Berita

Brain Freeze itu Bahaya atau Nggak, Sih?

“Duh, makan es krim ya? Takut sakit kepala gue, nih!”

Bagi kebanyakan orang, es krim atau minuman beku lainnya sering menciptakan sensasi sakit kepala singkat. Dikenal dengan istilah brain freeze, sensasi ini pun hanya berlangsung singkat, sekitar 30 detik saja.

Kekhawatiran tentang apakah sensasi ini merupakan pertanda baik atau buruk bagi kesehatan pun bermunculan. Namun, untuk mengetahuinya, kamu harus tahu penyebab dari sensasi brain freeze ini.

Seperti yang dijelaskan oleh ahli neurofisiologi asal Amerika Serikat, Joseph Hulihan. Saat es menyentuh rongga mulut bagian atas, pembuluh darah melebar, menyebabkan rasa nyeri di kepala.

Ketika serangan es dingin tersebut berlangsung, pusat syaraf berusaha untuk menghangatkan tubuh dengan mengirim sinyal kepada otak. Pada momen itulah, kepala akan terasa sakit selama beberapa detik sebelum suhu tubuh kembali normal.

Brain freeze sendiri tergolong sensasi yang nggak merusak syaraf maupun menggangu kinerja otak. Meski belum ada penelitian yang berkelanjutan, ahli neuro di Rumah Sakit John Hopkins, Amerika Serikat menyatakan brain freeze bukan masalah besar untuk kesehatan.

Justru, penurunan suhu pada syaraf otak berguna saat seorang dokter melakukan operasi terhadap pasiennya. “Nggak cuma memudahkan, operasi yang kita lakukan akan berjalan aman dengan adanya penurunan suhu di otak” ucap salah satu ahli neuro, Rafael Tamargo.

Nah,  hanya ada satu cara agar kamu nggak terserang brain freeze saat menikmati es krim. Jika terasa menganggu, seruput dengan perlahan es krim dari bagian atas, agar suhu pada syaraf terjaga dengan baik.

Sudah tahu faktanya? Yuk, rencanakan liburan kamu bersama keluarga dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Vogue

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top