Destinasi

Batu Secret Zoo, kebun binatang dengan konsep unik di Kota Batu

Sst travelers, kamu udah pernah belum sih ke Batu Secret Zoo? Ngeliat namanya aja kamu pasti udah tau kalo obyek wisata baru ini ada di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Trus apa sih asiknya datang ke kebun binatang ini? Jangan-jangan Batu Secret Zoo ini lokasinya jauh dan tersembunyi di dalam hutan, karena namanya aja udah ‘secret’ alias rahasia.

Batu Secret Zoo

foto: www.skyscrapercity.com

Lokasi Batu Secret Zoo

Kota Batu dulu emang bagian dari Kabupaten Malang, travelers. Tapi sejak beberapa tahun lalu Kota Batu secara administratif udah terpisah dari Kabupaten Malang dan itu nggak berpengaruh buat imejnya sebagai tujuan wisata utama buat masyarakat Malang dan sekitarnya.

Berbagai obyek wisata baru terus dikembangkan buat menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Salah satunya dengan mendirikan Jatim Park 2, sebagai respon pengelola atas tingginya jumlah pengunjung Jatim Park 1 yang udah duluan beroperasi. Di Jatim Park 2 inilah Batu Secret Zoo didirikan sebagai daya tarik utama, sekaligus memberi warna berbeda pada Jatim Park 2 dibanding Jatim Park 1 yang cenderung menjual wahana permainan anak-anak dan dewasa.

Kalo kamu baru pertama kali datang ke Batu, nggak perlu khawatir kesasar soalnya lokasi Batu Secret Zoo lumayan gampang dicari. Dari Surabaya berkendara menuju  Kota Malang selama 3 jam (1.5 – 2 jam kalo nggak macet). Kalo udah masuk Kota Malang, belok kananlah ke arah Karangploso. Sampai sini kamu terus aja dan kalo udah ketemu pertigaan Karangploso kamu belok kiri, trus jalan lurus aja hingga kamu mencapai sebuah pertigaan lain. Kalo udah sampai sini artinya kamu udah nyampe di Kota Batu, travelers. Berkendaralah dengan santai sambil menikmati pemandangan sekitar yang didominasi perbukitan. Lalu ikuti aja papan petunjuk yang akan membawamu ke Batu Secret Zoo atau Jatim Park 2.

Trus gimana sih cara menuju Batu Secret Zoo? Mungkin nggak kita datang ke sana dengan naik angkutan umum? Bisa banget. Sekedar pemberitahuan, di Malang dan Batu enggak ada bus kota. Jadi kalo mau kemana-mana naik alat transportasi umum kamu musti naik mikrolet (angkot), travelers.

Pertama-tama, naik bus (kereta api juga bisa sih tapi naik bus lebih gampang karena kamu bisa dapetin angkutan umum yang menuju ke Batu di terminal) dari kota asalmu ke Terminal Arjosari Malang. Sampai Terminal Arjosari cari aja angkutan umum jurusan Arjosari-Dinoyo-Landungsari (ADL) atau Arjosari-Landungsari (AL). Dari Terminal Landungsari cari aja angkutan jurusan Batu-Junrejo-Landungsari (BJL) dan angkutan umum rute ini lewat di Jalan Kartika, lokasi dimana Batu Secret Zoo berada.

Ada apa aja di Batu Secret Zoo?

Karena namanya ‘zoo’ ya udah jelas kamu memang akan bisa liat aneka binatang di Batu Secret Zoo, travelers. Tapi, satwa penghuni Batu Secret Zoo bukan satwa biasa lho. Beberapa di antaranya adalah spesies satwa yang sedang terancam kepunahan, sedangkan sisanya didatangkan jauh-jauh dari kampung halaman mereka di Amerika Selatan dan Afrika. Ada gajah Sumatra, singa, orangutan, kuda nil, jerapah, juga aneka jenis burung yang hampir punah seperti burung beo, rangkok dan cendrawasih.

Pengen liat mamalia primata Owa Jawa yang sering diliput di televisi? Ada kok di Batu Secret Zoo. Belum lagi aneka jenis reptil dan satwa-satwa impor seperti kangguru, cheetah, leopard, jaguar dan satwa favorit Pegipegi nih, Harimau Putih Siberia. Pegipegi mau crita sedikit ya, mmm .. harimau putih Siberia ini hanya bisa ditemukan di daratan Rusia, India dan Bangladesh, travelers. Kalo masih kecil memang lucu banget soalnya dia berbulu putih dengan loreng hitam. Tapi kalo udah gede mengerikan bahkan kabarnya pernah makan manusia juga.

Harimau Batu Secret Zoo

foto: astumd.wordpress.com

Konsep kebun binatang modern yang ditawarkan Batu Secret Zoo sepertinya perlu deh dipelajari sama kebun binatang lain di Nusantara. Selain satwa yang lebih sehat dan terawat, penataan Batu Secret Zoo jauh dari kesan kumuh dan bau. Satwa Batu Secret Zoo tidak ditaruh dalam kandan seperti kebun binatang konvensional lainnya, melainkan di tempat terbuka dengan diberi pembatas berupa dinding kaca buat satwa-satwa galak semacam singa dan harimau.

