Destinasi

Panduan Wisata di Bandung

sumber: anekatempatwisata.com

Bandung yang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Barat bisa dikatakan sebagai destinasi wisata terpopuler di Indonesia seperti halnya Bali. Dikenal sebagai Kota Kembang, Bandung memadukan suasana kota yang dinamis dengan pemandangan indah khas daerah pegunungan.

Meskipun menawarkan banyak wisata alam yang menakjubkan, Bandung lebih dikenal sebagai destinasi wisata belanja dan kuliner, terutama bagi warga Jakarta yang senang berkunjung ke kota ini di akhir pekan. Di Bandung terdapat banyak factory outlet atau toko-toko baju yang menawarkan produk berkualitas dengan harga lebih bersahabat. Sementara, untuk pilihan kuliner, semakin banyak kafe dan restoran modern yang berlomba-lomba menawarkan suasana dan tema unik untuk menarik perhatian pelanggan. Restoran dan kafe Bandung ini biasanya berlokasi di area Ciumbeleuit, Setiabudi atau Dago Pakar yang memungkinkan pengunjungnya menikmati panorama kota Bandung dari atas bukit.

Selain menjadi destinasi wisata populer, Bandung juga merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Lebih lanjut, Bandung memiliki sejumlah universitas bergengsi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran.

 

Masyarakat di Bandung

Masyarakat Bandung umumnya dikenal ramah dengan gaya bicara yang sopan. Murah senyum dan sikap menghormati kepada orang yang lebih tua juga menjadi karakteristik masyarakat Bandung yang masih sangat mengedepankan adat ketimuran dalam bertingkah laku.

Mayoritas warga Bandung berasal dari etnis Sunda dan berbicara dalam bahasa Sunda yang halus. Tapi, saat ini masyarakat Bandung lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia dalam percakapan formal. Sementara, agama yang dianut mayoritas masyarakat Bandung adalah Islam, namun penganut agama lain pun dapat menemukan rumah ibadah mereka di Bandung.

 

Budaya di Bandung

Budaya tradisional Jawa Barat masih bisa kamu temukan di Bandung, meskipun semakin tenggelam oleh budaya populer. Tari Jaipongan adalah tarian utama khas Sunda yang paling dikenal. Biasanya, tarian ini bisa kamu nikmati pada acara hiburan atau pesta pernikahan.

Bandung juga terkenal sebagai gudangnya musisi, terutama musik modern seperti pop atau rock. Tapi, bukan berarti Bandung tidak punya musik tradisional. Lagu-lagu Sunda punya nada dan alunan yang khas dan tidak semua penyanyi bisa melakukannya.

Alat musik khas Sunda yang terkenal adalah angklung dan calung. Kamu bisa belajar tentang alat musik tradisional ini di beberapa tempat di Bandung seperti Saung Angklung Udjo.

 

Destinasi & Aktivitas Populer di Bandung

Sejak akhir ’90-an, Bandung mulai populer sebagai destinasi wisata belanja dan kuliner. Ini berkat menjamurnya toko-toko pakaian dengan harga yang lebih bersahabat ketimbang di ibukota. Demikian halnya dengan pilihan kuliner yang semakin beragam, mulai dari kuliner tradisional, modern hingga fusion yang dengan kreatif menggabungkan makanan tradisional dengan makanan internasional.

Jalan Riau dan Jalan Dago adalah destinasi favorit sebagian besar wisatawan saat mengunjungi Bandung. Di sini, kamu bisa belanja sepuasnya di berbagai factory outlet dan butik pakaian yang sering menawarkan harga lebih murah dibandingkan di Jakarta. Tapi, kalau tujuan kamu adalah berwisata kuliner, kamu bisa mengunjungi kawasan Dago Pakar yang sejuk. Di sini, kamu bakal menemukan deretan kafe dan restoran modern dengan pemandangan kota Bandung yang spektakuler.

Sementara, beberapa atraksi wisata alam yang populer adalah Kawah Putih di Ciwidey atau Air Terjun Maribaya yang berlokasi di Taman Hutan Raya Juanda, tidak jauh dari kawasan Dago.

