Destinasi

Benteng Kuto Besak, Ikon Kota Palembang yang Padat Sejarah

Kota Palembang memang dikenal dengan Jembatan Ampera yang tersohor. Namun, ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini juga memiliki beragam tempat bersejarah yang patut kamu kunjungi, salah satunya adalah Kuto Besak.

Terletak di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kuto Besak merupakan sebuah kompleks keraton yang menjadi pusat Kesultanan Palembang, layaknya Keraton Yogyakarta maupun Solo. Berdiri pada abad ke-18, benteng ini menyimpan banyak sejarah, terutama dari kepemimpinan Sultan Mahmud Badaruddin I dan Sultan Mahmud Bahauddin pada 1724 hingga 1803.

Perlu diketahui, sosok dari Sultan Mahmud Bahauddin adalah sosok yang berjasa membuka jalur perdagangan internasional di wilayah Kesultanan Palembang. Selain itu, ia merupakan seorang agamawan yang menjadikan Palembang sebagai pusat sastra agama di Nusantara.

Jadi, kamu bisa bayangkan kemegahan dari Benteng Kuto Besak ini. Makin menarik, karena benteng ini menggunakan putih telur yang dicampur dengan batu kapur sebagai perekat bata pada saat pembangunan yang berlangsung selama 17 tahun.

Menghadap langsung ke Sungai Musi, Benteng Kuto Besak berada di lahan yang sangat terbuka dan strategis. Bahkan, saat malam tiba, Benteng Kuto Besak dipenuhi oleh pedagang pasar malam yang menjajakan dagangannya, kebanyakan kuliner lezat seperti pempek hingga wedang ronde.

Tertarik buat main ke sini? Sekalian liburan ke Palembang. Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Palembang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Palembang cari hotel murah di Palembang

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top