Tips

Baterai Smartphone Kamu Cepat Habis? Mungkin Ini Sebabnya!

Di era serba digital ini, smartphone jadi salah satu barang yang wajib dibawa saat keluar rumah. Tak terkecuali buat liburan, smartphone jadi salah satu barang bawaan yang paling berguna. Tapi kamu bakalan jengkel kalau baterai smartphone cepat habis, kan? Nah, mungkin 5 hal di bawah ini jadi penyebab baterai smartphone kamu cepat habis. Coba cek dulu, yuk!

1. APLIKASI YANG “BERAT”

Aplikasi yang kamu instal di smartphone bisa jadi penyebab utama baterai kamu cepat habis. Ukurannya yang berat dan terus-terusan mengirim push notification, bakal menguras baterai. Kamu bisa mulai uninstall aplikasi dengan memori besar yang jarang kamu gunakan.

Perhatikan juga aplikasi seperti media sosial dan instant messaging yang akan memakan baterai kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa log out akun kamu di aplikasi yang tidak digunakan agar tidak terus-terusan mendapat push notification.

2. BATERAI KURANG TERAWAT

Coba diingat, sudah berapa lama umur baterai smartphone kamu? Kalau masih terbilang baru tapi sudah cepat habis, mungkin kamu kurang merawatnya dengan baik. Untuk merawatnya, jangan sampai kamu membiarkannya kosong terlalu lama, ya.

Saat di-charge, kamu harus mengisinya sampai penuh. Hindari juga mengisi baterai smartphone semalaman. Ini merupakan beberapa cara untuk merawat baterai smartphone. Kamu bisa melakukannya agar umur baterai kamu lebih panjang.

3. PENGGUNAAN WIDGET DAN LIVE WALLPAPER

Widget yang tersedia di smartphone memang memudahkan kamu dalam berbagai hal. Misalnya saja widget cuaca yang memudahkan kamu untuk mengetahui potensi cuaca di hari ini. Namun, cara kerjanya yang meng-update setiap waktu akan menghabiskan baterai. Kamu bisa mengatur agar widget cuaca lebih jarang dalam meng-update tentang cuaca hari ini.

Sama halnya dengan live wallpaper. Fitur ini memang terlihat memberikan estetik yang lebih bagus dibanding wallpaper biasa. Namun penggunaan animasi yang membuat gambarnya dapat bergerak bisa menguras baterai smartphone kamu. Agar lebih irit, kamu bisa mengganti wallpaper kamu menjadi yang biasa saja.

4. FITUR TIDAK TERPAKAI

Setiap smartphone dipenuhi oleh berbagai fitur untuk membantu kamu. Misalnya saja WiFi dan bluetooth. Apabila keduanya dinyalakan namun tidak digunakan, baterai smartphone kamu bisa cepat habis. Fitur WiFi yang dinyalakan tapi tidak terkoneksi akan terus-terusan mencari koneksi WiFi dan mengusulkan smartphone untuk segera terkoneksi. Begitu juga dengan fitur bluetooth. Agar tidak boros baterai, kamu bisa mematikannya jika tidak digunakan.

5. CHARGER YANG RUSAK 

Tak hanya baterainya saja, kamu juga harus memerhatikan charger smartphone kamu. Ternyata charger yang rusak juga dapat berpengaruh ke umur baterai smartphone. Kalau charger kamu memakan waktu yang sangat lama untuk mengisi baterai, segera ganti dengan yang baru, ya. Kalau dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa baterai kamu ikutan rusak, lho.

Jadi sekarang kamu bisa mencegah baterai smartphone kamu jadi rusak, deh! Kalau smartphone udah oke, jalan-jalan jadi nggak perlu khawatir lagi. Langsung deh rencanain liburan dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Pixabay

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top