Artikel terkait
belanja bandung

Rekomendasi tempat belanja murah di Bandung

Sudah jadi rahasia umum, Bandung punya reputasi sebagai surga belanja. Tak heran, label Paris van Java pun disematkan di ibu kota Jawa Barat ini.
gedung sate

Gedung Sate: landmark bersejarah ikon Kota Bandung

Gedung Sate Bandung menjadi salah satu ikon kota Bandung. Nggak sulit untuk menemukannya karena letaknya sangat strategis.
ciwidey

Ciwidey, primadona wisata Bandung

Berwisata ke Bandung tanpa berkunjung ke Ciwidey? Rasanya pasti ada yang kurang! Cari tahu keseruan apa saja yang bisa kamu temukan di Ciwidey.
tebing keraton

Tebing Keraton, obyek wisata Bandung yang ‘Instagrammable’

tempat wisata yang bernama ‘Tebing Keraton’ ini pasti bikin kamu makin jatuh cinta dan kepengen tinggal lama-lama di Bandung.
dusun bambu

Dusun Bambu, Idola Baru di Bandung

Terletak di kawasan Lembang yang dingin, Dusun Bambu menawarkan one-stop entertainment bertema alam dan nuansa Sunda tradisional.

 

Event & Festival di Bandung

Bandung punya sejumlah event dan festival yang kerap digelar setiap tahun dan menarik perhatian wisatawan. Dua festival yang terbilang populer di Bandung adalah Festival Bandung Lautan Api untuk memperingati peristiwa pembumihangusan Bandung serta peringatan Konferensi Asia Afrika. Selain festival yang memiliki nilai sejarah, Bandung juga memiliki festival lain yang bersifat hiburan dan lebih modern, misalnya Bandung Clothing Expo atau Braga Festival.

 

Kuliner di Bandung

Seiring perkembangan pariwisatanya, pilihan kuliner di Bandung juga semakin beragam. Bukan hanya menawarkan masakan-masakan lezat, restoran dan kafe di Bandung juga menawarkan konsep tempat makan yang unik sehingga memperkaya pengalaman para pelanggannya. Contohnya adalah restoran dan kafe di Dago Pakar yang menawarkan sensasi bersantap sambil menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

Selain Dago Pakar, kawasan Lembang juga semakin populer di kalangan foodie karena kemunculan sejumlah tempat makan unik. Salah satu contohnya adalah Floating Market Lembang di mana kamu bisa mencicipi berbagai hidangan yang dijajakan di atas perahu layaknya Pasar Terapung Muara Kuin atau Pasar Terapung Barito di Kalimantan.

Artikel terkait
kuliner oleh-oleh bandung

7 Kuliner Bandung yang Sering Dijadikan Oleh-Oleh

Kalau liburan sudah usai, pastinya kamu juga pengin berbagi oleh-oleh ini untuk orang-orang terdekat.
nasi goreng hitam

6 Kuliner Nasi di Bandung yang Nggak Boleh Dilewatkan!

Ada berbagai macam hidangan nasi yang lezat di Bandung. Begitu baca artikel ini, kamu pasti langsung nggak sabar pengin meluncur ke sana!
sate kambing

5 Kuliner Sate Kambing di Bandung yang Super Mantap!

Kuliner apa sih yang nggak ada di Bandung? Sepertinya semuanya lengkap, deh. Salah satunya kuliner sate kambing.
bakmi bandung

8 Kuliner Bakmi Bandung yang Wajib Diicip

Di Bandung ada beberapa kedai bakmi wajib diicip oleh travelers! Tentunya nggak menghilangkan warna Bandung yang khas.
kopi ireng

Ini dia 4 kedai kopi terbaik Di Bandung

Travelers, kamu fans berat kopi dan lagi jalan-jalan di Bandung? Nih, Pegipegi punya rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan!

 

Transportasi di Bandung

Transportasi umum di Bandung terbilang cukup mudah. Di Bandung kamu bisa menggunakan angkutan kota atau angkot yang punya banyak trayek atau rute. Kalau kamu ingin merasakan transportasi yang lebih nyaman, Bandung juga punya banyak pilihan taksi. Tapi, usahakan pilih armada taksi yang sudah terpercaya dan menggunakan argo supaya kamu tidak mengeluarkan biaya ekstra.

