Destinasi

Berkunjung ke Petak Sembilan Glodok, Bisa Ngapain Aja, nih?

Jika kamu berkunjung ke Petak Sembilan Glodok baru-baru ini, kamu akan merasakan suasana Tahun Baru Imlek 2016 yang tinggal menghitung hari. Di hari biasa aja, kalau kita main ke kawasan pecinan ini, kita seperti lagi berada di negeri Tiongkok. Kebayang nggak, gimana meriahnya ketika menjelang Imlek? Waktu pegipegi berkunjung ke sana, inilah yang pegipegi lakukan. Seru banget pastinya!

Makan siang di Bakmi Amoy, Gang Gloria

Di kawasan Petak Sembilan Glodok, ada sebuah gang, namanya Gloria. Gangnya sempit karena banyak kedai makanan di sana. Tapi, kalau main ke sana worth it banget karena ada kedai bakmi enak. Namanya Bakmi Amoy yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Orang-orang yang suka hunting makanan di sana pasti tahu banget sama Cik Amoy dan pegawai-pegawainya yang jaga kedai bakmi.

Saking enaknya Bakmi Amoy, kedai ini selalu ramai akan pengunjung. Gimana nggak kepincut sama menu di sana. Begitu melihat kedainya aja, kita langsung menatap ke arah bakso goreng yang ukurannya lumayan besar dan tampak garing itu!

IMG_6852

Dok. pegipegi

IMG_6858

Dok. pegipegi

IMG_6863

Dok. pegipegi

Akhirnya, pegipegi pun pesan menu yang sepertinya paling favorit, yaitu bakmi ayam (Rp 26 ribu) dan bakso gorengnya (Rp 6 ribu)!

IMG_6846

Dok. pegipegi

IMG_6847

Dok. pegipegi

Bakmi kecilnya terasa renyah banget dan menyatu dengan racikan bumbunya. Taburan daging ayam cincang dan jamurnya bikin bakmi ayam ini makin terasa sedap! Bikin pegipegi jadi pengin cepat-cepat menghabiskannya dan nambah lagi! Hihihi… Soal ukuran, menurut pegipegi sih ukurannya pas banget. Nggak terlalu sedikit, juga nggak terlalu banyak. Tapi, kalau bakminya enak seperti ini, nambah berapa mangkuk pun nggak jadi masalah.

Bakso gorengnya juga mantab banget! Garing dan renyah. Setelah baksonya dipotong-potong, basonya jadi terlihat lebih banyak. Hal ini membuktikan bahwa baso goreng di sana isinya nggak cuma angin atau kopong. Nggak bakal rugi deh pesan bakso goreng ini. Dan masih ada menu menarik lain di Bakmi Amoy, seperti nasi campur dan nasi tim.

Sembahyang di Kelenteng

Buat kamu yang beragama Buddha dan ingin sembahyang, kamu bisa mengunjungi kelenteng di sana. Ada dua kelenteng yang pegipegi kunjungi, yaitu kelenteng Tang Seng Ong Se dan Toa Se Bio. Kelenteng Tang Seng Ong Se adalah kelenteng yang cukup tua di sana. Tapi, bentuknya masih sangat bagus dan terawat. Di bagian depannya terdapat ruangan untuk berdoa, di bagian belakangnya terdapat sebuah kolam ikan dan replika bunga teratai. Patung yang dipajang di atas sebuah altar doa dan dekat kolam mini adalah tiga tokoh penting, yakni Sang Buddha yang diapit oleh Dewi Kuan Im dan Biksu Tong dalam cerita Kera Sakti.

20160130_135918

Kelenteng Tang Seng Ong (Dok. pegipegi)

Sedangkan kelenteng Toa Se Bio sudah dibangun sejak 800 tahun lalu. Terlihat dari kesederhanaan bangunannya yang masih terlihat kuno. Meskipun terlihat sangat sederhana, tapi ketika Imlek, kelenteng ini pasti ramai akan pengunjung memakai baju merah yang bersembahyang di sana untuk meminta kemakmuran. Menjelang Imlek, di halamannya dihiasi banyak lampion, sehingga bikin kelenteng ini terlihat lebih cantik dan eksotik.

20160130_141137

Kelenteng Toa Se Bio (Dok. pegipegi)

IMG_2767

Dok. pegipegi

Meskipun kamu bukan beragama Buddha, tapi kedua kelenteng tersebut boleh-boleh aja lho dikunjungi sebagai tempat wisata. Orang-orang yang menjaga kelenteng juga nggak keberatan jika kamu foto-foto di sana. Asalkan kamu tahu etikanya, ya. Gunakan pakaian yang sopan dan jangan berisik.

Minum es jeruk murni di pinggir jalan

Jalan kaki sambil cuci mata di kawasan Petak Sembilan memang seru banget! Tapi, cuaca yang panas pasti bikin kamu cepat bad mood. Untuk mencegah hal itu, jangan lupa buat jajan es jeruk murni di pinggir jalan. Es jeruk seperti ini mudah ditemui di sepanjang jalan Petak Sembilan Glodok, kok!

20160130_134518

Dok. pegipegi

Harganya murah banget! Cuma Rp 8 ribu. Es jeruknya benar-benar murni karena kamu bisa melihat si penjual memeras jeruknya secara langsung. Kalau sudah minum ini, tenggorokan bakal terasa segar dan kamu bisa kembali melanjutkan jalan-jalan serumu.

Belanja di Pasar Glodok dan Asemka

Mumpung sebentar lagi Imlek, nggak ada salahnya dong buat belanja di Pasar Glodok. Di sana banyak sekali barang dagangan yang berhubungan dengan Imlek, seperti aksesori, angpao, camilan, baju cheongsam, kue keranjang, dan lain-lain. Bahkan, kamu juga bisa belanja untuk membeli oleh-oleh! Dan pastinya harganya jauh lebih murah ketimbang belanja di mal.

Di Pasar Glodok, kamu juga bisa membeli camilan masa kecil yang sudah sulit ditemui. Kapan lagi bisa melepas rasa kangen dengan permen-permen kesukaanmu! Buat yang ingin kembali membaca komik favorit ketika masa kecil, kamu juga bisa membeli komik bekas dengan harga murah di sana. Bukan cuma komik, tapi juga ada majalah bekas yang sudah nggak diedarkan lagi di pasaran.

20160130_124833

Dok. pegipegi

20160130_125107

Dok. pegipegi

20160130_125413

Dok. pegipegi

20160130_130251

Dok. pegipegi

IMG_6801

Dok. pegipegi

IMG_6800

Dok. pegipegi

IMG_6819

Dok. pegipegi

Kamu juga bisa singgah di Pasar Asemka untuk berbelanja. Di sana barang-barangnya jauh lebih lengkap. Ada souvernir pernikahan, aksesori rambut, mainan anak, baju bayi, dan lain-lain. Biasanya sih, beli barang di sana harus dalam jumlah yang besar, seperti grosiran. Soalnya, kebanyakan orang belanja di sana buat dijual lagi.

^A8420CE13AA4DBA1EA5A8565DEF9059806ABCBC2916F7515D2^pimgpsh_fullsize_distr

www.victymuciiil.wordpress.com

 

Nah, seru banget, ya, jalan-jalan ke Petak Sembilan Glodok! Jika kamu berada di luar Jakarta dan pengin main ke Glodok, jangan lupa buat merencanakan destinasimu bersama pegipegi.com dengan memesan tiket pesawat dan hotel murah!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah di glodok

(Visited 11,863 times, 18 visits today)

Comments

To Top