Destinasi

Benteng Portugis: Benteng historis dengan pemandangan super eksotis di Jepara

Gerbang Benteng Portugis Jepara

Benteng Portugis, sebuah bangunan sisa zaman penjajah yang dulu terkenal angker dan kumuh kini menjadi salah satu potensi wisata di Jepara. Tak hanya bangunan bersejarah, dari sini juga traveler bisa melihat indahnya pantai berpasir hitam. Eksotis!

Jepara rupanya nggak cuma terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, karena di sini kamu juga bisa menyaksikan bangunan masa lampau yang tentunya masih berdiri kokoh sampai sekarang. Tapi tahu nggak traveler, Benteng Portugis ini dulunya dibangun oleh bangsa Portugal untuk membantu Indonesia mengalahkan VOC.

 

Gerbang Benteng Portugis Jepara

Gerbang menuju Benteng Portugis.
Foto: jelajahwisataalam4.blogspot.com

Kok bisa? Penasaran dengan kisahnya? Yuk, simak uraian singkatnya berikut ini.

 

Sejarah Benteng Portugis

Saat Sunda Kelapa mulai dikuasai VOC pada 1619, Sultan Agung Raja Mataram mulai merasakan adanya bahaya mengancam. Beliau kemudian mempersiapkan angatan perang untuk mengusir Belanda. Sayang, usahanya gagal dan justru kubu Mataram harus mengakui keunggulan Belanda. Sultan Agung pun mulai mencanangkan menyerang melalui darat dan laut secara bersamaan. Karena Mataram tak punya armada laut yang kuat, ia meminta bantuan dari bangsa Portugis yang juga berseteru dengan VOC yang kemudian mendirikan Benteng Portugis ini, traveler.

Meski demikian, bangsa Portugis tidak terlalu lama menetap di sini. Sejumlah kejadian mistis di pantai dekat Benteng Portugis diyakini membuat mereka nggak betah ada di Indonesia sebelum akhirnya pergi dan meninggalkan Benteng Portugis begitu saja. Benteng Portugis kemudian digunakan lagi saat tentara Jepang mulai menjejakkan kakinya di Tanah Air. Mereka memanfaatkan Benteng Portugis sebagai tempat pengintai ke arah laut. Barulah setelah merdeka Benteng Portugis mulai dijadikan tempat wisata bersejarah dan keberaannya pun terus dipercantik.

 

Lokasi Benteng Portugis

Meski termasuk salah satu objek wisata andalan di Jepara, menuju Benteng Portugis butuh waktu lumayan lama. Terletak di desa Banyumanis, kecamatan Donorojo, Benteng Portugis terletak 45 kilometer sebelah timur laut kota Jepara. Perjalanan ke Benteng Portugis juga cuma bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, traveler. Karena tidak ada transportasi umum yang melewati Benteng Portugis dan lokasinya memang masuk ke pedesaan.

Traveler butuh waktu kurang lebih 60 menit dari pusat kota Jepara untuk tiba di Benteng Portugis ini. Kendati demikian, jalanan menuju lokasi wisata ini cukup mulus, apalagi dibeberapa titik kamu akan disuguhkan pemandangan kebun karet, ditambah pemandangan pegunungan yang membuat sepanjang perjalanan tidak membosankan, traveler.

 

Wisata Benteng Portugis

Begitu tiba di kawasan Benteng Portugis, jangan buru-buru masuk ke dalamnya, traveler. Karena di halaman luar pemandangannya terlalu indah untuk dilewatkan. Nggak ada salahnya menyempatkan waktu sebentar untuk membidik kamera ke arah view pegunungan yang megah serta hijaunya pepohonan di halaman depan.

Dengan membayar tiket Rp3.500,- traveler bisa memasuki Benteng Portugis yang masih terlihat megah dan kokoh sampai sekarang. Benteng Portugis ini berada di atas bukit, tepat di seberang selatan Pulau Mandalika. Untuk menuju atas bukit tempat Benteng Portugis berada, kamu harus lebih dulu menaiki anak tangga. Cukup melelahkan memang, tapi pemandangan dari atas sungguh menakjubkan. Di sini kamu juga bisa berteduh di sebuah gazebo. Selain itu ada pula replika meriam yang ditempatkan di sudut utara dan timur.

Di kawasan Benteng Portugis kamu juga bisa menikmati keindahan pantai yang terkenal dengan pasir hitamnya, traveler. Di pantai ini terdapat bebatuan yang bisa kamu manfaatkan untuk tempat bersantai menikmati keindahan laut atau bahkan memancing di sana. Jika datang saat cuaca cerah dan ombak sedang tidak besar, kamu bisa menyewa perahu nelayan seharga Rp 250.000 untuk menuju Pulau Mandalika.

Selain itu, Benteng Portugis juga sekarang menjadi kawasan terlindung untuk aneka satwa, termasuk burung, traveler. Hampir setiap tahun dilakukan pelepasan satwa demi menjaga kelestarian alam di Benteng Portugis. Karena itu, kawasan ini termasuk daerah terlarang untuk para pemburu.

 

Nah traveler, dengan segala kecantikannya, Benteng Portugis layak kan menjadi referensi liburan kamu di Jepara?

(Visited 431 times, 1 visits today)

Comments

To Top