Lingkungan sekitar satwa di Batu Secret Zoo juga ditata seperti habitat aslinya di alam bebas. Selain menjadikan Batu Secret Zoo lebih artistik dan rapi, ini juga cukup berperan dalam menjauhkan satwa dari stress. Misalnya aja Savannah. Ini adalah semacam terowongan berdinding kaca di mana kamu bisa melihat gimana sih kehidupan sehari-hari hewan berkuku semacam zebra, kuda dan antelop penghuni Batu Secret Zoo. Binatang-binatang di sini terawat dengan baik, terlihat dari penampilan mereka yang sehat.

Trus ada juga Aquarium, rumah buat satwa air tawar dan laut koleksi Batu Secret Zoo. Kalo ikan mungil semacam ikan badut (pernah liat film ‘Finding Nemo’ kan?) dan lobster terlalu biasa buatmu, mungkin kamu akan terkagum-kagum ngeliat koleksi ikan spektakuler Batu Secret Zoo seperti hiu karang sirip hitam dan ikan lele dari Sungai Amazon yang panjangnya bisa mencapai 2 meter lebih.

Kalo udah puas kenalan sama aneka satwa, sekarang saatnya kamu main di Swimming Pool atau naik wahana permainan yang memicu adrenalin semacam Giant Wheel, Tsunami atau Shark Coaster. Mau uji nyali juga bisa kok di Horror House. Atau kamu mau coba peruntunganmu di arena permainan semacam melempar bola dalam keranjang, memanah, menendang bola ke gawang dan masih banyak lagi. Semuanya cuma ada di Batu Secret Zoo.

O ya, sebelum pulang sebaiknya kamu luangkan waktu sebentar buat ke Museum Satwa yang terletak di pintu keluar Batu Secret Zoo. Museum Satwa adalah salah satu bagian dari Jatim Park 2 yang mengajak para pengunjung belajar tentang kehidupan satwa liar di masa lalu. Di sini kamu bisa melihat macam-macam replika kerangka hewan purba semacam brontosaurus, tyrannosaurus, mammoth, hiu purba raksasa dll. dalam gedung besar yang ditata dengan pencahayaan apik seperti museum dalam film ‘The Night At The Museum’.

Tiket masuk dan peraturan pengunjung Batu Secret Zoo

Harga tiket masuk Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa) adalah Rp 75 ribu per orang di hari Senin-Kamis, dan Rp 105.000 per orang di hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional. Harga tiket udah termasuk ongkos buat menikmati aneka wahana, permainan dan rumah atraksi semacam Horror House.

Sama seperti di Jatim Park 1, para pengunjung Batu Secret Zoo nggak boleh bawa makanan atau minuman jenis apapun. Nggak perlu khawatir kelaparan dan kehausan karena ada banyak café dan food court yang tersedia di beberapa titik Batu Secret Zoo. Tinggal pilih aja mana yang cocok sama selera kamu. Tapi karena harganya agak mahal dibanding makanan di luar, bawa uang yang cukup ya. Kalo perlu tarik dulu uangmu di ATM yang tersedia di area parkir Batu Secret Zoo.

Batu Secret Zoo total luasnya adalah sekitar 12 hektar, travelers, luas banget ‘kan? Dan kamu musti jalan kaki buat mendatangi atau ngeliat satwa satu per satu. Kalo nggak mau capek, sewa aja e-bike (semacam motor matik tapi kecil dan digerakkan dengan tenaga listrik) yang udah disediakan pengelola Batu Secret Zoo dengan tarif sebesar Rp 100 ribu per 3 jam.

Jujur aja, travelers, satu hari nggak bakal cukup buat menjelajahi semua obyek wisata yang ada di Kota Batu. Buat pelesiran di Batu Secret Zoo aja paling tidak dibutuhkan waktu sekitar 6 jam. Itu juga kalo kamu nggak terlalu sering istirahat waktu jalan-jalan berkenalan dengan satwa di Batu Secret Zoo.

Padahal di Kota Batu masih banyak lho obyek wisata keren kayak Agro Wisata Batu, Pemandian Air Panas Songgoriti, Taman Rekreasi Selecta, Air Terjun Coban Rondo .. Wuihhh banyak banget! Trus gimana ya caranya supaya bisa datang ke semua tempat keren itu?

Gampang, travelers. Kamu nginap aja deh selama beberapa malam di Kota Batu. Di kota ini banyak kok hotel dan penginapan yang sewa per malamnya nggak mahal-mahal amat. Hubungi Pegipegi aja deh sekarang, biar kami yang akan mengurus masalah booking hotel buat kamu. Oke?

(Visited 2,367 times, 1 visits today)

Comments

To Top