Destinasi

Berburu yang Antik-antik di Pasar Klithikan, Yogyakarta

Jalan-jalan ke Yogyakarta, makin lengkap sambil berburu barang antik. Nah, Pasar Klithikan di kawasan Kuncen bisa jadi destinasi menarik buat kamu, lho.

Bisa dibilang, mau cari barang apa saja, ada di sini. Sangat mudah diakses dari kawasan Malioboro, Pasar Klithikan terkenal dengan barang bekas lengkap mulai dari elektronik hingga perabotan rumah tangga, bahkan aksesoris otomotif khususnya sepeda dan motor

Nggak cuma itu, barang-barang seperti mainan, kerajinan tangan, hingga batu akik menarik dan langka bisa dijumpai di sini, lho. Saking beragamnya, setiap sudut pasar dijubeli ratusan pedagang yang setia menunggu kedatanganmu.

Banyak para wisatawan rela blusukan ke dalam Pasar Klithikan nggak cuma demi mendapatkan barang antik yang oke punya. Tetapi juga dengan harga yang murah, maklum sistem tawar-menawar sangat faseh dilakukan tiap pedagang di pasar ini, lho.

Usia barangnya pun terbilang bervariasi. Kamu bisa menemukan smartphone berusia sebulan hingga jam tangan berusia puluhan tahun berbagai merek. Bahkan, kalau mau random lagi, kamu menemukan kaca spion dan tutup tangki bensin sepeda motor di pasar ini, sesuatu yang mungkin bakal sulit ditemukan jika berburu di toko biasa.

Dulunya Pasar Hewan

Lokasi Pasar Klithikan dulunya berstatus pasar hewan, lho. Namun, Pemerintah Kota Yogyakarta memutuskan untuk menata ulang demi mengakomodir para pedagang yang berjualan di sepanjang jalan Mangkubumi, Asemgede hingga Alun-Alun Idul Keraton.

Pada November 2007, Pasar Klithikan pun diresmikan sebagai sentral barang-barang bekas dan antik. Sedangkan, para pedagang hewan dipindah ke Pasar Hewan Gamping, Sleman.

Layaknya di Solo, Pasar Klithikan berasa dari kata “klithik” seperti suara yang muncul saat besi jatuh. Tapi, nggak sedikit juga yang mengartikan Klithikan sebagai aktivitas jalan-jalan santai sambil cuci mata.

Nah, kira-kira tertarik berburu barang antik di Pasar Klithikan? Yaudah, segera kemasi koper kamu dan langsung terbang ke Yogyakarta, yuk!

Pengin ke Yogyakarta? Yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Yogyakarta Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Yogyakarta, ya!

pesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke Yogyakarta  cari hotel murah lain di Yogyakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top