Destinasi

Berwisata sambil belajar gunung api di Ketep Pass, Magelang

ketep-pass-magelang

Tempat wisata yang menarik di Magelang itu bukan Candi Borobudur aja lho, travelers. Coba deh ke Ketep Pass Magelang buat menikmati keindahan panorama Gunung Merapi yang menghadap ke Kota Magelang. Mau tau lebih banyak tentang Ketep Pass Magelang? Simak terus ya, travelers.

ketep-pass-magelang

foto : http://griyatetirah.com/

Ketep Pass Magelang dikelilingi lima gunung

Ketep Pass berlokasi di atas sebuah bukit yang bernama Bukit Sawangan pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Secara administratif Ketep Pass termasuk dalam wilayah Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang,  Jawa Tengah. Wajar kalo lokasi wisata pegunungan di Jawa Tengah ini belum terlalu populer di kalangan wisatawan karena Ketep Pass Magelang masih tergolong ‘baru’. Baru diresmikan secara resmi tanggal 17 Oktober 2002 oleh Presiden Megawati.

Ketep Pass Magelang didirikan di sebuah spot tersembunyi di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, dua gunung ternama di Propinsi Jawa Tengah. Kamu bisa melihat areal pertanian, hutan, pemukiman penduduk, jalan-jalan raya yang semuanya tampak kecil dan terhampar di bawah, diapit oleh Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Tidar, Bukit Telo Moyo, Gunung Andong, Bukit Menoreh, dan banyak lagi. Dengan menghamparkan pandanganmu ke sekeliling Ketep Pass, ada sebuah perasaan damai yang bisa kamu rasakan dengan memandangi panorama menakjubkan dan sensasi tersendiri karena ‘dikepung’ oleh berbagai gunung yang cantik dan perkasa.

Sebenarnya tujuan awal pendirian Ketep Pass Magelang adalah untuk menyediakan sebuah sarana bagi masyarakat yang ingin belajar mengenai kegunungapian. Ini karena Gunung Merapi adalah sebuah gunung misterius yang erupsinya biasanya memakan banyak korban jiwa. Kita tau kan kalo letusan Gunung Merapi yang terakhir di tahun 2010 mengakibatkan banyak rumah dan lahan pertanian yang rusak akibat serbuan awan panas alias wedhus gembel. Dan ada juga korban jiwa yang tewas akibat kurangnya pengetahuan tentang letusan gunung api.

Agar kejadian serupa nggak terjadi lagi, Ketep Pass Magelang pun mulai berbenah dan melengkapi sarananya dengan Ketep Volcano Theatre dan Ketep Volcano Centre di mana kamu bisa belajar lebih banyak tentang tanda-tanda gunung meletus, jalur evakuasi jika Gunung Merapi meletus, zat-zat berbahaya apa saja yang sangat mungkin terlepas dari kawah jika Gunung Merapi meletus dan banyak lagi. Di Ketep Pass Magelang kamu juga bisa mengamati bebatuan yang terlontar dari mulut kawah Merapi saat meletus tahun 2010 lalu. Kamu juga mengamati keindahan gunung dan pegunungan yang mengelilingi Ketep Pass Magelang melalui dua buah teropong.

Cara mendatangi Ketep Pass Magelang

Kalo kamu lagi jalan-jalan ke Yogyakarta, kenapa nggak mampir ke Ketep Pass Magelang buat nyari suasana baru, travelers? Lagian jarak Ketep Pass Magelang dari Yogyakarta juga nggak terlalu jauh, hanya 2 jam berkendara dengan naik mobil atau sepeda motor. Ketep Pass Magelang lebih gampang didatangi kalo kamu dalam perjalanan menuju atau pulang dari Candi Borobudur yang berjarak 30 km dari Ketep Pass Magelang.

O ya, pastikan kendaraan kamu cukup fit karena jalan menuju Ketep Pass Magelang lumayan menanjak dan berliku-liku. Tapi kamu ngga perlu terlalu tegang karena pemandangan ciamik pegunungan akan menemani kamu sepanjang perjalanan.

Harga tiket masuk Ketep Pass Magelang juga terjangkau banget, cuma Rp 7500 aja per orang. Kamu juga harus membayar biaya parkir kendaraan yang rinciannya adalah Rp 2000 buat sepeda motor, Rp 5000 untuk mobil, mini bus Rp 7000 dan bus pariwisata Rp 12 ribu.

Udah murah tiketnya, pemandangannya cantik pula. Sayang banget kan kalo nggak datang ke Ketep Pass Magelang? Tapi sebelum kamu berangkat ke sana, pesan tiket pesawat ke Magelang atau Yogyakarta dulu ya. Hubungi Pegipegi aja karena kami selalu siap buat kamu.

(Visited 293 times, 1 visits today)

Comments

To Top