Destinasi

Berkelana Menyusuri Kota Solo Bersama Kereta Api Uap Jaladara

Kota Solo lekat dengan wisata budaya. Nah, salah satu cara buat menikmati ragam wisata di sini adalah dengan menumpang kereta di tengah kota. Kok bisa?

Well, sejak dulu, Solo dikenal sebagai kota besar yang memiliki lintasan kereta api tengah kota aktif. Jika musim liburan tiba, rel kereta ini digunakan khusus untuk rangkaian Kereta Api Uap Jaladara.

Sejak pertama kali diresmikan oleh Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal di tahun 2009, layanan Kereta Api Uap Jaladara bisa dinikmati oleh kalangan umum. Kereta Api Uap Jaladara siap membawa kamu kembali ke era Indonesia 1920-an.

Dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam, Kereta api uap Jaladara tampak gagah melintasi jalanan penting kota Solo, salah satunya jalan Slamet Riyadi. Spot-spot wisata menarik seperti Museum Radya Pustaka Sriwedari, House of Danar Hadi, Kampung Seniman Kemlayan hingga Kampung Bayik Kauman bisa kamu nikmati dari atas gerbong.

Atmosfer asri dan sejuk dapat kamu rasakan saat Kereta Api Uap Jaladara melewati pepohonan rindang ala Slamet Riyadi. Desingan mesin uap dari lokomotif menambah kesan eksklusif yang nggak kamu dapatkan di kota-kota besar lainnya.

Butuh Persiapan Matang

Untuk menumpang kereta uap ini, kamu nggak bisa dadakan. Pihak pengelola Kereta Api Uap Jaladara mewajibkan calon penumpang melakukan reservasi maksimal seminggu sebelum keberangkatan.

Tarifnya sendiri termasuk mewah. Sekali jalan, Kereta Api Uap Jaladara mengenakan tarif Rp 150 ribu per orang. Lantaran kereta ini baru beroperasi jika kuota minimal 60 orang terpenuhi, maka kamu disarankan untuk melakukan reservasi secara rombongan.

Dengan jadwal keberangkatan hanya satu kali di hari Sabtu dan Minggu, Kereta Api Uap Jaladara memang sangat eksklusif. Ini dikarenakan pengoperasian kereta ini butuh persiapan yang matang.

Ditarik oleh lokomotif C 1218 buatan Jerman dari tahun 1896, Kereta Api Uap Jaladara menggunakan kayu jati sebagai bahan bakarnya. Total lima meter kubik kayu dan empat meter kubik air dihabiskan untuk menempuh jarak enam kilometer dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Sangkrah.

Yang jelas, Kereta Api Uap Jaladara akan memberikan kamu pengalaman wisata baru bagi kamu, khususnya penggemar berat kereta uap. Tertarik buat mencoba?

Agar bujet liburan kamu ke Solo terjangkau, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Solo lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke Solo pesan tiket kereta api murah ke Solo  cari hotel murah di Solo

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top