Destinasi

Belanja murah? Serbu aja Pasar Tanah Abang!

pasar-tanah-abang

Semua ada di Pasar Tanah Abang. Ya, apa saja. Nggak percaya? Mulai dari fashion hingga produk rumah tangga. Mau belanja eceran atau grosir, kamu bisa dapatkan harga super kompetitif. Mau partai besar atau kecil pun dilayani oleh penjual di Tanah Abang. Nggak heran kalau Pasar Tanah Abang dinobatkan jadi pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara karena arealnya begitu luas dan berhasil menampung ribuan pedagang dan memanjakan jutaan orang yang belanja di Tanah Abang.

 

pasar-tanah-abang

foto : anythingjakarta.com

 Trayek menuju ke Tanah Abang

Kalau kamu berencana hunting produk tekstil, fashion, dan teman-temannya yang lain, Tanah Abang bisa dijadikan rujukan. Posisi tempat ini juga sangat strategis jadi ada banyak angkutan umum yang melintas disekitarnya. Kalau pengin naik kendaraan pribadi juga bisa tapi kamu harus sabar ‘mengarungi’ kawasan Pasar Tanah Abang karena kesemrawutan di area ini luarbiasa tak terkendali. Biarpun seringkali dilakukan patroli dan penertiban tapi ya namanya mencari rejeki setelah digusur akhirnya berjualan di tempat yang sama.

Letaknya yang ada di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan K.H Mas Mansyur, Tanah Abang ini bisa dilalui dari berbagai arah. Kamu bisa naik angkutan umum dengan trayek menuju Tanah Abang. Ada banyak pilihan, seperti metromini, mikrolet, Mayasari Bakti, Kopaja 502 dari Kampung Melayu, Kopaja S608 dari Blok M, Kopaja T502 dari Kampung Rambutan, Kopaja P19 dari Ragunan, Kopaja B93 dari Kalideres, dan Kopaja P13 atau S615 dari Lebak Bulus. So kamu nggak perlu pusing mikirin transportasi menuju ke Tanah Abang.

 

 Pasar Grosir Tanah Abang

Pasar raksasa yang sudah berdiri sejak 1735 ini tidak pernah sepi pengunjung. Hampir tidak pernah. Menu tekstil memang sangat mendominasi jadi nggak heran kalau perubahan tren dan model fashion bagaikan kilat. Jumlahnya pun nggak tanggung-tanggung karena sekali barang masuk, speed keluarnya pun tidak kalah cepat.

Jadi kalau kamu pengin bisnis menyediakan produk fashion, pas banget untuk order barang ke grosir Tanah Abang karena selain produknya masih fresh, model yang selalu dinamis, harganya juga dibanting cukup rendah kalau kamu beli dengan jumlah banyak. Dengan begitu kamu masih mendapat untung yang menggiurkan.

Nggak heran kalau banyak pedagang dari berbagai daerah yang ‘mengimpor’ produk fashion dari Pasar Tanah Abang. Bahkan negara-negara di Afrika, Inggris, Singapura, Malaysia, dan negara dari tanah Arab banyak yang menyukai berbelanja grosir di Tanah Abang karena selain produknya beraneka ragam, kamu juga bisa pesan dalam jumlah banyak.

 

Tempat Belanja di Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang pernah mengalami beberapa kali musibah kebakaran dan dengan pembenahan yang dilakukan di sana-sini, sekarang kamu bisa menemukan blok A hingga G yang menawarkan berbagai macam produk yang kamu perlukan tiap hari. Baik yang menyediakan kebutuhan tekstil atau perlengkapan rumah tangga lainnya.

Karena kamu sudah tahu blok-blok yang ada di Tanah Abang Jakarta, sekarang kamu nggak perlu kemana-mana lagi untuk mendapatkan produk terbaru dengan harga sangat bersaing. Yang penting kamu sudah membuat list apa saja yang akan dibeli dan patuhi apa yang tertulis disana karena kalau tidak kantongmu bisa jebol gara-gara kebanyakan memborong. Kamu nggak sendirian kok karena memang tiap kios di Tanah Abang benar-benar memanjakan mata dengan modelnya yang cling-cling dan bling-bling.

Perpaduan pasar modern dan tradisional ‘dianut’ oleh Pasar Tanah Abang. Jadi jangan kaget ya kalau ‘penampilan’ Tanah Abang sudah cukup modern, dimana penataannya sudah rapi, areanya super luas, serta tempatnya yang bersih. Nggak kalah kok dengan mall tapi disini kamu masih bisa mengeluarkan senjata ‘tawar menawar’ harga.

