Destinasi

Berkunjung ke Kebun Binatang Terbaik Di Dunia

Mengamati tingkah laku satwa menjadi keasyikan tersendiri bagi manusia. Tapi sebagian dari kita nggak bisa bepergian ke alam bebas sesuka hati untuk melakukan itu. Bisa jadi karena letak hutan yang terlalu jauh atau karena sudah tidak ada hutan sama sekali. Nggak perlu galau, travelers, kamu masih bisa kok mengunjungi kebun binatang kalau ingin lebih mengenal beraneka macam satwa yang ada di alam.

Pada ulasan berikut Pegipegi akan menghadirkan beberapa kebun binatang terbaik dari seluruh dunia yang bisa kamu kunjungi jika suatu saat berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri. Cekidot!

1. Disney’s Animal Kingdom, Florida, Amerika Serikat

disney's animal kingdom
Kebun binatang yang merupakan bagian dari Walt Disney World Resort Florida ini dibuka untuk umum tepat pada peringatan Hari Bumi, yaitu pada 22 April 1998. Disney’s Animal Kingdom mendapatkan akreditasi dari World Association of Zoos and Aquariums sebagai kebun binatang yang memenuhi atau berada di atas standar kelayakan sebuah kebun binatang untuk tujuan edukasi, konservasi dan riset. Sampai tahun 2013 Disney’s World Kingdom telah dikunjungi 10,19 juta orang, dan berhasil menduduki peringkat ke tujuh dalam daftar tempat rekreasi yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Disney’s Animal World menempati area seluas 200 hektar, travelers. Dan kamu nggak perlu capek-capek jalan kaki mengelilingi seluruh lokasi karena telah disediakan berbagai fasilitas untuk menjelajahi setiap bagian Disney’s World Kingdom. Kamu bisa memilih naik perahu untuk mengamati burung, atau naik bus safari untuk mengamati tingkah laku hewan khas Afrika seperti harimau, zebra, jerapah, dll. yang bebas berkeliaran di padang rumput. Disney’sWorld Kingdom juga dilengkapi fasilitas hiburan lain seperti kolam renang, hotel, restoran dan kafe dengan suasana hutan hujan tropis.

2. Zoologischer Garten, Berlin, Jerman

zoologischer garten berlin
Dibuka pertama kali pada 1 Agustus 1844 menjadikan Zoologischer Garten atau Berlin Zoological Garden sebagai kebun binatang tertua di Jerman, dan salah satu kebun binatang tertua di dunia. Meski sempat porak poranda akibat Perang Dunia II, Zoologischer Garten melakukan renovasi dengan bantuan pemerintah dan penduduk setempat. Saat ini, kebun binatang yang menempati area seluas 34 hektar ini berhasil menyedot sekitar 3 juta pengunjung setiap tahunnya dan menjadi tempat wisata yang paling populer di daratan Eropa.

Zoologischer Garten memiliki 20.500 hewan koleksi, dan beberapa satwa yang terkenal adalah Knut, seekor beruang kutub, dan Bao Bao, panda raksasa pinjaman dari Cina. Sayangnya, kedua satwa fenomenal itu mati beberapa tahun lalu dan upaya perkembangbiakan terhadap keduanya tidak berhasil. Atraksi anjing laut adalah daya tarik lain di kebun binatang yang juga menerima donasi dari masyarakat sebagai biaya pemeliharaan satwa. Di sini kamu juga bisa melihat satwa asli Indonesia, yaitu macan tutul Jawa yang baru saja melahirkan dua ekor anak yang lucu-lucu.

3. Adelaide Zoo, Australia

Adelaide_Zoo
Kebun binatang yang didirikan di atas tanah seluas 8 hektar ini juga salah satu yang tertua di dunia, karena dibuka pertama kali untuk umum pada tanggal 23 Mei 1883. Sedikit bebeda dengan kebun binatang pada umumnya, Adelaide Zoo memiliki area botanical garden yang terdiri dari berbagai jenis tanaman eksotik khas suatu wilayah.

Panda raksasa yang bernama Wang Wang dan Funi didatangkan dari Cina pada tahun 2009, dan mereka berdua menjadi hewan kesayangan para pengunjung kebun binatang ini. Selain panda raksasa, Adelaide Zoo memiliki 1800 satwa koleksi yang didatangkan dari seluruh penjuru dunia. Di antaranya adalah harimau Sumatra, orangutan dan siamang yang merupakan satwa asli Indonesia. Bersama tapir Malaysia, mereka menjadi bagian dari atraksi satwa South East Asian exhibit yang merupakan daya tarik utama kebun binatang yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga para pengunjung merasa sedang berjalan membelah hutan dan mengamati satwa-satwa tersebut langsung di tempat asalnya. Adelaide Zoo juga menjalin kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan di Australia, travelers. Program yang diadakan sejak tahun 2009 ini memungkinkan para siswa menyewa lokasi untuk berkemah sekaligus melakukan penelitian di sana.

4. Singapore Zoo, Singapura

singapore zoo
Nah, kalo kebun binatang yang satu ini nggak jauh-jauh amat. Cukup naik pesawat selama satu jam kamu sudah sampai di Singapura dan nggak akan merasa jauh dari rumah karena kamu akan menemukan banyak orang Indonesia di sini. Singapore Zoo merupakan salah satu kebun binatang terbaik di Asia karena area yang dipenuhi pepohonan rindang dan udara yang sejuk. Kebun binatang ini berupaya menjalin kedekatan antara pengunjung dan satwa dengan meniadakan kerangkeng yang biasa kamu temui di kebun binatang konvensional. Sebagai gantinya, satwa dan pengunjung hanya dipisahkan dengan pagar, atau kaca pembatas untuk beberapa jenis hewan buas.

Kebun binatang yang dibuka sejak tahun 1973 ini berhasil menarik 1,6 juta pengunjung setiap tahunnya berkat sekitar 315 satwa unik koleksinya, seperti harimau putih Benggala dan orangutan. Mau sarapan bersama orangutan? Datang aja kesini, travelers. Selain itu, kamu juga bisa menonton atraksi anjing dan singa laut yang akan mendemonstrasikan keahlian mereka menangkap ikan.

Seru ‘kan? Mulai cari hotel internasional terbaik dari sekarang yuk….tentunya hanya di Pegipegi!


 

(Visited 638 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top