Destinasi

Bertualang Menjelajah Cantiknya Surga Palawan

formasi batu di kayangan

palawan-islands-water-crystal-clear

Pulau Palawan bagai sebutir mutiara di birunya laut Filipina. Walaupun kurang booming dibandingkan objek wisata di Thailand, Singapura atau Malaysia, keindahan Pulau Palawan dengan lautnya yang berwarna biru kehijauan dan pasirnya yang putih layak menjadi pilihan wisatamu selanjutnya. Jangan lupa bawa kameramu untuk mengambil foto-foto yang layak menghiasi desktop komputermu, atau bahkan kartu pos!

Mengapa Palawan?

Keindahan alam pantai dan bawah laut di beberapa bagian pulau dengan ibukota Puerto Princessa City ini membuatnya menjadi spot snorkeling dan diving yang menarik. Titik-titik penyelaman disini diklaim sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Tidak ahli menyelam? Snorkeling dan berenang di perairannya yang jernih dan biru pasti akan memuaskan hasrat liburanmu.

Selain itu, apa lagi sih kelebihan Pulau Palawan? Banyak! Yang pasti kamu suka adalah lanskap alam tropis dengan untaian dedauan kelapa dibelai angin, pantai yang eksotis seperti belum pernah tersentuh, serta gugusan pulau-pulaunya yang unik dan menarik. Disini kamu juga bisa menemukan berbagai teluk berbatu, terumbu karang, pasir putih serta lebih dari seribu pulau yang indah. Di awal perjalanan saja, kamu sudah dapat melihat gugusan-gugusan pulau di Provinsi Palawan yang sangat menawan dari atas pesawat. Tempat ini memang dikenal sebagai “surga” oleh traveler dari berbagai penjuru dunia.

Berenang di Laguna Baicut Bay

Sudah di Palawan, enaknya kemana ya? Nggak usah bingung karena Pegipegi sudah mengumpulkan informasi mengenai tempat-tempat menarik yang wajib kamu datangi. Banyak spot diving dan snorkeling yang cantik dan kawasan-kawasan mempesona untuk dijelajahi. Di Bacuit Bay, kamu bisa menyelam dan masuk ke laguna tersembunyi! Juga terdapat pantai cantik yang masih asri, dimana kamu akan merasa seolah memiliki pantai pribadi. Biota lautnya yang beragam, karang berwarna-warni membuat tempat ini menjadi titik yang sempurna untuk menyelam.

Jika kamu senang berpetualang, kamu bisa menjelajahi Pulau Miniloc. Konon pulau ini adalah pulau terindah di Baicut Bay karena memiliki dua laguna yang eksotis. Menurut testimoni banyak traveler, Big Lagoon adalah tempat berenang terindah di dunia. Laguna berair hijau kebiruan ini memiliki tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi tempat lain yang tak kalah cantiknya, Small Lagoon. Untuk sampai ke tempat ini kamu harus naik perahu dan berenang melewati arang. Seru kan?

Mengarungi Kedalaman El Nido yang Memesona

el nido

Setelah menjelajahi setiap permukaan pulaunya, tidak ada salahnya kamu merasakan sensasi kedalaman laut El Nido yang kaya terumbu karang serta koleksi ikan dan biotanya yang sangat mengagumkan. Kalo kamu belum tahu, Baicut Bay dikenal juga sebagai tempat tinggal ikan duyung, lumba-lumba, penyu, pari, dan hiu. El Nido memiliki beberapa operator diving, misalnya El Nido Marine Club, Palawan Divers, dan Sea Dog Diving. Ada lebih dari 30 diving sites menarik tersebar di Bacuit. Tunggu apa lagi? Saatnya menyelam!

Spot selam lain ada di pulau Matinloc, seperti Banayan Point, dimana kamu bisa melihat terumbu karang dan formasi bebatuan, juga ikan-ikan pelagis seperti ikan kembung dan tuna. Di Inbogal Point, tidak hanya pesona terumbu karang dan ikan-ikan pelagisnya yang menunggu, namun juga spesies unik seperti angelfish Pomacanthus annularis yang hanya terdapat di El Nido! Tak jauh dari sana, terdapat Bikanayos Rock. Di sini ada spesies hiu karang yang hanya hidup di sekitar perairan El Nido.

Puas mengarungi Matinloc, saatnya mengunjungi Pulau Miniloc memiliki Twin Rocks yang tidak cuma kaya akan terumbu karang, sea whip dan sea sponge, namun juga memiliki stingray alias pari dan angelfish. Biet Point pun memiliki koleksi barakuda, cumi, sotong, dan angelfish. Selain itu, terdapat juga Tres Marias, 3 gugus terumbu karang cantik di mana painted crayfish tinggal. Di Tres Marias ada bagian taman laut yang dangkal, cocok untuk snorkeling. Ingin tantangan cave diving? Datanglah ke Pulau Dilumacad.

