Destinasi

Berburu Lintang Nol Derajat di Tugu Khatulistiwa, Pontianak

Sebagai ibukota dari Kalimantan Barat, Pontianak hadir dengan sejumlah tujuan wisata menarik. Salah satu yang diincar banyak wisatawan adalah Tugu Khatulistiwa.

Berlokasi di jalan Khatulistiwa, Batu Layang, monumen ini bukan sekedar ikon khas kota Pontianak. Namum, di atas bangunan ini melintang lintang nol derajat bumi atau yang bisa dikenal dengan garis khatulistiwa.

Sebagai yang diketahui, hanya ada 12 negara di dunia yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Tetapi, hanya Pontianak yang berlokasi pada perbatasan belahan bumi utara dan selatan.

Lantaran lokasinya, tiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, Tugu Khatulistiwa ini menjadi titik Kulminasi Matahari. Artinya, pada hari-hari tersebut, posisi matahari tepat berada di atas tugu tersebut.

Hal yang terjadi adalah bayangan tugu akan menghilang untuk beberapa saat karena posisi matahari yang tegak lurus. Pada Hari Kulminasi Matahari tersebut, warga Pontianak pun berbondong-bodong menyaksikan fenomena alam ini dalam sebuah gelaran festival.

Sertifikat Khatulistiwa

Diresmikan pada tahun 1991, Tugu Khatulistiwa merupakan obyek wisata yang patut dikunjungi. Nggak cuma bisa melihat tugu yang megah, kamu dapat menelisik sejarah dari bangunan tersebut lewat museum di dalamnya.

Memiliki duplikat tuga yang ukurannya lima kali lebih besar, kamu dapat melihat plat penujuk arah letak Tugu Khatulistiwa berada. Maklum, tugu aslinya hanya memiliki empat buat tonggak dengan plat bertuliskan 109 derajat 20’0″OlvG”.

Nah, yang bikin menarik dari wisata Khatulistiwa ini adalah penawaran ‘Piagam Perlintasan Khatulistiwa’ dari pihak monumen. Kamu dapat memiliki sertifikat tersebut lengkap dengan tanggal dan jam, tanda jika kamu telah melintasi garis khatulistiwa.

Lantaran berfungsi sebagai Benda Cagar Budaya, Tugu Khatulistiwa nggak memungut bayaran sepeser pun dari kantong kamu. Jadi, kamu bisa leluasa belajar banyak tentang equator bumi maupun kebudayaan di sana.

Mau mampir ke sini? Biar mudah, kamu bisa pesan tiket pesawat dan cari  hotel di Pontianak,  lewat Pegipegi. Selamat liburan!

cari tiket pesawat ke Pontianak cari hotel murah di Pontianak

Foto:  Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top