Tips

Berlibur ke Bali saat Nyepi? Boleh sih, tapi…

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Bali selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tapi, kalau kamu berencana melihat Bali di tengah suasana berbeda, cobalah datang saat Pulau Dewata merayakan hari raya Nyepi.

Screenshot 2015-03-09 08.47.16

foto: indonesia.travel

Ada sejumlah rules yang harus ditaati warga setempat atau turis saat Nyepi, di mana umat Hindu melakukan tapa brata penyepian atau empat pantangan yakni amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

Di mana menariknya jika turis tidak boleh bepergian selama Nyepi? Jangan salah, saat Nyepi justru menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan sehingga Bali sendiri tidak pernah sepi pengunjung saat merayakan hari raya tersebut.

Nah, buat kamu yang berencana menjajal merasakan suasana Nyepi di Bali, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Pemilihan tiket penerbangan

Satu hal penting yang harus kamu pikirkan sebelum terbang ke Bali saat Nyepi yaitu jangan memilih penerbangan H-1, apalagi dengan jadwal kedatangan di atas pukul 19:00 WITA. Kenapa? Kamu akan kesulitan sendiri mencapai hotel tempat menginap, karena setiap jalan bakal ditutup untuk pawai ogoh-ogoh. Sopir taksi pun cuma bisa mengantar sampai jarak terdekat, sementara sisanya traveler harus berjalan kaki hingga ke tempat tujuan.

  1. Area jalan-jalan

Seperti yang udah disinggung di atas, salah satu dari empat pantangan yang harus dilakukan adalah amati lelungan atau tidak bepergian. Nah, hal ini juga berlaku buat traveler. Jadi selama Nyepi jangan coba-coba kamu berjalan-jalan keluar dari hotel apalagi selalu ada pacalang atau polisi adat yang akan mengawasi tertibnya pelaksanaan Nyepi.

Meski begitu, bukan berarti kamu harus terus-terusan berada di kamar. Kamu boleh kok keluar kamar selama masih dalam lingkungan penginapan. Jangan lupa juga membawa perlengkapan renang, karena kalau penginapan kamu tersedia kolam renang kamu masih boleh kok berenang sampai sore.

Gak cuma itu, kamu juga bisa membawa komik, majalah atau novel kesayangan untuk menghilangkan jenuh saat Nyepi.

  1. Siapkan perbekalan

Karena sepanjang Nyepi semua toko dipastikan tutup, kamu harus sudah harus menyiapkan perbekalan pribadi sebelumnya. Misalnya, obat-obatan ringan untuk berjaga-jaga jika sakit Nyepi. Juga siapkan uang tunai karena semua ATM di Bali akan dimatikan.

  1. Sediakan makanan dan minuman ringan

Ini juga termasuk hal penting yang harus kamu siapkan sebelum perayaan Nyepi di Bali. Belilah aneka makanan ringan, air mineral atau softdrink di minimarket terdekat. Minimarket dibuka hingga pukul 22:00 WITA sehari sebelum Nyepi. Jadi, jangan lupa persiapkan makanan dan minuman ya supaya kamu gak kelaparan saat Hari Nyepi.

  1. Jangan membuat gaduh

Meski kamu cuma berada di kamar hotel yang sifatnya privasi, kamu harus tetap menghormati jalannya Nyepi. Jangan membuat keributan atau gaduh meski di dalam kamar penginapan, seperti menonton TV atau mendengarkan musik dengan suara keras.

  1. Tak boleh sembarang menyalakan lampu

Kamu boleh menyalakan lampu saat malam tiba, tapi buatlah agak temaram, tirai kamar juga harus tertutup rapat sehingga cahaya dari dalam tidak sampai keluar. Jika kamar kamu memiliki balkon, kamu dilarang menyalakan lampu di balkon tersebut.

  1. Cobalah keluar kamar saat malam

Bagi kamu yang sudah biasa jalan-jalan ke Bali, pasti tahu Pulau Dewata ini selalu dipenuhi kerlap-kerlip lampu di malam hari. Nah, saat Nyepi cobalah keluar kamar untuk melihat Bali yang hanya disinari bulan dan bintang yang begitu indah.

Setelah Nyepi berakhir, masyarakat Bali saling bersilaturahmi dan bersembahyang di pura untuk merayakan Tahun Baru Saka.

  1. Bagaimana jika sakit?

Tidak ada yang tahu kapan kita bisa sakit atau sehat. Kalau sakit ini tiba-tiba datang saat Nyepi di Bali bagaimana ya? Kalau kamu mengalami situasi ini dan harus konsultasi ke dokter, segeralah melapor ke petugas hotel untuk menelpon rumah sakit terdekat. Nantinya ambulans rumah sakit akan menjemput kamu di hotel, karena hanya ambulans yang diperbolehkan bepergian selama Nyepi.

Tahun ini, Hari Raya Nyepi jatuh pada hari Sabtu, 21 Maret 2015. Masih ada kesempatan untukmu memesan tiket pesawat dan hotel di pegipegi.com!

 

 

(Visited 1,834 times, 1 visits today)

Comments

To Top