Rekomendasi

Berburu souvenir dan oleh-oleh khas Kota Medan

Pancake Durian Medan

Di kalangan pecinta traveling, Medan termasuk salah satu destinasi favorit untuk dikunjungi. Tak hanya kaya dengan tempat wisata menarik, ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini juga terkenal dengan kuliner lezatnya. Menjelajahi kota dan menikmati aneka makanan yang memanjakan lidah tentu bakal menjadi pengalaman unik saat berkunjung ke Medan. Tapi saat waktunya pulang tiba, kurang pas rasanya tanpa membawa buah tangan dari kota yang satu ini.

Di Medan bisnis oleh-oleh tak pernah lekang oleh waktu. Banyak toko yang menyediakan buah tangan, baik makanan atau souvenir, bertebaran di pusat kota. Kalau kamu masih bingung membeli oleh-oleh Medan, yuk intip berbagai makanan atau souvenir yang populer dari kota yang satu ini.

  1. Bolu Meranti
Bolu Meranti Medan

foto: makanmana.net

Bolu yang satu ini bentuknya memang tak jauh beda dengan bolu gulung lain yang dijual di pasaran. Tapi jangan salah, Bolu Meranti dari Medan ini sudah sangat kesohor karena rasanya yang legit. Bolu yang awalnya hanya dijual ‘iseng-iseng’ oleh Nyonya Ai Ling ini juga memiliki beberapa varian rasa, mulai dari cokelat, keju, nanas, atau kacang.

Berminat membungkus bolu ini sebagai oleh-oleh? Silakan datang ke Jalan Kruing 2K atau Jalan Sisingamangaraja No.19B sebelum tokonya tutup pukul 4 sore.

  1. Bika Ambon Zulaikha
Bika Ambon Zulaikha

foto: kulinermedan27.wordpress.com

Walau namanya Bika Ambon, makanan yang satu ini tak bisa dipisahkan dengan Medan. Rasanya legit dan memiliki tekstur unik dengan serat dan berlubang menjadikannya disukai banyak kalangan. Nggak heran, makanan berwarna kuning ini termasuk menut wajib untuk dijadikan oleh-oleh.

Seiring terus meningkatnya popularitas Bika Ambon, varian rasanya pun terus berkembang. Selain original, kini kamu juga bisa memilih rasa lainnya seperti pandan dan keju. Nah, kalau ingin menjadikan makanan lezat ini sebagai buah tangan ini kamu bisa datang ke Jalan Mojopahir No 62 dan 96 DEF.

  1. Sirup Markisa

Di tengah udara panas, menyegarkan tenggorokan dengan sebuah minuman segar pasti nikmat. Jika ingin merasakan kesegaran minuman berkhasiat, sirup markisa jawabannya. Sirup ini sebenarnya produk unggulan dari Brastagi, tapi traveler bisa dengan mudah menemukannya di Medan. Minuman ini diklaim juga mengandung banyak vitamin C dan antioksidan sehingga bagus untuk kesehatan.

  1. Kain Ulos

Selain aneka makanan dan minuman lezat, Medan juga terkenal dengan kain ulos-nya. Meski harganya lumayan tinggi lantaran pengerjaannya yang memang cukup rumit dan lama, kain ulos tetap diminati banyak wisatawan sebagai oleh-oleh orang terdekat. Kain ulos memiliki nilai tinggi karena biasa digunakan untuk berbagai acara ritual seperti pernikahan hingga pemakaman.

  1. Kopi Sidikalang

Membawakan kopi Sidikalang untuk teman yang pecinta kopi pasti membuatnya senang. Kopi yang berasal dari daerah pegunungan ini memang terkenal sebaga kopi terbaik dari Medan. Bahkan, kualitasnya digadang-gadang mampu menyaingi kopi asal Brasil yang memang sudah terkenal kenikmatannya hingga ke seluruh penjuru dunia.

Kamu tak perlu repot-repot ke Sidikalang untuk membeli kopi ini, karena di kota Medan banyak toko yang menjualnya baik dalam bentuk biji maupun bubuk dengan berbagai ukuran.

  1. Manisan Jambu

Kamu yang pernah ke Bangkok pasti sempat merasakan lezatnya manisan buah jambu yang memang sudah populer di sana. Sekarang, nggak perlu jauh-jauh ke ibu kota Thailand untuk mencicipi segarnya makanan yang satu ini.

