Destinasi

‘Berkeliling’ Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

istana anak taman mini indonesia indah

Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat dengan TMII seringkali jadi destinasi study tour anak-anak sekolah dari berbagai daerah. Tempat ini juga pas banget dijadikan lokasi mengenal Indonesia secara singkat. So tidak heran kalau pengunjung yang datang kebanyakan orangtua yang menggandeng anak-anak. Taman Mini Indonesia Indah pun tambah berjubel saat liburan anak sekolah karena disitulah waktu yang dipilih sekolah-sekolah di daerah untuk melakukan study tour ke Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah

foto: tamanmini.com

Lokasi dan tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah terletak di Pondok Gede, Jakarta Timur dan dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Kamu bisa masuk melewati 1 dari 4 gerbang pintu masuk di Taman Mini Indonesia Indah, yaitu Gerbang Utama, Gerbang 2 (Gerbang Utara), Gerbang 3 (Gerbang Selatan), dan Gerbang 4 (Gerbang Timur).

Kalau kebetulan naik mobil sendiri ke Taman Mini Indonesia Indah, mendingan melewati gerbang 1 atau gerbang utama karena pintu keluarnya adalah Tol Jagorawi. Sedangkan kalau mau naik bus TransJakarta, kamu bisa pilih jurusan Kampung Rambutan dan Pinang Ranti lalu dilanjutkan naik angkutan T01, T02 dan juga 40 dan berhenti di Gerbang Selatan (gerbang 3) atau gerbang utama.

Lalu bagaimana dengan tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah? Tarifnya cukup bervariasi kok travelers. Tiket masuk per orang adalah Rp10.000* dengan jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00. Sedangkan kalau pengin menjajal berbagai wahana di dalam Taman Mini Indonesia Indah, kamu masih harus membayar lagi.

Wahana Taman Mini Indonesia Indah

Bisa dibilang kalau Taman Mini Indonesia Indah adalah miniatur Indonesia, mulai dari Sabang hingga ke Merauke. Ada orang yang bilang, nggak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan uang untuk keliling Indonesia. Cukup dengan datang ke Taman Mini Indonesia Indah, kamu sudah bisa melihat betapa cantiknya Indonesia. Sebagai tempat edukasi dan entertain, Taman Mini Indonesia Indah pun dibilang cukup besar karena luasnya mencapai 150 hektar.

Menjadi salah satu tempat piknik terbesar di Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah selalu memberikan atraksi menarik yang membuat banyak pengunjung benar-benar menikmati liburan di sana. Gambaran tentang luas dan kayanya budaya nusantara terwakili di Taman Mini Indonesia Indah. Ada banyak spot yang bisa kamu kunjungi di Taman Mini Indonesia Indah. Anjungan daerah yang berjumlah 34 menjadi spot yang wajib dikunjungi karena tempat ini memamerkan busana pernikahan, senjata daerah, peralatan rumah tangga, baju tradisional, dan rumah adat.

Kalau datang bersama keluarga dan anak-anak ke Taman Mini Indonesia Indah, kamu juga harus masuk ke wahana Istana Anak-anak Indonesia yang jadi favorit (tiket masuk Rp10.000* dan tambahan Rp10.000* bila ingin mencoba berbagai wahana permainan), kereta gantung untuk melihat Taman Mini Indonesia Indah dari ketinggian (tarif Rp30.000* per orang), bangunan keagamaan (masjid, gereja, pura, vihara, dan kuil), Snowbay yaitu waterpark yang menawarkan sensasi bermain dengan nuansa pegunungan salju (tiket masuk Rp120.000* untuk hari Senin – Kamis dan Rp150.000* untuk hari Jum’at – Minggu serta hari libur).

istana anak taman mini indonesia indah

foto: tamanmini.com

Tidak hanya itu, di Taman Mini Indonesia Indah juga terdapat pusat peragaan IPTEK yang cocok untuk anak sekolah (tiket masuk Rp17.000* per orang), taman yang mengoleksi berbagai flora fauna Indonesia (taman anggrek, apotik hidup, taman burung, bekisar, bunga keong mas, melatu, dan akuarium ikan air tawar), dan berbagai musem (Museum Telekomunikasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Olahraga, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Penerangan, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Indonesia, dan Museum Pusaka dengan harga tiket mulai dari Rp2.000* – Rp15.000* per orang).

Hebohnya lagi, di Taman Mini Indonesia Indah kamu bisa mengunjungi berbagai teater, seperti Teater IMAX Keong Mas yang memutar film tentang lingkungan dan budaya Indonesia (tiket masuk Rp30.000* per orang), Teater Tanah Airku yang dihiasi panggung untuk menggelar pertunjukan seni, serta Teater 4D yang menawarkan pengalaman seru buat pengunjung karena menampilkan efek 4 dimensi sehingga terasa begitu nyata (tiket masuk Rp15.000* per orang dan Rp20.000* untuk hari Sabtu – Minggu).

Kalau travelers ingin menikmati suasana yang lebih seru di Taman Mini Indonesia Indah, coba saja Balon Udara Raksasa. Di tempat ini kamu akan diantara untuk terbang selama 15 menit dengan tinggi 150 meter. Ini pasti jadi pengalaman langka dan sangat menarik ya travelers. Untuk mencoba tarifnya adalah Rp90.000* bagi orang dewasa untuk hari Senin – Jumat dan Rp120.000* untuk hari Sabtu – Minggu. Sedangkan anak-anak harus membayar Rp60.000* untuk hari Senin – Jum’at dan Rp90.000* untuk hari Sabtu – Minggu.

Di Taman Mini Indonesia Indah kamu juga bisa sekalian berwisata kuliner dengan mengunjungi kafetaria yang ada di anjungan daerah dengan berbagai macam menu nusantara, Putri Caping Gunung Rest and Convention yang letaknya ada di depan Anjungan Nusa Tenggara dengan berbagai menu internasional dan nusantara, serta Pasar Tiban yang menawarkan makanan tradisional yang harganya murah meriah.

 

*harga berlaku pada saat artikel ini ditulis

(Visited 2,095 times, 5 visits today)

Comments

To Top