Tebing-tebing megah dan formasi batu karang El Nido juga menyediakan pemandangan yang dramatis menakjubkan untuk mengayuh kayak. Berbagai hotel, restoran, dan operator tur biasanya menyediakan kayak untuk disewakan.

Mendaki Kota Mungil El Nido

Kota El Nido dipagari oleh sebuah gunung tebing marmer dan batu kapur yang menjulang tinggi di salah satu sisinya, menjadikan pemandangan kota ini sendiri istimewa. Orang setempat menyebutnya Taraw, yang berarti tebing batu kapur yang menjulang tinggi. Tebing Taraw yang tinggi itu akan membuat kamu merasa begitu kecil berdiri di dekatnya. Ingin menaklukkannya? Beberapa operator tur di kota ini menawarkan paket panjat tebing “tanpa alat”! Jika kamu tidak terbiasa mendaki medan yang curam, mungkin akan sedikit melelahkan. Namun begitu kamu tiba di atas, segala jerih payah memang akan terbayarkan oleh pemandangan Bacuit Bay yang memukau. Jangan lupa bidikkan kameramu untuk mengabadikannya!

Perahu di Sungai Bawah Tanah

Inside Underground River

Ingin bermain di tempat menarik selain pantai? Kamu bisa mendatangi Puerto Princesa Subterranean River, sebuah sungai yang bawah tanah sepanjang 8,2 kilometer. Sungai ini merupakan sungai nomor dua terpanjang di dunia, serta masuk dalam 30 besar New Seven Wonders of Nature. Air jernih bagai kristal yang berhiaskan barisan batu kapur yang tersusun indah di tepi dan langit-langit gua menjadi daya tarik Puerto Princesa Subterranean River ini. Untuk menyusurinya, kamu bisa menyewa perahu dengan biaya yang sudah termasuk jaket pelampung dan helm.

Petualangan di Pulau Coron

Jika kamu penggemar snorkeling, kamu pasti suka Pulau Coron, karena snorkeling adalah aktivitas utama di pulau kecil yang terletak tidak jauh dari Pulau Palawan ini. Kayangan Lake, Blue Lagoon, dan Siete Pecados adalah spot terbaik disini. Alam lautnya masih sangat asri dan alami, dengan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang menghuninya.

coron island

Tujuan snorkeling berikutnya adalah Banol Beach, Coral Garden dan Sunkenship. Keindahan terumbu karang yang belum terjamah manusia, beserta keasrian makhluk lautnya bisa membuat kamu enggan berhenti snorkeling! Ingin bertemu Nemo alias clown fish? Coba selipkan sedikit roti di balik anemon, si badut lucu itu pasti suka!

Perhentian selanjutnya adalah Sunkenship, sebuah kapal perang Jepang pada zaman penjajahan yang tenggelam di dasar laut. Kapal perang itu masih terlihat kokoh meskipun sudah ditumbuhi oleh banyak terumbu karang, dan menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan cantik. Sungguh keindahan yang tidak ternilai.

Setelah seharian snorkeling di perairan sekitar Coron, tentunya kamu ingin mengakhirinya dengan indah. Menghabiskan hari dengan sunset-hunting di Gunung Tapyas, Coron menjadi penutup yang menyenangkan. Dengan mendaki 700 anak tangga, kamu bisa menyaksikan keindahan Pulau Coron dari puncak bukit Tapyas, berikut matahari terbenamnya yang spektakuler.

Tips Hemat ke Palawan

Jika kamu ingin ke Palawan tapi memiliki budget terbatas, kamu bisa pergi di bulan-bulan low season, yaitu Agustus dan September. Di bulan-bulan ini, harga tiket, biaya akomodasi dan berbagai biaya penunjang kebutuhan wisata lainnya menjadi jauh lebih murah ketimbang pada saat high season di bulan Desember hingga Februari.

Untuk menuju Pulau Palawan, kamu bisa melakukan perjalanan terlebih dahulu ke Manila yang merupakan ibukota dari Filipina. Dari Manila kemudian penerbangan dilanjutkan ke Puerto Princessa yang merupakan sebuah ibukota dari Propinsi Palawan. Berbagai maskapai seperti Tiger Air, Jetstar dan Air Asia bisa menjadi pilihanmu.

Butuh info hotel di Filipina? Ga perlu pusing, langsung cari aja di Pegipegi!

(Visited 2,544 times, 2 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top