Destinasi

Bertamu ke Masjid Istiqlal, Ikon Wisata Religi Terbesar di Asia Tenggara

Bulan Ramadan telah tiba! Dan sebagai salah satu ikon wisata religi di Jakarta, Masjid Istiqlal siap menyambut kamu dengan arsitektur megah dan keindahannya.

Terletak di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Istiqlal menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara yang bisa menjadi pilihan kamu beribadah sepanjang bulan Ramadan. Dengan luas mencapai 10.000 meter persegi, Masjid Istiqlal mampu menampung 200 ribu orang.

Diarsiteki oleh Frederich Silaban, butuh 17 tahun lamanya untuk membangun Masjid Istiqlal. Sebelum pada akhirnya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978 lalu.

Kemegahan dari Masjid Istiqlal pun nggak lepas dari ide  pembangunannya, di mana terselip sisi Islami dan nasionalisnya. Bahkan, setiap desain interior maupun eksterior dari Masjid Istiqlal memiliki makna tersendiri, salah satunya soal jumlah lantai.

Lima lantai yang hadir di Masjid Istiqlal lambang salat lima waktu yang dilakukan umat Muslim setiap hari. Nggak cuma itu, angka lima juga melambangkan lima sila pada dasar negara Pancasila.

Melipir ke bagian atap, terdapat kubah yang disangga oleh 12 pilar, melambangkan tanggal 12 Rabiul Awal, tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sedangkan menara timur Masjid Istiqlal berketinggian 6,666 cm persis, mewakili jumlah ayat dalam kitab suci Al Quran.

Kubah di langit-langit Masjid Istiqlal dihiasi kaligrafi Ayat Kursi dan Surat Al Ikhlas. Sementara di sisi kanan kubah tertulis lafaz Allah dan lafaz Muhammad di sisi kirinya.

Karena arsitekturnya yang unik dan merupakan perpaduan budaya Arab, Jawa dan Eropa, nggak heran kalo Masjid Istiqlal kerap disambangi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Selain beribadah mereka boleh melihat-lihat bagian dalam masjid, termasuk wisatawan non-muslim.

Berbagai kegiatan keagamaan rutin digelar di sini, mulai dari salat lima waktu hingga pengajian. Pada saat bulan puasa, masjid ini menjadi tempat favorit warga Jakarta untuk berbuka sekaligus menjalani salat Tarawih di malam hari.

Jika sudah puas main-main di dalam, kamu bisa berkelilingi ke sekitar halaman dari Masjid Istiqlal. Terdapat taman asri dengan air mancur setinggi 45 meter yang siap memanjakan kamu dan wisatawan lainnya. Tertarik mampir ke Masjid Istiqlal?

Sekalian liburan ke Jakarta! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top