Destinasi

Temukan filosofi hidup penuh makna di Benteng Rotterdam Makassar

benteng-rotterdam-makassar

Kota Makassar bukan cuma kaya akan panorama bahari yang menakjubkan, tapi juga situs bersejarah. Di Benteng Rotterdam kamu bisa menelusuri sejarah kejayaan nenek moyang orang Makassar yang terkenal sebagai pelaut ulung, sekaligus memperkaya dirimu dengan pengetahuan tentang kearifan lokal yang dipegang teguh sebagai pedoman hidup sepanjang masa.

benteng-rotterdam-makassar

foto : bpecmakassar.files.wordpress.com

Sekilas tentang Benteng Rotterdam Makassar

Meskipun namanya berbau kebelanda-belandaan, tapi pendiri pertama Benteng Rotterdam bukanlah para pendatang dari Belanda, travelers. Adalah I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa ‘risi’ kallona, Raja Gowa ke-9, pendiri pertama Benteng Rotterdam di tahun 1545. Benteng Jum Pandang adalah nama yang diberikan oleh Sang Raja dan tanah liat adalah bahan dasar yang digunakan untuk membangun benteng ini.

Perubahan nama Benteng Jum Pandang menjadi Benteng Rotterdam terjadi ketika Belanda datang dan menaklukkan Kerajaan Gowa. Serah terima Benteng Jum Pandang ke tangan Belanda dilakukan setelah Kerajaan Gowa menandatangani Perjanjian Bungayya di tahun 1667. Cornelis Speelman, komandan pasukan Belanda mengubah nama Benteng Jum Pandang menjadi Fort Rotterdam sesuai dengan nama kampung halamannya di Belanda sono. Nama Fort Rotterdam lambat laun berubah menjadi Benteng Rotterdam setelah kepergian Belanda dari Makassar di era kemerdekaan.

Benteng Rotterdam terbaik di Asia

Benteng Rotterdam terletak nggak jauh dari pusat Kota Makassar. Benteng ini berdiri dengan gagah di tepi pantai, berhadap-hadapan dengan Pelabuhan Sukarno Hatta dan pelabuhan penyeberangan menuju Pulau Kahyangan. Benteng Rotterdam juga bisa kamu datangi kalo kamu lagi melancong ke Pantai Losari atau Pantai Akarena, cukup dengan jalan kaki aja sekitar 15 menit ke arah utara. Kamu pasti dah bisa ngebayangin kan gimana indahnya Benteng Rotterdam ini, travelers.

Kalo diliat dari atas Benteng Rotterdam lebih unik lagi travelers, karena arsitekturnya mirip seekor penyu yang sedang merangkak perlahan menuju ke arah lautan. Asal kamu tau aja ya, penyu adalah satwa yang menjadi dasar filosofi hidup masyarakat Kerajaan Gowa. Menurut mereka, penyu adalah satwa yang menakjubkan karena ia bisa hidup di dua dunia, darat dan laut, dan termasuk satwa yang umurnya bisa mencapai ratusan tahun. Kerajaan Gowa mengagumi keunikan penyu dan mereka ingin bisa seperti penyu, jaya di darat dan di laut selamanya.

Meskipun filosofi hidup ala penyu itu akhirnya menemui kegagalan sehubungan dengan takluknya Kerajaan Gowa kepada Belanda, akan tetapi itu nggak mengurangi kegagahan Benteng Rotterdam, travelers. Pemerintah setempat cukup berperan besar dalam memelihara dan merawat benteng yang pernah menjadi tempat pembuangan Pangeran Diponegoro selama 26 tahun. Atas inisiatif pemerintah pulalah Museum Negeri La Galigo didirikan di area Benteng Rotterdam sebagai tempat penyimpanan artefak yang berkaitan dengan Tana Toraja.

Upaya penataan ulang Benteng Rotterdam ngga sia-sia karena benteng ini disebut oleh harian ternama Amerika The New York Times sebagai satu-satunya benteng kuno yang pernah dibangun dan paling terawat di Asia. Keren ‘kan? Bukan cuma menikmati pemandangan langit senja di lepas pantai Makassar dari sisi yang berbeda, di Benteng Rotterdam kamu bisa memperkaya pengetahuan budayamu tentang suku Tana Toraja, jugamemaknai ulang cita-cita nenek moyang kamu untuk menjadi sebuah bangsa yang kuat dan tak terkalahkan di darat dan lautan. Tertarikkah kamu buat mewujudkan cita-cita mereka, travelers?

Cara mengunjungi Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam ini berada di Jalan Ujung Pandang No.1 Makassar yang saat ini dipoles sedemikian rupa menjadi spot wisata Kota Makassar. Kalo kamu datang dari luar Makassar, naik aja pesawat jurusan Makassar dari kotamu. Sampai di Bandara Hasanuddin Makassar kamu naik bus bandara menuju arah Pantai Losari dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Kamu bisa liat Benteng Rotterdam di kejauhan begitu kamu nyampe di Pantai Losari, travelers. Kalo mau istirahat dulu juga bisa, jalan kaki aja ke Jalan Penghibur n di sana ada beberapa penginapan yang bisa kamu pilih sesuai bujetmu.

Buat kamu yang pengen ke Benteng Rotterdam liburan mendatang, pesan tiket pesawat ke Makassar di Pegipegi aja ya. Kamu juga bisa pesan kamar hotel murah terjangkau di Makassar dan sekitarnya dengan mengunjungi website Pegipegi sekarang juga

(Visited 822 times, 1 visits today)

Comments

To Top