Rekomendasi

Berburu Pernak-pernik Imlek

Pertunjukan barongsai, lampion serta pernak-pernik lainnya dengan mayoritas berwarna merah identik dengan perayaan tahun baru Imlek.

Masyarakat Tiongkok memang menyukai warna merah, karena mereka menganggapnya sebagai lambang kebahagiaan, antusiasmen, semangat, dan keberuntungan.

Kamu tahu gak sih, pernak-pernik apa saja yang biasa digunakan saat Tahun Baru Imlek? Simak uraiannya berikut ini.

1. Angpao

Screenshot 2015-02-23 08.24.50

foto: bobo.kidnesia.com

Salah satu hal yang paling identik dengan Imlek adalah amplop berwarna merah yang kita kenal dengan istilah angpau. Amplop yang memang biasa digunakan warga Tiongkok ini digunakan oleh khususnya orang dewasa untuk memberikan uang kepada anak kecil atau orang tua mereka. Pemberian angpao ini merupakan bentuk kasih sayang dan rezeki kepada orang terdekat. Semakin banyak angpao yang disediakan, maka semakin meriah suasana Imlek.

2. Pohon Mei Hwa

Screenshot 2015-02-23 08.29.20

foto: muhamad-saiful-fst12.web.unair.ac.id
Kamu sering melihat pohon mirip dengan bunga sakura menjadi hiasan pusat perbelanjaan saat Imlek tiba? Ya, pohon angpao ini memang bentuknya sangat mirip bunga sakura berwarna pink atau merah. Masyarakat Tionghoa sendiri menyebutnya pohon bunga Mei Hwa. Pohon ini biasa digunakan untuk mempercantik ruangan dan diberi angpao atau gantungan imlek lainnya.

3. Gantungan atau Pajangan

Screenshot 2015-02-23 08.36.53

foto: suaramerdeka.com
Satu lagi yang pasti kamu lihat saat perayaan Imlek, yakni banyak gantungan atau pajangan yang menghiasi rumah. Gantungan atau pajangan ini biasanya berbentuk shio dalam zodiak cina atau simbol keberuntungan lainnya.
Gantungan atau pajangan ini biasanya berwarna emas atau merah yang sangat mencolok.

4. Parsel

Screenshot 2015-02-23 08.33.49
foto: parselmart.com
Layaknya hari besar lain, tahun baru Imlek juga sering dimeriahkan dengan kehadiran parsel. Bingkisan ini digunakan masyarakat Tionghoa sebagai bentuk ucapan selamat.
Banyak pilihan yang digunakan untuk isian parsel ini, mulai dari buah-buahan, aneka kue, minuman hingga peralatan dapur yang cantik.

5. Lampion

Screenshot 2015-02-23 08.40.32
foto: www.kompasiana.com
Lampion merupakan simbol kebahagiaan dan pengharapan, jadi gak heran setiap pergantian tahun masyarakat Tionghoa akan mengganti lampionnya dengan yang baru. Belakangan ini bahkan marak digelar festival lampion untuk menyemerakkan tahun baru Imlek. Tradisi memajang lampion juga lazim terjadi di rumah-rumah, tempat umum atau taman sebagai simbol kebahagiaan.

(Visited 1,036 times, 1 visits today)

Comments

To Top