Tips

Bekerja sambil liburan? Ini tipsnya

step-into-my-officehellip

Idealnya, saat liburan kita memang tidak memikirkan, apalagi melakukan, pekerjaan kantor. Tapi, terkadang situasi kantor memaksa kita untuk menyelipkan sedikit pekerjaan saat sedang asyik berlibur. Meski begitu, bukan berarti waktu liburan kita harus tersita sepenuhnya untuk kerja, travelers.

Di bawah ini PegiPegi bagikan sedikit tips supaya kamu memaksimalkan produktivitas tanpa harus mengorbankan terlalu banyak waktu liburan.

1. Tentukan tugas dan waktu penyelesaian tugas

Sebelum berangkat liburan, kamu sudah harus membuat rencana kapan kamu bisa menyicil pekerjaan: saat menunggu di bandara, saat makan siang di tempat tujuan atau saat di dalam penerbangan. Saat peralatan elektronik tidak bisa atau tidak boleh digunakan, kamu bisa menggunakan buku catatan untuk menulis draft proposal ataupun tugas lain yang sedang kamu kerjakan.

2. Rencana B

Selalu siapkan rencana cadangan jika tiba-tiba kamu tidak bisa mendapat koneksi internet atau tidak menemukan stop kontak. Kalau kamu biasa bekerja dengan Google Docs, sebaiknya siapkan juga dokumen-dokumen penting di Microsoft Word, dan pastikan aplikasi penunjang kerja memiliki fitur offline. Selain itu, usahakan agar gadget kamu selalu dalam keadaan penuh, sehingga kamu bisa tetap bekerja meskipun tidak menemukan stop kontak untuk perangkat kamu.

3. Cari tempat bekerja yang nyaman

Sebelum berangkat, gunakan mesin pencari untuk menemukan restoran dan kedai kopi yang nyaman untuk dijadikan tempat bekerja. Kamu bisa mencari kafe atau restoran yang menyediakan wi-fi gratis dengan melihat review yang diberikan pengunjung lain. Selain kamu bisa menyelesaikan pekerjaan, kamu juga bisa menjaga kondisi fisik supaya terus mendapat nutrisi dan energi.

4. Buat prioritas

Jangan berpikir kamu bisa menyelesaikan semuanya: menyusun proposal, melihat-lihat pemandangan, conference call untuk meeting dengan klien, dan lain-lain. Yang bisa kamu lakukan adalah membuat prioritas untuk mendahulukan pekerjaan yang memang harus diselesaikan secepatnya dan lakukan pekerjaan lainnya setelah pulang nanti.

5. Lakukan peregangan

Walaupun sedang berlibur, kadang kita terlalu sering duduk sepanjang perjalanan. Apalagi saat sedang menyelesaikan pekerjaan. Jangan lupa untuk berhenti sejenak dan meregangkan tubuh kamu, travelers. Beberapa menit peregangan setiap hari bisa mencegah kamu dari rasa sakit dan pegal di sisa minggu liburan kamu.

6. Nikmati liburan

Jangan lupa tujuan utama kamu untuk berlibur.  Setelah menyelesaikan satu tugas di setiap hari, segera tutup laptop dan mulailah menikmati pemandangan ataupun atraksi sekitar kamu.

(Visited 210 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top