Destinasi

Biar Nggak Nyasar, Ini Dia 3 Fakta Simpang Susun Semanggi

Simpang Susun Semanggi akhirnya diluncurkan. Sudah kelar dua bulan sebelum deadline, proyek infrastruktur teranyar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini sudah mulai beroperasi akhir bulan lalu.

Dibangun selama 1,5 tahun, proyek Simpang Semanggi ini memakan dana sebesar Rp 360 miliar. Dananya pun nggak menggunakan APBD di mana pembangunannya berasla dari dana kompensasi KLB (Kelebihan Kofisien Bangunan).

Sayangnya, pembangunan jalan yang memakan dana RP 360 miliar mendapatkan protes dari segelintir orang. Ada yang menilai Simpang Susun Semanggi nggak memiliki fungsi sama sekali! Masa iya sih?

Well, Pegipegi punya beberapa fakta menarik mengapa Simpang Susun Semanggi yang diinisiasi oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama punya banyak fungsi. Biar, pas mencoba nanti nggak nyasar!

Bukan Bundaran, lho!

Foto: kompas

Banyak yang mengira Simpang Susun Semanggi merupakan bundaran layaknya Bundaran HI. Ya, karena kalau dilihat dari atas, bentuknya memang bundar.

Namun, jika kamu tilik fungsinya, Simpang Susun Semanggi dapat digunakan untuk kendaraan berbelok kanan langsung dari arah Barat (Tomang/Slipi) menuju Blok M dan dari arah Timur (Cawang/Pancoran) menuju Bundaran HI.  Jadi, kalau ada yang bilang Simpang Susun Semanggi adalah bundaran buat putar balik, mending nggak usah lewat, deh!

Mengatasi Kemacetan

Foto: kompas

Well, fungsi utama Simpang Susun Semanggi sederhana, kok, buat mengatasi kemacetan. Sebelumnya, jika kamu ingin berbelok langsung ke arah Blok M dari Slipi, kamu harus menggunakan simpang kecil yang berada di tengah di mana kamu bertemu dengan kemacetan dari arah Sudirman/Bundaran HI.

Kini, untuk belok ke Blok M, kamu nggak perlu menggunakan simpang di tengah. Cukup naik simpang barunya yang berada di sebelum simpang lama dan langsung mengarah ke samping Markas Besar Polda Metro Jaya menuju Blok M/Senayan. Hal yang sama juga berlaku jika kamu berada dari arah Cawang ingin menuju Bundaran HI.

Ikon Baru DKI Jakarta

Foto: jawapos

Selain ada fungsi teknisnya, Simpang Susun Semanggi juga punya fungsi lainnya. Yap! Simpang Susun Semanggi dapat menjadi ikon baru Jakarta. Hal ini dinilai dari faktor estetika yang ada di Simpang Susun Semanggi.

Jika kamu jalan di malam hari, Simpang Susun Semanggi memiliki pencahayaan berwarna yang sangat cantik. Di dindingnya terdapat motif balang yang merupakan ornamen khas Betawi.

Foto utama: Kumparan

Bagi kamu yang berada di luar Jakarta dan akan main ke Jakarta dalam waktu dekat, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 324 times, 7 visits today)

Comments

To Top