Destinasi

Berkenalan dengan Sam Poo Kong, Kelenteng Legendaris di Semarang

Mumpung sebentar lagi Imlek, pegipegi ingin mengajak travelers berkenalan dengan kelenteng Sam Poo Kong di Semarang. Selain menjadi tempat ibadah dan ziarah, kelenteng legendaris ini juga menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kelenteng ini juga disebut Gedong Batu. Nama itu dipakai karena asal mula tempat ini adalah sebuah gua batu besar yang terletak di sebuah bukit batu. Tapi, ada sebagian orang yang mengatakan bahwa sebenarnya asal kata yang benar adalah Kedong Batu, yaitu tumpukan batu-batu alam yang digunakan untuk membendung aliran sungai.

Tempat persinggahan Laksamana Cheng Hoo

Kelenteng ini memiliki nilai sejarah yang berhubungan dengan Laksamana Cheng Ho (Sam Po Tay Djien), seorang pelaut Muslim dari Tiongkok yang terkenal dengan perjalanannya yang membawa misi damai. Saat ia berlayar melewati Laut Jawa, awak kapalnya yang bernama Wang Jinghong (Dampo Awang) jatuh sakit. Kemudian Cheng Ho memerintahkan untuk membuang sauh dan merapat ke pantai utara Semarang dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai.

Awalnya tempat ini cuma berupa goa dan di dalamnya terdapat sebuah altar yang digunakan Cheng Ho dan pengikutnya sebagai tempat sholat. Ketika Cheng Ho melanjutkan perjalanan, goa tersebut tertimbun tanah longsor pada tahun 1704. Sebagai penghormatan terhadap Cheng Ho, masyarakat setempat menggali kembali serta membagun altar yang dilengkapi dengan patung Cheng Ho beserta pengawalnya.

Bangunan itu sekarang berada di tengah kota Semarang karena Pantai Utara Jawa selalu mengalami pendangkalan akibat sendimentasi. Sehingga, daratan makin bertambah luas ke arah utara. Kini, tempat tersebut dijadikan sebagai tempat pemujaan, bersembahyang, dan berziarah.

cheng ho

www.veronikadiahkusumawati.blogspot.com

Bangunan serba merah dan indah

Sejak renovasi besar besaran tahun 2002 sampai 2005 dan menghabiskan biaya Rp 20 miliar, kelenteng Sam Poo Kong lebih menarik perhatian wisatawan. Bukan hanya umat Buddha di Indonesia yang berkunjung ke sana, tapi juga umat Muslim dan agama lainnya. Bahkan, turis bule pun juga senang berkunjung ke sana.

Seperti bangunan kelenteng pada umumnya, kelenteng Sam Poo Kong didominasi oleh warna merah. Bukan hanya lampion merah yang menghiasi kelenteng, tapi juga pohon-pohon yang ada di sepanjang pintu masuk. Bangunan inti kelenteng ini adalah sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal Cheng Ho mendarat.

Di dalam goa tersebut terdapat patung Cheng Ho yang dilapisi emas dan digunakan untuk ruang sembahyang memohon doa keselamatan, kesehatan, dan rezeki. Dinding di goa itu juga dihiasi relief tentang perjalanan Cheng Ho dari daratan Tiongkok sampai ke Jawa. Di area ini juga terdapat satu kelenteng besar dan dua tempat sembahyang kecil.

sam poo kong

www.wisata-kotasemarang.blogspot.com

Nggak bisa sembarangan masuk

Karena seluruh area dipergunakan untuk sembahyang, nggak semua orang boleh masuk ke sana. Bangunan kelenteng, baik yang besar maupun yang kecil dipagari dan pintu masuknya dijaga oleh petugas keamanan. Cuma pengunjung yang pengin bersembahyang aja yang diizinkan masuk. Sedangkan, wisatawan yang hanya datang untuk melihat-lihat bisa memandangi kemegahan kelenteng dari balik pagar.

Di halaman kelenteng yang luas terdapat sejumlah patung, termasuk patung Cheng Ho yang menarik untuk dinikmati. Di sana atraksi-atraksi kesenian berupa tari tarian, barongsai, atau bentuk kesenian lain digelar untuk memperingati hari hari bersejarah yang berhubungan dengan kelahiran Cheng Ho atau perayaan besar orang Tiongkok seperti Imlek.

barongsai

www.lostpacker.com

Dijadikan lokasi syuting film

Desember 2014 kemarin, film Indonesia berjudul “Kukejar Cinta ke Negeri Cina” tayang di seluruh bioskop Indonesia. Film ini bercerita tentang drama percintaan remaja yang mengangkat pendidikan agama dan budaya Tiongkok, Betawi, dan Jawa. Salah satu tempat wisata di Indonesia yang dijadikan lokasi syuting adalah kelenteng Sam Poo Kong.

Pihak produksi film sengaja memilih kelenteng indah tersebut karena dinilai memiliki nilai jual eksotik. Hal itu yang menjadi nilai jual dari film yang dibintangi oleh Adipati Dolken dan Eriska Rein ini. Kalau kamu sudah menonton film ini, pasti kamu setuju banget, kan, kalau kelenteng Sam Poo Kong memang terlihat begitu indah dan eksotik?

ku kejar cinta ke negeri china

www.dotsemarang.com

Jika saat Imlek nanti kamu ada rencana untuk pulang kampung atau mengunjungi kota Semarang, sekaligus mampir ke kelenteng Sam Poo Kong, jangan lupa pesan tiket pesawat dan hotel murah cuma di pegipegi.com!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah di semarang

(Visited 984 times, 1 visits today)

Comments

To Top