Destinasi

Berwisata & belajar di Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung jadi pilihan keluarga saat liburan bareng anak-anak untuk memperkenalkan berbagai macam binatang. Pasti seru banget memperlihatkan satu per satu binatang yang selama ini hanya dilihat ditelevisi. Nggak heran kalau tempat ini selalu ramai saat akhir pekan, liburan, dan lebaran. So kali ini, Pegipegi mau ajak travelers semua jalan-jalan ke Kebun Binatang Bandung.

Kebun Binatang Bandung

foto: wikimapia.org

Lokasi dan tiket Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung terletak di Jalan Kebun Binatang no 6 Taman Sari, Bandung. Lokasinya juga cukup strategis karena letaknya ada diantara area Tamansari (Sungai Cikapudang) dan ITB (Institut Teknologi Bandung). Selain itu, tempat ini juga mudah diakses dengan kendaraan pribadi dan alat transportasi umum dari berbagai arah.

Tiket Kebun Binatang Bandung per orang adalah Rp25.000* dan digratiskan untuk anak-anak di bawah 3 tahun. Kalau datang bareng rombongan, kamu bisa dapat diskon sehingga harganya jauh lebih murah. Sedangkan jam buka Kebun Binatang Bandung mulai pukul 08.00 – 16.00.

Sejarah dan Pemanfaatan Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung dibangun pada masa pemerintahan Belanda, yaitu tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park atau BZP. Namun setelah penjajahan bangsa Jepang, kebun binatang ini terbengkelai dan diabaikan. Dengan berjalannya waktu dan pergantian pemerintahan, tepatnya tahun 1948, rehabilitasi Kebun Binatang Bandung mulai dibenahi untuk memberi kenyamanan bagi penghuni dan pengunjung.
Kebun binatang dengan luas sekitar 13,5 hektar ini mengoleksi berbagai spesies binatang dengan jumlah sekitar 1800 ekor yang berasal dari 213 spesies, baik yang dilindungi maupun tidak dilindungi. Cukup banyak ‘kan? Dan sebagai wahana edukasi dan riset, Kebun Binatang Bandung ini pun terus melakukan pembenahan di sana-sini agar masyarakat luas dan dunia ilmu pengetahuan dapat mengambil manfaat dari kawasan ini.

Koleksi lengkap Kebun Bintang Bandung

Mengunjungi kebun binatang adalah tempat paling cocok untuk mengisi liburan bareng keluarga. Anak-anak pasti sangat menyukainya karena bisa jadi ini adalah pertama kalinya anak-anak melihat bintang tertentu secara langsung. So kalau kebetulan travelers lagi ada di Kota Kembang dan membawa anak-anak, nggak ada salahnya untuk piknik ke Kebun Binatang Bandung.

Binatang seperti gajah, beruang, oranguan, macan tutul, tapir, komodo, unta, ular, harimau Sumatra, kijang, wau wau Sumatra, zebra, rusa tumor, singa Afrika, siamang, dan berbagai jenis burung menjadi penghuni tetap Kebun Binatang Bandung. Mereka cukup terawat dengan baik dan terkadang bertingkah lucu. Ini benar-benar bisa jadi hiburan yang murah meriah karena anak-anak bisa belajar sambil bermain.

Yang asyik adalah tempat ini cukup rindang karena terdapat banyak pepohonan hijau yang memberi naungan pada pejalan kaki dan penghuni Kebun Binatang Bandung. Pengelola kebun binatang benar-benar memperhatikan dan tahu betul akan hal itu sehingga sengatan matahari tidak membuat binatang mengalami dehidrasi. Selain itu, pepohonan yang ada juga digunakan untuk resapan air hujan.

Fasilitas Kebun Binatang Bandung

Tidak hanya kesehatan dan pemeliharaan penghuni kebun binatang saja, pengelola juga memperhatikan fasilitas yang diperlukan oleh pengunjung. Untuk menarik minat wisatawan, Kebun Binatang Bandung juga menyediakan kolam perahu yang bisa digunakan untuk mengarungi kolam, museum aquarium, flying fox untuk menantang adrenalin, area bermain anak-anak, serta museum zoologi.

Kalau itu masih belum cukup, travelers bisa mencoba mengendarai gajah, kuda atau unta yang memang disediakan oleh pengelola Kebun Binatang Bandung untuk memanjakan para pengunjung. Petugas yang sudah profesional akan mendampingi sehingga kamu tidak perlu merasa takut. Hanya dengan membayar Rp10.000* untuk satu kali putaran, kamu bisa berkeliling kebun binatang dan mengintip kegiatan para penghuninya.

Menariknya lagi, pengunjung yang datang juga dapat berpartisipasi dan berinteraksi langsung dengan beberapa jenis binatang tertentu. So kalau pengin punya kenang-kenangan saat piknik ke Kebun Binatang Bandung, travelers dapat foto bersama beberapa spesies binatang seperti burung dan ular. Jangan takut, mereka sudah jinak kok.

Tertarik untuk piknik ke Kebun Binatang Bandung? Segera saja meluncur ke Kota Kembang. Jangan lupa untuk booking hotel di Bandung dari Pegipegi.com ya kalau kamu pengin menghabiskan waktu lebih lama di sana. Selamat berlibur.

Keterangan * : Harga berlaku pada saat artikel ini ditulis.

(Visited 659 times, 1 visits today)

Comments

To Top