Kuliner

Beginilah Asal Usul Nama Susu Kuda Liar Dari Sumbawa

Ada rencana traveling ke Pulau Lombok maupun Sumbawa dalam waktu dekat? Kalau ada, jangan lupa buat berburu oleh-oleh khas Lombok yang sangat terkenal dari zaman dulu, susu kuda liar.

Susu yang satu ini sangat popular di kalangan masyarakat Nusa Tenggara Barat, khususnya Sumbawa. Rasanya yang manis menyimpan khasiat yang baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Para peneliti sempat menyimpulkan kandungan protein yang ada di dalam susu kuda liar mampu menyembuhkan penyakit seperti penyakit kanker, leukimia, paru-paru basah, bronkitis dan tipus. Khasiatnya juga bisa dirasakan jika kamu ingin meningkatkan libido maupun tenaga dalam tubuh.

Tapi, pernah kepikiran nggak sih kenapa minuman yang satu ini disebut susu kuda liar? Well, setelah melakukan penelusuran mendalam, Pegipegi mendapatkan jawabannya!

Foto utama: bondchiropractic

Proses pemerahan susu kuda yang satu ini nggak ada bedanya dari pemerasan susu pada sapi atau kambing. Di mana, para peternak menggunakan kuda yang benar-benar hidup liar untuk mendapatkan susunya.

Setelah selesai diperah, kuda tersebut akan kembali dilepas ke alam bebas. Makin masuk akal karena Pulau Sumbawa memiliki karakter wilayah step sabana dengan pada rumput yang luas, habitat sempurna bagi kuda.

Cocok Buat Kecantikan

Susu kuda liar termasuk jenis susu rendah kalori. Segelas susu kuda liar hanya menghasilkan 44 kalori, berbanding 20 kalori dari susu sapi biasa.

Meski manis, susu kuda liar nggak bikin orang cepat gemuk. Nggak heran, banyak orang dengan riwayat kolesterol tinggi dianjurkan minum susu kuda liar setiap hari.

Namun ada satu khasiat terbaik dari susu kuda liar yang mungkin bermanfaat buat kaum hawa. Layaknya susu kambing, susu kuda liar merupakan pelembap alami yang dapat membantu regenerasi kulit.

Kandungan laktoferrin di dalamnya turut serta memperlambat penuaan dini. Sehingga, susu kuda liar sangat ampuh merawat kecantikan tubuh secara menyeluruh.

Tertarik buat mencoba?

Foto: Hellosehat

Mau liburan hemat ke Sumbawa? Bisa banget! Agar bujet liburan kamu ke Makassar terjangkau, jangan lupa pesan tiket pesawat ke Lombok, dan hotel murah di Lombok lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke Lombok cari hotel murah di Lombok

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 28 times, 1 visits today)

Comments

To Top