Destinasi

Berinteraksi dengan Karya Yayoi Kusama di Museum MACAN

Setelah sukses dengan pameran pertamanya yang bertema “Art Turns. World Turns.”, kini Museum MACAN hadir kembali dengan karya-karya dari seniman asal Jepang, Yayoi Kusama. Kali ini, pamerannya mengangkat tema “YAYOI KUSAMA: Life is the Heart of a Rainbow”.

Buat kamu yang belum kenal, Yayoi Kusama adalah seniman kontemporer yang berekspresi melalui karya-karyanya yang nyentrik. Seperti penggunaan motif polkadot, jaring, dan warna-warna yang mencolok. Di Museum MACAN, kamu bisa melihat bagaimana perjalanan Yayoi Kusama dan perkembangan karyanya selama tujuh dekade.

Nggak cuma lukisan, kamu bisa melihat berbagai instalasi dan karya lainnya yang terinspirasi dari imajinasi dan halusinasi sang seniman itu sendiri. Yayoi Kusama menuangkan itu semua hingga menjadi karya yang unik dan dapat dinikmati oleh semua orang. Itulah mengapa karya sang seniman yang lahir pada tahun 1929 ini menjadi terkenal di seluruh dunia.

BUAH LABU YANG IKONIK

Selain “Infinity Room”yang populer, ada beberapa karya Yayoi Kusama yang nggak kalah ikonik. Yakni karya-karya dengan bentuk buah labu. Ia terinspirasi dari kebun labu yang dimiliki oleh keluarganya. Hasil dari kebun tersebut membantunya bertahan hidup selama masa perang. Salah satu karya dengan tema labu bisa kamu lihat di dekat pintu masuk ke area museum.

Buah labu karya Yayoi Kusama ikonik dengan warna kuning dan motif polkadot. Ada juga karya dengan judul “The Spirits of the Pumpkins Descended Into the Heavens”. Kamu bisa melihat ke dalam sebuah kotak kaca di mana di dalamnya terdapat labu-labu kecil yang dikelilingi oleh cermin. Pantulan bayangan labu yang terlihat tanpa batas membuat karya ini begitu indah dan unik.

KARYA TERBARU YAYOI KUSAMA

Walaupun sudah mulai sejak tahun 1950-an, Yayoi Kusama nggak pernah berhenti berkarya, lho. Salah satu seri karyanya yang terbaru dimulai sejak tahun 2009. Judul seri karya tersebut adalah “My Eternal Soul” yang turut ditampilkan juga di Museum MACAN. Di bagian ini kamu bisa melihat jejeran kanvas berukuran besar dengan gambar yang berbeda-beda. Secara keseluruhan, seri ini telah memiliki koleksi sekitar 500 lukisan. Sampai saat ini, Yayoi Kusama masih melanjutkan karya untuk seri ini. Salah satu lukisan dari seri ini yang berjudul Love is the Heart of a Rainbow menjadi fokus dan tema utama pameran.

MELIBATKAN PENGUNJUNG

Selain pameran di lantai M, jangan sampai melewatkan karya “The Obliteration Room” yang ada di lantai 6. Karya ini menjadi salah satu karya yang terinspirasi dari cara pandang Yayoi Kusama pada dunia yang selalu diselubungi oleh titik-titik polkadot. Ia menyebut proses tersebut sebagai ‘kemusnahan’ karena apapun yang ia lihat seakan musnah tertutup oleh titik-titik polkadot.

Nah, di ruang eksibisi karya ini kamu akan diajak untuk terlibat dalam menciptakan cara pandang Yayoi Kusama. Kamu akan diberikan satu lembar stiker bergambar polkadot warna-warni dengan berbagai ukuran. Kamu bebas menempelkan stiker tersebut di mana saja, kecuali di langit-langit ruangan. Semakin lama ruangan yang awalnya berwarna serba putih ini akan tertutup rapat oleh polkadot warna-warni.

TIPS BERKUNJUNG KE MUSEUM MACAN

Sebelum datang ke sini, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan, nih. Yang paling penting ikuti peraturan yang ditetapkan dari museum, ya. Seperti larangan penggunaan kamera kecuali handphone, dan kamu juga tidak boleh menggunakan lampu flash dalam pengambilan foto. Karya yang ada di dalam museum juga tidak boleh disentuh, apalagi dijadikan senderan, diangkat, atau diduduki.

Biar lebih praktis, saran Pegipegi gunakan tas kecil untuk membawa barang berharga kamu seperlunya. Karena tas berukuran besar dilarang masuk dan harus dititipkan. Untuk mengeksplorasi seluruh museum ini dibutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam. Jadi kamu bisa menggunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman supaya waktu berkunjung kamu tidak terganggu.

Museum MACAN
AKR Tower Level MM, Jalan Perjuangan No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Jam operasional: Senin: tutup, Selasa-Minggu: 10.00-22.00
HTM: Rp100.000 (Dewasa), Rp90.000 (Pelajar/lansia), Rp80.000 (Anak-anak)
@museummacan

Sudah siap mau melihat karya Yayoi Kusama secara langsung? Yuk, pesan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta ke Jakarta. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  ke Jakarta cari hotel murah di jakarta pesan tiket kereta api murah ke jakarta

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top