Destinasi

Berburu Foto Cantik di Museum Galeri Nasional

Siapa bilang bermain ke museum selalu membosankan? Nggak juga, kok. Kamu nggak bakal bosan jika berkunjung ke Museum Galeri Nasional di Jakarta. Museum yang akrab disapa Galnas ini, menjadi lokasi favorit untuk berburu foto para instagrammers. Bahkan, pengunjung yang mayoritas anak muda ini sampai berdandan dan bergaya maksimal demi mendapatkan hasil foto yang keren.

Museum Galeri Nasional menyajikan pameran karya seni anak bangsa yang keren-keren banget. Terdapat dua jenis pameran di museum ini, yaitu pameran tetap dan kontemporer. Untuk pameran tetap karya seni akan ditampilkan seterusnya di Galnas, sedangkan pameran temporer, temanya akan berganti-ganti. Kalau kamu mau tahu jadwal pameran temporer, kamu bisa kunjungi situs resmi Galeri Nasional di galeri-nasional.or.id.

Sejarah Galeri Nasional

Gedung Galeri Nasional rupanya sudah ada sejak ratusan tahun lalu ketika Indonesia masih dijajah Belanda. Dahulu, gedung tersebut dikelola oleh Belanda sebagai asrama khusus wanita. Setelah Indonesia medeka,  gedung tersebut diambil alih oleh pemerintah Indonesia, tepatnya kepada Yayasan Raden Saleh. Sampai pada akhirnya, pada tanggal 8 Mei 1999, bangunan yang semula dikuasai Belanda ini menjadi museum Galeri Nasional sampai saat ini.

galeri-nasional.or.id

galeri-nasional.or.id

Banyak hal menarik di Galnas

Meskipun nampak kuno dan tua, justru disitu-lah nilai yang paling utama di Galeri Nasional. Museum ini terdiri dari tiga gedung yaitu Gedung A, Gedung B, dan Gedung C. Tiap gedung berisi pameran yang menampilkan karya-seni yang antik dan autentik. Ketiga gedung tersebut dikhususkan untuk memajang karya seni rupa modern dan kontemporer.

Lukisan, patung, kria, grafis, fotografi, instalasi, seni media baru berbagai gaya, bisa kamu nikmati keindahannya. Sampai saat ini sih kira-kira ada 1.700 koleksi hasil karya seniman kebanggan Indonesia di Galnas. Nama-nama besar seperti Raden Saleh, Basoeki Abdullah, Hendra Gunawan, Affandi S. Sudjojono adalah sedikit dari deretan seniman yang karyanya dipajang di Galnas. Selain itu, banyak juga seniman mancanegara.

Ada tiga jenis pameran yang biasa diselenggarakan di Galnas: Pameran Tetap, Pameran Temporer, dan Pameran Keliling. Dengan adanya Galeri Nasional Indonesia ini, karya seniman tak hanya dapat dinikmati, namun juga dilstestarikan. Selain  ruang pameran, di museum ini juga terdapat ruang seminar, perpusatakaan, dan laboratorium.

instagram @andryaziz

instagram @andryaziz

instagram @andryaziz

instagram @andryaziz

Ana Octarina rajin ke Galnas

Mantan personil girlband Princess, Ana Octarina, rupanya rajin banget ke Museum Galeri Nasional, lho. Diintip dari akun instagram-nya, beberapa kali si cantik Ana kerap asyik berfoto di museum ini. Hasil fotonya pun keren dan cantik-cantik banget. Wah, ternyata Ana sangat menyukai dan menghargai karya anak bangsa, ya!

instagram @anaoctarina

instagram @anaoctarina

Biar nggak ketinggalan, kamu sering-sering aja datang ke sini! Berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Museum Galeri Nasional sangat terbuka untuk masyarakat. Pengunjung museum pun nggak dipungut biaya tiket masuk, alias gratis. Buat kamu yang penasaran, langsung datang saja ke Museum Galeri Nasional di jalan Medan Merdeka Timur no. 14, Jakarta Pusat (depan Stasiun Gambir). Museum Galeri Nasional buka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Kalau sudah puas berfoto dan menikmati keindahan karya-karya seni di Galeri Nasional, kamu bisa berkunjung ke beragam tempat menarik lainnya dekat museum ini. Kamu bisa sekalian kunjungi Monumen Nasional (Monas), Museum Nasional, Masjid Istiqlal, Istana Negara, dan lain-lain.

Bagi kamu yang berada di luar kota Jakarta, kamu bisa pesan tiket pesawat murah dan hotel murah di Jakarta Pusat lewat pegipegi.com, mulai dari Rp 100 ribuan! Yuk, coba hal baru dengan berekreasi ke museum!

tiket pesawat murah

hotel murah lain di jakarta

(Visited 17,872 times, 13 visits today)

Comments

To Top