Destinasi

Berburu Keunikan Lukisan Purba di Leang-Leang, Sulawesi Selatan

Lagi kepingin liburan ke tempat wisata anti mainstream dan seru? Yuk, terbang ke Sulawesi Selatan buat bertamu ke Leang-Leang.

Sesuai dengan namanya, Leang-Leang merupakan kompleks gua purba yang sungguh mengagumkan yang ada di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Sudah berusia 5000 tahun, kamu bisa menikmati keunikan dan keindahan lukisan zaman prasejarah di dalam Leang-Leang.

Deretan lukisan purba ini bisa kamu temukan di dua gua, Pettakere dan Pettae. Di dalam keduanya, ada lukisan telapak tangan dan gambar babi rusa yang diperkirakan sudah ada tahun 8000 hingga 3000 sebelum masehi. Sementara di mulut gua yang tingginya mencapai 8 meter dengan lebar 12 meter, terdapat alat serpih bilah, serta kulit kerang.

Beberapa lukisan ini berusaha menyampaikan cerita tentang kehidupan sosial, seperti aktivitas masyarakat purba. Bahkan, gambar telapak tangan menceritakan sebuah ritual yang dianut masyarakat purba di sekitar Leang-Leang.

Lukisan tangan ini bisa kamu lihat dengan menaikki tangga besi yang punya tinggi 50 meter. Jadi, wajib banget kamu mengajak pemadu wisata untuk membantu naik ke atas.

Nah, jika sudah di atas, kamu nggak diperkenankan buat menyentuh lukisan. Namun, kamu bisa bebas memotret lukisan yang ditemukan oleh ahli arkeologi dari Belanda yaitu Van Heekeren dan Miss Heeren Palm pada 1950 silam. Kamu juga bisa mengabadikan pemandangan indah khas Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung.

Jangan lupa, sebelum pulang, kamu bisa menikmati indahnya sunset di balik bebatuan karst yang ada di sekitar Leang-Leang. Dengan ketinggian mencapai 4 meter, bebatuan ini bisa jadi latar belakang foto yang menarik untuk dipamerkan pada akun Instagram kamu.

Tertarik main ke sini? Kamu cukup berkendara dari pusat kota Makassar melalui Jalan Tol Reformasi, lalu ke arah Maros melalui Jalan Tol Ir. Sutami. Dari sana, tinggal mengikuit papan petunjuk ke arah Bantimurung.

Pengin liburan ke sini? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat ke Makassar dan cari hotel murah di Makassar lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Makassar cari hotel murah di Makassar

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top