Kuliner

Bir Pletok, Minuman Sehat Tanpa Alkohol khas Betawi

Duh, panas gini enaknya minum yang segar-segar, deh! Dan buat kamu yang kebetulan lama tinggal di Jakarta, nama bir pletok pasti sudah nggak asing lagi.

Tapi jangan khawatir. Meski namanya, bir, minuman yang satu ini nggak mengandung alkohol sama sekali, lho. Justru minuman khas Betawi ini punya banyak khasiat untuk kesehatan karena mengandung banyak rempah.

Dibuat dengan tangan dan tanpa pengawet, bir pletok memakai bahan-bahan alami seperti serai, jahe, kembang pekak, biji pala, daun jeruk, kayu manis, daun pandan, dan kapulaga. Bahkan warna yang kemerahan yang ada di bir pletok berasal dari serutan kayu secang.

Nah yang bikin menarik adalah bir pletok cocok dinikmati dalam berbagai momen, misalnya saat musim hujan atau hawa dingin. Sementara saat cuaca panas, bir pletok tinggal ditambah es batu supaya lebih dingin dan segar.

Soal khasiat, bir pletok dipercaya secara turun temurun dapat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan imunitas, serta mengatasi masuk angin dan gejala flu ringan. Selain itu bir pletok juga bisa mengatasi tubuh pegal dan radang sendi, melancarkan peredaran darah, dan mengatasi masalah pencernaan.

Yang bikin heran, kenapa namanya harus bir pletok? Semua harus dirunut dari para meneer Belanda di zaman penjajahan yang gemar berpesta sambil minum bir. Hal ini yang menyulut warga masyarakat Betawi meracik minuman dari berbagai bahan alami menyerupai soda.

Begitu jadi, beberapa orang Belanda pun mencicipi minuman tersebut. Terbiasa minum bir, mereka pun memasukkannya ke dalam botol lalu dikocok bersama es batu hingga berbusa. Nah, suara benturan es batu tersebut yang menginspirai dibuatnya nama bir pletok.

Tertarik mencicipi? Sekalian liburan ke Jakarta! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top