Manisan jambu ternyata termasuk salah satu oleh-oleh favorit para pelancong. Buah jambu bangkok berukuran besar dimasak menjadi manisan. Rasa manis dan segar membuat makanan ini cocok dinikmati saat siang hari. Lebih dari sekadar lezat, manisan ini jambu juga dipercaya bisa membantu menaikkan trombosit sehingga bagus dikonsumsi penderita deman berdarah.

Manisan yang masih dalam bentuk bulat bisa tahan hingga tiga hari dan layak dijadikan oleh-oleh. Kamu bisa menemukan manisan jambu ini di Toko Aguan di Jalan Kruin 3D atau pedagang di pinggir jalan kota Medan.

  1. Teri Medan

Jangan lihat teri Medan dari ukurannya yang mini, karena salah satu jenis ikan asin sudah sangat populer di Indonesia. Penggemarnya pun dari berbagai kalangan usia. Teri medan mentah dijual hingga Rp 80.000 per kg, tapi jika traveler ingin langsung merasakan kelezatannya tanpa harus repot-repot memasak, kini tersedia teri yang sudah diolah menjadi sambal dengan dicampur kacang tanah. Soal rasanya nggak perlu dipertanyakan lagi. Sepiring nasi hangat dengan sambal teri dijamin bakal menggugah selera makan kamu.

Mengunjungi Jalan Majapahit wajib masuk dalam itinerary kalau kamu benar-benar penggemar teri.

  1. Durian dan Pancake Durian
Pancake Durian Medan

foto: www.kaskus.co.id

Meski memiliki bau yang tajam, durian memiliki banyak penggemar. Sudah menjadi rahasia umum, Medan terkenal sebagai penghasil buah durian kualitas wahid, jadi jalan-jalan ke sini tak lengkap tanpa mencicipi buah andalannya. Kamu bisa mengunjungi kedai Durian Ucok untuk memenuhi hasrat menikmati buah beraroma khas ini. Pengunjungnya selalu ramai, tapi traveler tak perlu takut kehabisan karena warung yang berada di Jalan Wahid Hasyim ini punya stok melimpah.

Kurang puas makan durian di tempat, kamu juga bisa menjadikannya oleh-oleh. Penjual akan membungkus daging durian dalam kotak tertutup rapat dan memasukkan memasukkan daun pandan serta kopi supaya aromanya tersamarkan. Jadi, kamu bisa tenang membawa durian sampai ke rumah tanpa khawatir ditahan petugas bandara.

Selain buah durian utuh, olahannya pun laris manis dijadikan buah tangan, yaitu pancake durian. Beda dari pancake pada umumnya yang berbentuk pipih dan berbahan utama tepung, pancake durian justru lebih terlihat seperti dadar gulung. Yup, daging durian yang legit digulung dengan adonan tepung berwarna hijau. Salah satu tempat yang menjual pancake durian lezat ada di Jalan Sekip No. 67 dengan nama toko Durian House.

 

  1. Risol Gogo

Jangan heran dulu karena makanan yang satu ini masuk dalam daftar oleh-oleh dari Medan. Tapi, Risol Gogo ini sudah sangat kesohor kelezatannya dengan isian daging ayam dan sayuran. Harga yang ditawarkan pun lumayan murah, hanya Rp 2.500 per buah. Jika traveler ingin membawanya dalam keadaan mentah juga bisa, dengan harga dikurangi Rp 500 dari yang sudah digoreng.

Untuk yang penasaran ingin mencoba menjadikan Risol Gogo sebagai oleh-oleh, kunjungi saja tokonya di Jalan Majapahit no. 53. Oya, toko ini juga menyediakan delivery service atau antar ke tempat tujuan kamu di Medan.

Selain risol, kamu juga bisa membeli lemper ayam, kroket dan kue sus untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah

 

  1. Lemang
Lemang Medan

foto: kotatebingtinggi.wordpress.com

Lemang adalah makanan khas bangsa Melayu yang juga populer di Medan sejak tahun 1970-an. Bahan utama Lemang adalah beras ketan yang digulung dengan daun pisang dan dimasak di dalam bambu dan dibakar hingga matang.

Rasanya lezat dan gurih serta memiliki aroma yang khas. Lemang juga sering disajikan dalam acara-acara adat. Karena terkenal dengan kelezatannya, lemang kini menjadi oleh-oleh yang tak boleh terlupakan dari Medan.

Berniat mencoba makanan yang satu ini? Kamu bisa menemukan banyak penjual lemang di kawasan Jalan Flamboyan yang mematok harga Rp20.000 hingga Rp25.000 per bambu. Lemang bisa tahan hingga dua hari jika masih disimpan dalam bambu yang belum dibelah.

(Visited 8,714 times, 2 visits today)

Comments

To Top