Tips

Bersantai Di Pantai….Sudah Tahu Etikanya?

Siapa yang tidak suka pergi ke pantai? Berjemur di bawah sinar matahari yang hangat sambil bermain air dan pasir yang lembut di antara jemari kaki tentunya sangat menyenangkan. Tidak heran pantai menjadi destinasi wisata favorit banyak orang.

Tapi, sebelum mengepak krim tabir surya dan baju renang kamu, cek dulu yuk beberapa etika yang harus kamu ingat saat berada di pantai!

Jangan kibaskan handuk di dekat orang lain

towel

Entah basah karena air laut atau kotor karena pasir pantai, mengibaskan handuk ataupun alas duduk kamu di dekat orang lain akan mengganggu mereka. Begitu juga kalau kamu membersihkan baju dan sepatu kamu yang penuh pasir. Sebaiknya, bersihkan semua barang kamu yang kotor di tempat yang cukup terpisah dari pengunjung pantai supaya tidak dipelototi orang lain yang kesal dengan perilaku kamu.

Buang sampah pada tempatnya

Ini bukan saja etika ketika di pantai, melainkan hampir di semua tempat umum. Tapi, mudah saja melupakan aturan ini ketika kamu begitu asyik bermain dengan keluarga maupun teman-teman kamu di pantai. Selain membuat pantai kotor, sampah yang kamu tinggalkan bisa saja terseret ke laut dan membahayakan makhluk-makhluk hidup di dalamnya. Jadi, lain kali kamu pergi ke pantai, jangan lupa membawa kantung plastik untuk membungkus semua sampah kamu dan membuangnya di tempat sampah yang disediakan.

Lakukan aktivitas berkelompok jauh dari keramaian

silhouettes-of-volleyball

Kamu dan teman-teman ingin bermain voli pantai? Silakan saja, tapi usahakan kamu melakukannya di tempat yang cukup jauh dari para pengunjung pantai. Selain menghargai pengunjung lain yang mungkin ingin ketenangan, kamu juga tidak perlu khawatir tersandung orang lain.

Jangan merokok

Ingat: pantai bukanlah asbak pribadi kamu. Kamu bukan saja membahayakan orang lain dengan asap dan abu rokok, tapi puntung rokok yang kamu tinggalkan juga berbahaya bagi lingkungan dan bisa mengeluarkan zat berbahaya di pasir maupun air laut.

Perhatikan aturan lokal

Seperti halnya kalau kamu traveling ke tempat-tempat lain, selalu hormati tradisi dan norma-norma setempat. Mungkin di Eropa atau Amerika pakaian renang minim sudah menjadi pemandangan umum, tapi di Asia atau negara-negara yang terkenal religius, itu bisa mencuatkan gunjingan orang. Kalau kamu datang ke pantai bersama pasangan, usahakan agar tidak mengumbar kemesraan kalian secara berlebihan.

Selalu perhatikan peringatan petugas pantai

922029-shark-warning-sign

Peringatan soal gelombang pasang atau cuaca buruk dipasang karena alasan: yaitu untuk menjaga keselamatan kamu dan para pengunjung lain. Meskipun di mata kamu kondisi pantai dan air laut terlihat aman, tapi lebih baik kamu mematuhi peringatan para penjaga pantai yang tentunya lebih berpengalaman.

(Visited 305 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top