi bisa kurang kalau kamu sudah kangen banget dengan citarasa es selendang mayang yang unik ini.

 

Es Oyen, Bandung

es-oyen-bandung

foto : jendelakuliner.com

Bandung juga punya menu buka puasa yang seger lho. Apalagi kalau bukan es oyen. Menu yang satu ini sudah jadi incaran umat Muslim yang sedang berpuasa di Kota Kembang. Karena jadi primadona, ini membuat banyak penjual takjil di pinggir jalan saling berlomba menyajikan menu buka puasa es oyen. Rasanya memang begitu menyegarkan karena dibuat dari campuran buah nangka, kolang kaling, alpukat, serutan kelapa muda, durian dan lainnya. Tampilan yang menarik serta taste manis yang mendominasi es oyen juga bisa ditemukan pada hari biasa. Namun saat bulan Ramadan, keberadaannya menjadi buruan warga Bandung. Nggak heran kalau banyak orang yang tergoda untuk menyajikannya di meja makan sebagai menu buka puasa.

 

Es Pisang Hijau, Makassar

es-pisang-ijo-makassar

foto : resepmasakanpedia.com

Kamu masih mau menu buka puasa yang seger-seger? Es pisang hijau bisa dijadikan pilihan. Minuman segar asal Makassar ini juga semakin populer saat bulan Ramadan. Memang sih di hari biasa, es pisang hijau juga banyak peminat namun jumlahnya melonjak drastis saat bulan puasa. Nggak perlu membuatnya sendiri kok karena di pinggir jalan ada banyak penjual menu buka puasa es pisang hijau. Tapi kalau pengin menyajikannya untuk keluarga, kamu bisa meracik sendiri di rumah. Cukup siapkan bahan-bahan seperti pisang raja, perasan daun pandan dan daun suji, tepung beras, santan, dan es batu. Kamu juga bisa pilih topping yang kamu suka, seperti sirup, coklat atau keju. Hmmm, menu buka puasa yang segar ini pasti rasanya membuat ketagihan karena rasa segar, manis dan gurih santan dapat menjadi pelepas dahaga setelah seharian berpuasa.

 

Gimana? Cukup variatif ‘kan menu buka puasa di atas. Kamu bisa pilih yang anget-anget atau yang dingin-dingin untuk menemani saat berbuka puasa. Selamat menikmati.

(Visited 553 times, 1 visits today)

Comments

To Top