Kuliner

Berburu Dessert Paling Lezat di Eropa

Sicilia_Cannoli_Siciliani

Kalau Asia populer berkat aneka makanan kaya bumbu, maka Eropa terkenal lewat makanan penutupnya yang spektakuler. Kalau kamu menyusuri jalanan Eropa, kamu akan dibuat terpana dengan jejeran kafe dan toko kue yang menyajikan tart ataupun pastry lezat khas negara masing-masing.

Dengan pilihan sebanyak itu, bagaimana memilih makanan penutup yang paling pas untuk kamu? Coba intip rekomendasi dessert terbaik yang sudah dirangkum Pegipegi yuk:

Eccles Cake (St John Bakery, London)

eccles-cakes

Lupakan pie daging yang identik dengan kuliner Inggris. Pastry renyah ini semakin lezat berkat lapisan kismis di dalamnya. Meskipun banyak dijajakan di supermarket, coba deh kamu cicipi versi St John Bakery. Di sini, Eccles cake kamu akan disajikan bersama keju Lancashire.

Croissant Isaphan (Pierre Hermes, Paris)

croissant isaphan

Paris identik dengan croissant. Kamu mungkin akan bingung memilih croissant terbaik diantara ratusan opsi yang ada. Tapi, jika kamu terdampar di suatu pulau dan harus memilih satu saja croissant untuk dibawa, variasi croissant Isaphan di Pierre Hermes di Paris adalah jawabannya. Croissant ini kabarnya menggunakan bahan-bahan seperti raspberry, air mawar serta marzipan. Yum!

Medovnik (Cukrarna Hajek dan Cafe Savoy, Praha)

medovnik

Kue medovnik bisa kamu temukan hampir di seluruh sudut kota Praha di Republik Ceko. Kue ini memiliki tekstur renyah di bagian atasnya, dengan banyak lapisan berisi madu, susu dan krim yang akan membuat kamu melayang. Coba cicipi medovnik ala Cukrarna Hajek atau Cafe Savoy, jika kamu ingin merasakan versi klasik dari makanan penutup ini.

Cannoli (Italia)

Sicilia_Cannoli_Siciliani

Jika kamu sudah bosan dengan gelato (walaupun hampir tidak mungkin), mungkin kamu bisa beralih ke makanan penutup lain yang juga menjadi kebanggaan masyarakat Italia: cannoli. Hidangan ini sendiri berupa adonan renyah seperti crepes yang diisi keju ricotta (keju yang terbuat dari susu kambing) manis. Terkadang kamu akan menemukan pastry renyahnya dilapisi coklat, atau memiliki variasi berbeda pada isiannya. Kalau kamu kebetulan berada di Sicilia, jangan lupa mencicipi cannoli versi Laboratorio Pasticceria Roberto di Taormina.

Fächertorte (Gerstner Bakery, Wina)

fachertorte

Memang, sachertorte lebih dikenal sebagai dessert khas masyarakat Austria. Tapi, tidak semua warga Austria memilih sachertorte sebagai makanan penutup nomor satu. Fächertorte adalah alternatif makanan penutup yang tak kalah lezat: kue ini memiliki tiga lapisan – kue bolu, biji poppy yang diambil dari opium poppy dan apel (atau strawberry, tergantung selera) dan dibungkus dengan kulit pie renyah. Pilihan terbaik? Kunjungi Gerstner Bakery di distrik perbelanjaan sibuk kota Wina, Kärntner Straße.

Prinsesstarta (Taxinge Slotte Cafe, Nykvarn, Swedia)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Prinsesstarta atau Princess Cake konon mendapat nama tersebut karena merupakan makanan penutup kesukaan para putri mahkota Swedia selama tiga abad. Kue ini memang sangat cantik karena ditutupi dengan marzipan hijau untuk menutupi lapisan kue spons, selai, custard vanila dan krim kocok. Untuk mencicipi Prinsesstarta terbaik, coba datangi Kafe Taxinge Slott di Nykvarn, kira-kira satu jam di luar kota Stockholm.

(Visited 3,601 times, 2 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top