Event & Festival

Banyak Hal Seru di Dieng Culture Festival 2018!

Dieng Culture Festival adalah event yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tahun ini, Dieng Culture Festival kembali dilaksanakan pada 3-5 Agustus 2018. Di sana kamu nggak hanya bisa menikmati sejuknya cuaca dan pemandangan indah di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, tapi juga banyak rangkaian acara yang bisa dinikmati. Apalagi, baru-baru ini muncul embun es di Dieng yang tentunya membuat para wisatawan semakin tertantang untuk berkunjung ke Dieng!

Acara yang bisa kamu nikmati antara lain Jazz Atas Awan, Sendratari Dieng, festival lampion, festival caping gunung, yang berpuncak pada pemotongan rambut bocah atau anak gimbal (anak-anak yang memiliki garis keturunan Dieng). Di luar itu, Dieng Culture Festival 2018 juga mengenalkan sejumlah agenda baru, seperti Aksi Dieng Bersih, Festival Domba Batur, Festival Bunga, dan Festival Tumpeng.

Berbeda dengan helatan sebelumnya yang dimulai setelah ibadah sholat Jumat, Dieng Cultuire Festival 2018 dimulai di pagi hari, dengan aksi Dieng Bersih. Seluruh pihak, baik panitia, masyarakat, pejabat pemerintah dan pengunjung akan membersihkan area wisata Dieng dan sekitarnya.

Sedangkan Festival Domba adalah upaya masyarakat untuk mengenalkan hewan khas Dataran Tinggi Dieng, Domba Batur, yang diyakini memang cuma bisa berkembang dengan baik di dataran tinggi dengan suhu rendah. Domba Batur adalah hasil persilangan antara Domba Merino dan domba lokal ekor tipis. Secara turun-termurun sudah dipelihara masyarakat Banjarnegara dan Wonosobo. Domba Batur berbulu halus lebat dan relatif berukuran besar ketimbang domba biasa.

Kalau Festival Tumpeng dilakukan oleh warga sekitar sebagai wujud syukut atas limpahan karunia Tuhan. Ada sebanyak 50 tumpeng dari desa-desa di Dataran Tinggi Dieng dan sekitarnya akan diarak bersama-sama dan dinikmati oleh warga juga wisatawan. Untuk memeriahkan Festival Bunga,  selama tiga hari berturut-turut, bunga Cala lilly yang banyak ditemui di Dataran Tinggi Dieng ini akan dipamerkan.

Jika kamu berada di Jakarta dan pengin ke Dataran Tinggi Dieng, naik kereta aja sampai Stasiun Purwokerto. Yuk, pesan tiket kereta api murah ke Purwokerto lewat Pegipegi! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Purwokerto, ya, supaya kamu bisa langsung istirahat ketika sampai.

pesan tiket kereta api murah ke purwokerto  cari hotel murah di purwokerto

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top