Kuliner

Borong Bandeng Enak di Sentra Bandeng Presto, Semarang

Bicara soal oleh-oleh dari Semarang, ada satu yang tidak boleh dilewatkan, yaitu bandeng presto. Selain rasanya enak dan gurih, makan bandeng presto juga nggak menimbulkan rasa was-was karena duri-duri pada ikan bandeng teksturnya empuk dan bisa dimakan.

Untuk kamu yang ingin borong bandeng presto untuk diri sendiri atau oleh-oleh bagi orang terdekat, kamu bisa main ke Sentra Bandeng Presto, di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari. Karena, kamu bisa langsung melihat bagaimana bandeng presto dimasak. Harganya pun juga tergolong lebih murah ketimbang bandeng presto di tempat lain.

Usaha bandeng presto dilakukan Ibu Darmono pada tahun 1980. Dengan bermodalkan semangat, Ibu Darmono mampu menciptakan bandeng presto yang bernilai ekonomis tinggi. Ibu Darmono mengajak ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya untuk membuat usaha bandeng presto. Kemudian usaha tersebut diberi nama Kelompok Usaha Dagang Mina Makmur. Awalnya bernama Kelompok Wanita Tani Nelayan.

Sudah banyak jatuh bangun yang dialami oleh Ibu Darmono. Bahkan dulunya beliau pernah jualan bandeng presto keliling dan sering tidak laku. Kini, usaha bandeng prestonya nggak hanya terkenal di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Ibu Darmono pun suka sering menjadi pembicara di acara seminar.

Tak jarang, Ibu Darmono juga suka sekali share tentang tata cara pembuatan bandeng presto ke pengunjung yang datang. Bumbu dasar dari bandeng presto sendiri adalah bawang putih, kunyit, dan garam putih beryodium. Setelah dimarinasi, bandeng pun dikukus selama 30-60 menit hingga empuk dan matang. Setelah itu ikan akan diangin-anginkan agar uap panas hilang dan bisa dikemas.

Ternyata, ikan bandeng nggak cuma dijadikan dalam bentuk presto, namun juga bisa dijadikan otak-otak atau pepes, lho. Dan pastinya, rasanya enak semua! Meskipun garam yang digunakan cukup banyak, namun rasa ikan bandeng yang disajikan oleh Sentra Bandeng Presto nggak terlalu asin di lidah.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin makan ikan bandeng. Karena, proteinnya tinggi sehingga bisa membantu membentuk massa otot, memperkuat tubuh, dan mengikat lemak. Ikan bandeng juga tinggi akan kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi, juga mencegah osteoporosis. Untuk mencegah anemia juga bisa lho, karena zat besinya tinggi.

Sedangkan, vitamin A pada ikan bandeng mampu untuk menjaga kesehatan mata dan menjaga daya tahan tubuh. Dan yang paling penting adalah kandungan omega 3 ikan bandeng yang ternyata jauh lebih tinggi ketimbang ikan salmon. Omega 3 bermanfaat untuk perkembangan fungsi kognitif dan menjaga kesehatan janin ibu hamil.

Di sebelah dapur pembuatan bandeng presto, kamu bisa langsung ke UD Mina Makmur yang menjual aneka bandeng untuk oleh-oleh. Bukan hanya bandeng presto yang dijual, tapi juga otak-otak, pepes, dan aneka camilan lainnya.

Jika kamu ingin membeli bandeng presto untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, sebaiknya pilih yang jenis vacum, karena bandengnya lebih tahan lama, yaitu 1-2 hari di suhu ruang atau 7 hari di dalam kulkas. Dari segi harga, menurut Pegipegi jauh lebih terjangkau ketimbang tempat lain. Karena bedanya bisa sampai dua kali lipatnya.

Gimana, travelers? Pengin banget nggak borong bandeng presto murah meriah di Sentra Bandeng Presto? Yuk, rencanakan liburan kamu ke Semarang dengan pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Semarang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah lain di semarang

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top