Rekomendasi

Berlibur di Beijing? Ini yang wajib kamu kunjungi!

Geliat pariwisata di Beijing kini makin menguat. Cina, yang awalnya adalah negara tertutup, selama beberapa tahun terakhir sudah mulai membuka diri dan memoles kota-kota besarnya dengan berbagai macam daya tarik wisata. Sebagai negara yang memiliki sejarah dan perabadan tertua di dunia, tidak mengherankan kalau Cina punya banyak tempat wisata yang tidak dapat dilepaskan dengan masa lalu. Nah kali ini, Pegipegi mau mengajak travelers semua untuk mengintip tempat wisata favorit yang ada di Beijing.

Tiananmen Square

Screenshot 2015-02-28 13.48.30
Foto: www.kinabaloo.com

Tiananmen Square adalah salah satu simbol dari Cina dan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan dari seluruh dunia. Bisa dikatakan kalau Tiananmen sudah seperti jantung Beijing dan menjadi alun-alun atau lapangan terbesar yang ada di dunia karena dapat menampung 1 juta orang. Tidak heran kalau tempat ini sering digunakan untuk perayaan-perayaan publik di Beijing seperti parade nasional dengan kekhasan budaya. Di tempat inilah Mao Zedong mendeklarasikan Republik Rakyat Cina pada 1 Oktober 1949. Karena memiliki nilai sejarah, wisatawan mancanegara pun tidak akan melewatkan spot satu ini.

Forbidden City

Screenshot 2015-02-28 13.54.16
Foto: airpaz.com

Dilihat dari artinya, Forbidden City adalah kota terlarang. Namun sekarang, travelers lokal dan mancanegara diperbolehkan menikmati keindahan salah satu istana kekaisaran Cina dari jaman Dinasti Ming hingga Dinasti Qing selama hampir 5 abad. Lokasinya berada di jantung kota Beijing dan di Cina kini lebih banyak dikenal dengan Gugongng atau Palace Museum. Kekaguman akan seni arsitektur tradisional luarbiasa bisa dinikmati disini karena tempat ini banyak menyimpan harta karun. Bahkan travelers bisa mempelajari anekdot dan legenda keluarga kerajaan sambil menyaksikan seni tradisonal Cina yang berumur hampir 5000 tahun.

Great Wall atau Tembok Besar Cina

Screenshot 2015-02-28 13.56.58
Foto: www.blendspace.com

Beijing juga identik dengan Great Wall atau Tembok Besar. Tumpukan batu yang ditata hingga begitu tinggi menjadi salah satu benteng pertahanan yang dibangun lalu dibangun lagi bila terjadi kerusakan, kemudian diperluas dan terus dilestarikan antara abad ke-5 hingga abad ke-16 untuk melindungi kaisar melawan penyusup selama terjadinya suksesi dinasti. Sebagai salah satu struktur bangunan militer terbesar di dunia, Great Wall ini melewati gurun pasir, padang rumput, pegunungan, dan dataran tinggi yang bila dilihat dari atas seperti naga mengular dan memanjang sekitar 8.851 km dari timur hingga ke barat Cina. Sebagian Tembok Besar yang kita lihat ini dibangun pada masa Dinasti Ming. Dan bagian tembok yang menarik dan wajib didatangi adalah Badaling, Juyongguan, Mutianyu, Simatai, Jinshanling dan Jiankou.

 

Kuil Lama

Screenshot 2015-02-28 13.58.48
Foto: blog.panduanwisata.id

Kuil lama atau Yonghe Lamasery atau Palace of Peace and Harmony adalah tempat biara biksu terbesar di dunia dan masih terjaga dengan baik hingga kini. Lokasinya ada di sebelah utara kota Beijing dan dibangun pada tahun 1694 sebagai tempat tinggal Kaisar Yongzheng saat ia masih menjadi pangeran. Tempat ini mempunyai gaya kaisar kerajaan sehingga jauh berbeda dengan kuil lain. Luas bangunan mencapai 66.400 m2 dan menjadi pusat administrasi nasional Lama. Dulu, para biksu dari Tibet dan Mongol tinggal dan mengajar selama bertahun-tahun dan hingga kini pun masih digunakan sebagai tempat tinggal para biksu. Kuil ini punya patung Maitreya Budha setinggi 26 meter dengan ukiran sangat cantik.

Summer Palace

Screenshot 2015-02-28 14.01.13
Foto: etripchina.com

Summer Palace atau Yiheyuan adalah tempat yang digunakan oleh Kaisar dari Distani Ming dan Qing untuk rehat sejak dari kesibukan perpolitikan negara. Luas komplek ini mencapai 290 hektrar dengan ¾ bagiannya adalah air. Lokasinya ada sekitar 15 km disebelah baratlaut Beijing dengan 3000 struktur. Saat dibangun pada tahun 1750, Summer Palace pernah digunakan sebagai summer resort bagi permaisuri Dowager Cixi. Taman-tamannya yang cantik serta Danau Kunming dibuat untuk meniru West Lake di Hang Zhou.

(Visited 323 times, 1 visits today)

Comments

To Top