Destinasi

Berkelana ke Hutan Mati, Saksi Sejarah Letusan Gunung Papandayan

Ada rencana melakukan pendakian di Gunung Papandayan, Jawa Barat? Jangan lupa buat mampir ke kawasan Hutan Mati ya!

Bagi penggemar wisata gunung, kawasan Hutan Mati di Gunung Papandayan punya nilai sejarah tersendiri. Lantaran, hutan yang terletak di Keramat Wangi, Cisurupan ini menjadi saksi sejarah letusan dasyat Papandayan pada 1772 silam.

Letusan ini nggak cuma mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang mencapai ribuan. Tetapi juga ada empat desa yang terkubur material, imbas dari letusan gunung yang memiliki ketinggian 2,666 meter ini.

Terlepas dari kisah kelam di masa lampau, Hutan Mati di Gunung Papandayan menawarkan panorama alam yang eksotis banget, lho. Sesuai dengan namanya, kamu memang bakal menemukan pepohonan kering berwarna hitam.

Tetapi, mata kamu bakal dibuai dengan indahnya tanah pasir putih yang terhampar luas di sekitarnya. Makin memesona jika kamu datang saat kabut tengah menyelimuti kawasan ini, menambah kesan damai dan menenangkan.

Sesekali, hidung kamu bakal mengendus bau belerang yang berasa dari kawah Gunung Papandayan. Aroma yang khas tersebut bakal berpadu apik dengan udara sejuk yang mengalir dari puncak gunung, menjadikan Hutan Mati sebagai tempat yang cocok buat kamu bersantai sejenak.

Dengan letaknya yang dekat pos pendakian kedua, kamu nggak perlu khawatir kehabisan persediaan makanan saat main ke Hutan Mati. Ada banyak warga yang menjajakan makanan di sana untuk kamu beli. Tapi ingat, sampahnya jangan dibuang sembarang ya!

Mau main ke sini? Sekalian liburan ke Garut, yuk! Cari tiket kereta api ke Garut, dan cari hotel di Garut lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top