Kuliner

Bir pletok Betawi, minuman segar tanpa alkohol

photo.navi-pon.com

photo.navi-pon.com

Apa yang ada di otak kamu begitu mendengar kata bir? Minuman beralkohol yang memabukkan? Eits, ternyata nggak semua minuman yang bernama bir bikin mabuk, lho. Cobain nikmatnya bir pletok, yang justru bisa bikin badan lebih sehat. Yap, minuman khas Betawi ini punya banyak khasiat untuk kesehatan. Walau namanya bir, tapi sama sekali tidak mengandung alkohol. Yuk intip sama-sama seluk beluk bir pletok bersama PegiPegi!

Asal muasal nama
Awal munculnya minuman ini ternyata terinspirasi dari orang Belanda yang gemar berpesta sambil minum bir. Nggak mau kalah, akhirnya pribumi pun meracik minuman dari berbagai bahan alami menyerupai soda. Begitu jadi, beberapa orang Belanda pun mencicipi minuman tersebut. Terbiasa minum bir, mereka pun memasukkannya ke dalam botol lalu dikocok bersama es batu hingga berbusa. Nah, suara benturan es batu tersebut yang menginspirai dibuatnya nama bir pletok.

Langganan hadir saat momen spesial

Nggak hanya bisa dinikmati sehari-hari, bir pletok juga makin populer dan mudah ditemukan saat ada acara besar seperti pasar malam, bazar, dan festival rakyat. Melihat peluang yang ada, bir pletok pun kini sudah diproduksi walau masih dalam industri kecil rumahan. Racikannya pun nggak asal-asalan, resepnya turun menurun diwariskan agar kualitas rasanya tetap orisinal. Harga jualnya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 6.000-Rp 20.000 tergantung dari ukuran botolnya.

www.topindonesiaholidays.com

www.topindonesiaholidays.com

Racikan kaya rempah
Jika di Jawa Barat ada bajigur, sementara di Makassar ada sarabba, maka Betawi punya bir pletok—ketiganya sama-sama minuman tradisional yang biasa disajikan hangat. Bisa dibilang bir pletok cocok dinikmati dalam berbagai momen, misalnya saat musim hujan atau hawa dingin. Sementara saat cuaca panas, bir pletok tinggal ditambah es batu supaya lebih segar. Tinggal tambahkan penganan rebus seperti kacang, ubi, singkong atau pisang, nyam!
Dibuat dengan tangan dan tanpa pengawet, bir pletok memakai bahan-bahan alami seperti serai, jahe, kembang pekak, biji pala, daun jeruk, kayu manis, daun pandan, dan kapulaga. Dan warnanya yang kemerahan didapat dari serutan kayu secang yang mengandung senyawa antioksidan.

Minuman sekaligus obat
Jika bir konvensional mengandung alkohol dan mampu menggerogoti tubuhmu, bir pletok justru mengandung banyak khasiat karena dibuat dari bahan-bahan alami tanpa pengawet. Dipercaya secara turun temurun dapat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan imunitas, serta mengatasi masuk angin dan gejala flu ringan. Selain itu bir pletok juga bisa mengatasi tubuh pegal dan radang sendi, melancarkan peredaran darah, dan mengatasi masalah pencernaan. Lengkap, kan?

masfikr.com

masfikr.com

 

(Visited 615 times, 1 visits today)

Comments

To Top