Berita

Berlaku Besok di Stasiun Senen, Ini Informasi Tes GeNose C19

layanan tes genose c19

Mulai Jumat, 5 Februari 2021, syarat perjalanan jarak jauh menggunakan moda transportasi kereta api akan semakin mudah. Hal ini karena opsi deteksi COVID-19 kini bertambah dengan adanya alat buatan Universitas Gadjah Mada. GeNose C19, demikian nama alat tersebut, membantu menyaring (screening) ‘ada atau tidaknya virus Corona’ melalui hembusan napas. Dengan alat ini, calon penumpang diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut.

Langkah Utama Melakukan Tes GeNose

Tiga langkah utama yang harus dilakukan saat tes GeNose, yaitu mengambil napas sebanyak dua (2) kali di awal, lalu buang di dalam masker. Selanjutnya, pada saat pengambilan napas ke-3 kali, calon penumpang diminta untuk membuangnya ke dalam kantong khusus hingga penuh. Setelah itu, serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.

layanan tes genose c19

Uji Coba Pelaksanaan Tes di Stasiun Senen

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, hadir dalam uji coba pemeriksaan GeNose C19 pada hari Rabu, 3 Februari 2021, bertempat di Stasiun Pasar Senen.

Dalam siaran pers PT. KAI, Menhub Budi karya Sumadi menjelaskan, ‘kelebihan pemeriksaan GeNose C19 ini selain murah, tidak sakit untuk digunakan, dan ini juga buatan Indonesia’. Sementara Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan, seiring berjalannya waktu, GeNose C19 yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) akan semakin akurat. Bambang juga menegaskan, GeNose C19 ini adalah sebagai alat penyaringan (screening) dan bukan sebagai alat pengganti tes PCR.

layanan tes genose c19

Syarat Penting Pemeriksaan GeNose C19

PT. KAI menyediakan layanan Pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat (berdasarkan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No. 5 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 11 Tahun 2021) untuk naik kereta api jarak jauh. Sebelum menggunakannya, berikut adalah syarat-syarat yang perlu calon penumpang ketahui:

  1. Telah memiliki tiket kereta api dan berbadan sehat.
  2. Agar hasilnya akurat, 30 menit sebelum melakukan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih).
  3. Sebelum mengikuti proses pemeriksaan GeNose, calon penumpang wajib mengantre   dengan tertib, lalu membayar tarif Rp20.000 (pre-launching). 
  4. Hasilnya akan keluar dalam waktu 3 menit. Apabila dinyatakan positif, calon penumpang tidak diperkenankan naik kereta api, dan tiket yang sudah dibeli dapat dikembalikan secara penuh. 
  5. Print out tes GeNose C19 hanya berlaku selama 3 hari.

Itu dia beberapa informasi terkait GeNose C19 yang perlu SobiPegi ketahui. Semoga bermanfaat! Oh ya, di mana pun kamu berada, yuk, selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Terus Jangan lupa, pesan tiket kereta api di Pegipegi biar lebih hemat!

PESAN TIKET KERETA

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: