Destinasi

Bertamu ke Pulau Rinca, Sarang Komodo Terbesar Kedua di NTT

Mungkin, hanya Pulau Komodo yang kamu ketahui sebagai habitat asli dari hewan purba tersebut. Tapi, sebenarnya, ada satu pulau yang juga jadi hunian ribuan Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Pulau Rinca.

Masuk dalam Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca memegang status sebagai pulau dengan habitat komodo terbanyak. Ada sekitar 1400-an ekor Komodo bertahan hidup di pulau yang memiliki luas 198 kilometer persegi ini.

Meski nggak seluas Pulau Komodo, kamu dapat bertemu dengan kawanan hewan berusia ratusan tahun tersebut lebih mudah di sini. Sehingga, kamu bisa puas mengabadikan momen-momen mengagumkan berpapasan dengan Komodo.

Reptil raksasa ini nggak sendirian di Pulau Rinca. Berbagai hewan liar lainnya seperti komodo, babi liar, kerbau dan burung dapat kamu jumpai tanpa harus bersusah payah menembus hutan belantaranya.

Sambil menunggu kemunculan hewan-hewan tersebut, kamu juga dapat berburu pemandangan cantik dari puncak Doro Ora. Berada di ketinggian 670 mdpl, Doro Ora menyajikan panorama pesisir yang cantik. Bius alam ini bisa kamu nikmati dengan trekking selama 30 menit saja.

Dekat Labuan Bajo

Berada di gugusan Kepulauan Komodo, Pulau Rinca menjadi lokasi yang strategis buat kamu berlibur. Pasalnya, lokasi dari Pulau Rinca lebih dekat dari Labuan Bajo ketimbang Pulau Komodo.

Jadi, usai puas bermain di Labuan Bajo, kamu dan keluarga dapat melanjutkan perjalanan ke Pulau Rinca dengan menumpang kapal sewaan. Perjalanannya pun hanya memakan waktu dua jam dengan panduan para ranger yang senantiasa bertugas.

Lantaran jadi pusat konservasi penting di wilayah Nusa Tenggara Timur, Pulau Rinca membekali diri dengan beragam fasilitas untuk para wisatawan. Mulai dari kedai makan, toilet bersih hingga homestay buat kamu yang ingin bermalam di sana.

Jadi, segera kemasi koper kamu dan terbang ke Labuan Bajo buat main di Pulau Rinca bersama para komodo yang setia menunggu di sana.

Pengin datang ke Pulau Rinca? Mampir dulu ke Labuan Bajo. Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Labuan Bajo lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Labuan Bajo cari hotel murah di Labuan Bajo

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top