Kuliner

Bubur Manado, sarapan panambah stamina tubuh

bubur manado

Pagi-pagi, enaknya sarapan apa ya? Menu sarapan pagi warga Jakarta biasanya tak lepas dari bubur ayam, nasi goreng atau roti isi. Nah, rupanya, ada persamaan antara warga Jakarta dan warga Manado, nih, travelers. Yep, di Manado, Sulawesi Utara, ada bubur yang mirip bubur ayam kalau di Jakarta, namanya bubur Manado atau dikenal sebagai Tinutuan oleh masyarakat di sana . Penasaran seperti apa rasa dan tampilan dari bubur Manado? Yuk, simak rinciannya berikut ini!

bubur manado

www.jawaban.com

Sejarah Bubur Manado

Mungkin kamu penasaran gimana sejarah atau cerita yang mengilhami kemunculan tinutuan atau Bubur Manado. Namun kalau diambil dari bahasa lokal, tinutuan artinya campur aduk atau semrawut karena memang banyak sekali bahan isian yang dicampur kedalam bubur Manado ini. Konon, tidak ada yang tahu sejak kapan bubur ini jadi salah satu makanan khas dari kota Manado. Hanya saja, banyak yang bilang kalau sejak tahun 1980-an, banyak orang yang memperjualbelikan tinutuan di berbagai tempat di Kota Manado.

Biarpun sejarahnya kurang begitu dikenal, namun bukan berarti Bubur Manado tidak populer. Bahkan kini banyak terlihat kedai di berbagai kota yang menjual bubur Manado yang merupakan salah satu menu sarapan favorit masyarakat Manado ini.

Nikmatnya bubur Manado

Sebenarnya, bubur Manado adalah sajian ringan yang biasa disantap untuk sarapan pagi dengan isian begitu komplit. Mulai dari beras, ubi jalar, singkong, labu kuning, jagung pipilan, bayam, kangkung, kacang panjang, daun gedi dan kemangi. Karena tidak ada tambahan daging, bubur ini pun masuk dalam kategori makanan sehat dan cocok untuk semua usia.

Biar tambah lezat, bubur Manado ini juga disajikan bersama dengan ikan asin sebagai pelengkapnya sehingga paduan rasa gurih, lezat dan asin ini bisa bikin kamu makin lahap menyantapnya. Kalau ingin yang lebih lengkap, bisa juga ditambahkan perkedel jagung, ikan tuna asap, kerupuk, sup kacang merah dan mie. Dijamin kamu bakal makin semangat menghabiskan satu piring bubur Manado.

Lalu bagaimana dengan rasanya? Hmm, jangan tanya deh. Buat yang baru pertama kali mencoba, mungkin agak sedikit aneh. Kok bubur campur aduk kayak gini ya? Tapi kalau kamu menikmati rasa dan mencoba isiannya, kamu bisa rasakan kalau bubur Manado ini punya citarasa tinggi dengan paduan rasa asin, pedas dan manis dalam satu piring. Apalagi kalau disantap selagi hangat. Dijamin membuat badan terasa segar dan bersemangat dalam memulai hari.

tinutuan

foodsculinary.wordpress.com

Cara membuat bubur Manado

Membuat bubur Manado itu sangat mudah, lho. Pertama-tama, kamu harus didihkan air, lalu masukan beras, sereh, dan daun salam. Setelah setengah matang, selanjutnya masukan labu, ubi, dan jagung hingga semuanya melunak. Kemudian masukan bahan lain seperti kemangi, daun bawang, daun gedi, kacang panjang, kangkung, dan daun bayam hingga semuanya menjadi layu. Untuk menambah rasa, taburkan sedikit gula pasir dan garam. Bubur ini selanjutnya diaduk-aduk hingga merata dan baru diangkat setelah matang. Kamu bisa menambahkan lauk pauk atau pelengkap lain agar rasa bubur Manado yang kamu buat semakin lezat.

Nutrisi dalam bubur Manado

Dengan isian dan pelengkap yang bervariasi, nutrisi yang terkandung di dalam bubur Manado pun sangatlah lengkap karena menu ini kaya sekali akan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalium, serat, betakaroten, kaya antioksidan, magnesium, mangan, rendah koleksterol, protein, fosfor, kalsium, dan masih banyak lagi nutrisi yang kamu dapat saat menikmati seporsi bubur Manado ini. Nggak heran kalau menu ini pun cocok untuk orang yang sedang sakit.

Gimana? Sekarang kamu penasaran ‘kan dengan rasa dari bubur Manado. Selamat mencoba.

(Visited 887 times, 1 visits today)

Comments

To Top