Destinasi

Bersantai dan belajar budaya Betawi di Setu Babakan

setu babakan

Lahir atau tinggal lama di Tanah Betawi bukan jaminan seseorang kenal baik sama budaya Betawi. Setu Babakan adalah tempat buat kamu yang pengen belajar tentang seluk beluk budaya Betawi sambil hang out di tempat keren yang nggak jauh dari rumahmu.

Wisata murah meriah di Setu Babakan

setu babakan

foto: bebasopan.blogspot.com

Kamu yang tiap hari bergelut dengan polusi jalan raya ibukota dan dikepung gedung pencakar langit mungkin nggak akan percaya kalo nun jauh di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, masih ada sebuah area yang masih dipenuhi dengan pepohonan, dipenuhi rumah-rumah berarsitektur Betawi asli dan masyarakat yang masih berpegang teguh pada nilai-nilai adat Betawi.

Setu atau situ adalah nama yang diberikan buat sebuah danau kecil seluas 32 hektar yang airnya bersumber dari aliran Sungai Ciliwung. Danau Setu Babakan sendiri sengaja dibuat sebagai atraksi wisata yang bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun buat membayar tiket masuk, kecuali ongkos buat transport atau beli bensin doang.

Selain memancing atau bersepeda air mengelilingi Setu Babakan, kamu bisa duduk-duduk di pinggir danau sambil menyantap aneka kuliner khas Betawi seperti nasi uduk, toge goreng, rujak bebek, soto Betawi, es potong, bir pletok, kerak telor dan banyak lagi. Setu Babakan cocok buat kamu yang pengen menyendiri atau bersantai bareng teman-teman atau keluarga. Suasananya yang tenang dan nyaman akan membuatmu lupa kalo sebenarnya kamu saat itu masih ada di area DKI Jakarta.

Mengunjungi Cagar Budaya Betawi di Danau Setu Babakan

rumah betawi di setu babakan

foto: setubabakan.wordpress.com

Kalo lagi jalan ke Setu Babakan, luangkan juga waktu kamu buat mengunjungi Perkampungan Budaya Betawi yang nggak jauh dari situ, travelers. Kampung yang diresmikan sebagai Cagar Budaya Betawi di tahun 2004 ini dihuni oleh 3000 kepala keluarga yang didominasi oleh warga Betawi asli dan sejumlah kecil pendatang dari Jawa Barat, Sumatra dan Kalimantan.

Beberapa kesenian tradisional Betawi seperti Tari Narojeng, Gambang Kromong, Tanjidor, Tari Topeng, Marawis yangselama ini mungkin cuma kamu kenal dari buku atau tivi bisa kamu saksikan secara langsung. Pertunjukan-pertunjukan yang semakin jarang dipentaskan oleh masyarakat modern Jakarta diadakan secara rutin di Kampung Setu Babakan. Jadi pastikan kamu sudah punya info tentang jadwal pertunjukan sebelum datang ke sini.

Hampir semua rumah penduduk punya pelataran yang luas dan ditumbuhi aneka pohon buah-buahan seperti rambutan, menteng, mengkudu, kecapi, jengkol, belimbing, buni, jambu, dukuh dan durian juga ada loh, travelers. Si empunya pohon akan memberimu satu buah yang udah masak jika kamu berhenti di depan rumahnya dan masuk ke pekarangannya. Katanya sih, begitulah cara orang Betawi menyambut tamu yang datang atau sekedar lewat di depan rumahnya.

Kalo mau bawa buah itu pulang buat oleh-oleh juga boleh kok, travelers. Kamu bilang aja sama bapak/ibu yang punya rumah dan bilang kalo kamu pengen beli buah yang tumbuh di halamannya. Kalo kamu pandai menawar siapa tau bisa dapat harga miring dan lebih murah dari harga buah sejenis yang dijual di pasar.

Kamu bisa datang ke Setu Babakan dengan naik Kopaja No. 616 jurusan Blok M-Cimpedak. Naiknya dari Terminal Pasar Minggu, travelers. Naik kendaraan pribadi juga bisa. Tapi kamu musti memarkir mobil kamu di tempat parkir yang agak jauh dari Danau Setu Babakan karena Cagar Budaya Betawi ini hanya boleh dimasuki dengan berjalan kaki atau naik sepeda onthel.

Buat kamu yang tinggal jauh dari Jakarta nggak usah galau. Kamu bisa kok datang ke sini dan menginap di wisma yang telah disediakan pengelola setempat. Untuk masalah pesan tiket pesawat atau kereta api ke Jakarta tinggal kamu serahin ke Pegipegi aja. Gimana, gampang ‘kan?

 

(Visited 1,397 times, 1 visits today)

Comments

To Top