Beda dengan mall yang harganya sudah dipatok pasti dan sudah tidak dapat diotak-atik lagi. Kalau kamu beli dalam jumlah banyak, pasti yang jualan akan memberi diskon lebih. Jadi akan untung besar kalau kamu bawa ‘pasukan’ atau memang punya rencana untuk beli produk dalam jumlah banyak.

Lalu, apa yang akan kamu borong di Tanah Abang? Sangat variatif karena di sana kamu bisa temukan produk pakaian untuk bayi, balita, dan anak-anak. Ada juga produk fashion batik, celana jeans, sprei untuk kasur, baju muslim, sepatu, sandal, kebaya, bed cover, mukena, jilbab, blouse, kaos, pakaian pria, aksesoris, dan bahkan kamu bisa menemukan food court dan penjaja makanan tradisional yang akan membuatmu ingin terus mengalirkan uang dari dompet.

Mengingat harganya yang sudah murah, jangan sampai terlena ya karena di sini kamu masih bisa menawar harga. Nggak usah malu karena yang penting dapat beberapa item yang tidak akan membuatmu kecewa. Hanya satu yang wajib diingat. Teliti dulu sebelum memutuskan membeli. Jangan sampai kamu mendapatkan produk cacat, salah jahit, ada yang berlubang atau sudah sobek.

Dengan jumlah kios lebih dari 10.000 dan AC yang akan ‘mendinginkan’ suasana panas di Tanah Abang, tentu akan membuat pembeli yang berbelanja betah berlama-lama dan hilir mudik di Pasar Tanah Abang Jakarta. Saking gedenya, kalau kamu pertama kali datang mungkin akan tersesat. So kalau belum pernah ke Tanah Abang, mendingan kamu bawa ‘pemandu’ seperti saudara, temen, sohib, atau kerabat yang sudah hafal betul dengan pusat belanja murah di ibukota.

Tips berbelanja di Pasar Tanah Abang

  1. Setelah tahu apa yang mau dibeli, tips selanjutnya tentu masalah timing atau waktu paling pas untuk belanja di Tanah Abang. Kalau males desak-desakan, jangan pergi saat akhir pekan, liburan atau menjelang lebaran ya. Dijamin suasananya penuh sesak dengan banyak pembeli yang datang dari berbagai kota.
  2. Sebelum berangkat, bawa barang seperlunya ya biar nggak ribet sendiri. Yang penting bawa uang tunai yang cukup karena di Tanah Abang lumayan ribet mencari ATM. Lagian akan membuang-buang waktu saja karena kamu bisa memanfaatkannya untuk hal lain.
  3. Tidak hanya itu, datang sebelum jam 09.00 pagi juga memungkinkanmu bernapas lega karena suasananya masih segar, pengunjung tidak terlalu banyak dan satu lagi yang jualan akan memberimu harga lebih murah dengan alasan sebagai ‘penglaris’. Gunakan saja kesempatan ini untuk beli berbagai item jadi harganya pun jatuhnya lebih murah.
  4. Karena Tanah Abang populer dengan Pasar Grosir, kamu sangat disarankan beli barang dalam jumlah banyak atau sangat banyak karena harganya lebih murah. Kebanyakan peng-grosir di Tanah abang mematok pembeli untuk memborong minimal 3, lusinan, atau satu kodi (20 buah) untuk bisa dapat diskon menggiurkan.
  5. Kalau pengin produk high quality, jangan harap dapat harga murah ya. Kamu pasti ingat dengan slogan ‘ana rega ana rupa’ yang artinya, harga mahal tentu lebih berkualitas dibanding dengan harga barang yang murmer alias murah meriah. Jadi mendingan kamu beli produk di dalam gedung, tak peduli di Blok A atau Blok B karena kalau beli di luar, bisa jadi kualitasnya dipertanyakan. Kalau lagi apes, baru 3 – 4 kali dipakai langsung sobek, atau bahkan sudah tidak nyaman lagi dipakai. So, kamu wajib dan kudu pilih-pilih produk biar tidak menyesal setelah membelinya.
  6. Kalau mau menawar, pastikan kamu memang benar-benar suka dengan produk yang ada di depan mata, serta tawarlah dengan harga masuk akal. Kalau akhirnya tidak jadi beli, pasti yang jualan di Pasar Tanah Abang bakal uring-uringan.
  7. Dan yang terakhir, selalu waspada dengan kehadiran copet. Entah baru berangkat, saat berbelanja ataupun kelar belanja karena copet sekarang sudah canggih dalam ‘mengintai mangsa’. So jangan pakai perhiasan berlebihan ya.
(Visited 64,317 times, 1 visits today)

Comments

To Top