Destinasi

Belajar Tentang Nilai Keberagaman di Rumah Tjong A Fie, Medan

Kalau lagi liburan ke Medan, jangan lupa berburu tempat wisata yang unik dan klasik. Nah, salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Rumah Tjong A Fie.

Nggak seperti wisata budaya pada umumnya, Rumah Tjong A Fie tampil beda. Karena, yang ditawarkan oleh Rumah Tjong A Fie adalah rumah kuno yang cukup besar dengan arsitektur Mandarin di setiap sudut ruangan.

Tapi, Rumah Tjong A Fie bukan sembarang rumah. Karena, sejak dulu, tempat ini merupakan simbol keberagaman kota Medan. Bahkan statusnya sudah menjadi cagar budaya nasional, nggak cuma di Medan, tetapi juga Sumatera Utara.

Rumah Tjong A Fie sendiri adalah seorang saudagar dari Negeri Cina yang hidup pada 1860-1921. Ia memiliki banyak banget bisnis yang juga mengangkat perekonomian kota Medan kala itu, seperti perkebunan, pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, bank dan bahkan perusahaan kereta api.

Meski kaya raya, Tjong A Fie juga dikenal mempunyai sikap dermawan di kota Medan. Ia bahkan punya peran besar dalam membantu berdirinya sejumlah gereja, kuil, dan masjid yang ada di ibu kota Sumatra Utara, bahkan hingga ke Tapanuli. Nggak heran kediamannya yang berada di jalan Jenderal Ahmad Yani disebut simbol keberagaman kota Medan.

Rumahnya pun terbilang sangat mewah pada zamannya. Terdiri dari dua lantai dengan nuansa arsitektur kuno yang sangat kental. Meski sudah berusia lebih dari 100 tahun, pengelola masih merawat bangunan ini hingga bisa tetap kelihatan megah dan berdiri kokoh.

Jadi, kamu bisa puas berfoto-foto ria sambil menikmati suasana damai di dalam rumahnya. Kesan eksotis dan mistis terasa saat kamu melangkah masuk ke dalam ruang tamu dan berbagai kamar di dalamnya.

Saat kaki menapakkan ruang utama, kamu bakal melihat ruang tamu lengkap dengan meja dan kursi zaman dulu tersusun rapi lengkap dengan hiasan vas bunga. Kamu juga bisa melihat poster-poster yang terpampang menggambarkan sosok dari Tjong A Fie. Nggak jauh dari meja kursi, kamu bisa melihat almari hias dengan foto Tjong A Fie bersama istrinya dan beberapa motif Tiongkok menempel di teko keramik.

Dibuka untuk umum sejak 2009, kamu bisa bebas mengulik isi dari Rumah Tjong A Fie setiap hari. Tiket masuknya bervariasi, mulai dari Rp20 ribuan buat pelajar hingga Rp35 ribu buat umum.

Tertarik main ke sini? Yuk, pesan tiket pesawat murah ke Medan dan cari hotel murah di Medan lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Medan cari hotel murah di Medan

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top