 

Hotel di Bandung

Guna mengakomodasi ribuan wisatawan yang memadati kota Bandung setiap tahunnya, di Bandung terdapat banyak sekali pilihan hotel, mulai dari hotel murah untuk backpacker hingga hotel bintang 5 yang menyediakan fasilitas mewah. Hotel-hotel butik dengan desain memikat juga semakin banyak berdiri di Bandung untuk menarik perhatian wisatawan muda.

Artikel terkait
hotel dago

Rekomendasi hotel di kawasan Dago, Bandung

Dago mungkin merupakan area yang paling populer di Bandung dengan macam-macam hiburan yang ditawarkan.
hotel alam bandung

8 Hotel di Bandung dengan Nuansa Alam yang Indah, Tarif Mulai dari Rp 200 Ribuan

Kamu bisa menikmati Bandung lewat hotel atau villa dengan pemandangan yang indah supaya pikiran kamu rileks.
sate kambing

5 Hotel Murah di Cihampelas Bandung dengan Tarif 300 ribuan

Agar liburan kamu lebih nyaman, pegipegi punya rekomendasi hotel dengan tarif kisaran 300 ribuan di daerah Cihampelas, nih!
hotel unik bandung

5 Hotel Berdesain Unik di Bandung dengan Tarif di Bawah Rp 300 Ribu

114SHARES SHARE TWEET SHARE EMAIL
Bandung terkenal akan warga-warganya yang kreatif dan punya imajinasi yang tinggi. Hal itu dibuktikan lewat hotel dan villa di Bandung yang didesain dengan unik.

 

Pertama Kali ke Bandung?

Cari tahu hal-hal dasar yang penting diketahui untuk wisatawan yang baru pertama kali berlibur ke Bandung. Mulai dari peraturan dan norma-norma masyarakat Bandung hingga tujuan wisata wajib yang harus dikunjungi selama liburan di Bandung, simak semuanya di sini!

Artikel terkait
wisata wajib bandung

5 tempat wisata di Bandung ini harus kamu singgahi!

Kali ini Pegipegi mau sharing 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bandung. Yuk disimak bareng-bareng!
bandung lembang

Bandung dan Lembang, ‘Klasik’ Tapi Tak Pernah Membuat Bosan

Walaupun menjadi tujuan utama wisatawan di waktu liburan, tapi Bandung dan Lembang memang selalu seru untuk dikunjungi.
de ranch

Liburan di Bandung tak melulu belanja dan kuliner

Bandung tidak melulu hanya menawarkan wisata belanja dan kuliner. Ada berbagai objek wisata lain dari Bandung yang bisa menjadi alternatif.
lokasi wajib bandung

5 Lokasi yang wajib dikunjungi di Bandung

Pegipegi telah merangkum beberapa lokasi yang harus dan wajib kamu kunjungi saat sedang melakukan perjalanan ke Bandung.
spot foto bandung

Ke Bandung, pastikan berfoto di tempat-tempat Ini

Bandung punya banyak terdapat tempat menarik untuk dijadikan spot foto yang seru. Penasaran di mana aja tempatnya?

 

Liburan Murah di Bandung

Meskipun termasuk kota besar dan tempat liburan populer di Indonesia, Bandung sangat ‘ramah’ kepada wisatawan backpacker. Kamu bisa liburan murah di Bandung dengan mencari tahu hotel-hotel atau tempat wisata yang tepat. Pilihan kuliner di Bandung juga beragam banget lho, bukan hanya restoran atau kafe penuh gaya, tapi kamu juga bisa menemukan warung-warung makan tradisional yang menawarkan citarasa tak terlupakan.

Artikel terkait
hotel backpacker bandung

Hotel MURMER untuk Backpacker Bandung harga mulai di bawah Rp100rban

Cari penginapan murah meriah di Bandung? Nggak usah khawatir, di Bandung banyak pilihan hotel untuk backpacker kok!
belanja murah bandung

4 tempat shopping murah di Kota Kembang

Kalo kamu sekarang sedang berkantong tipis namun ingin tampil modis dan trendi, coba saja kunjungi pusat belanja berikut ini.
guest house bandung

5 guest house di Bandung kurang dari Rp 150.000

pegipegi punya rekomendasi lima guest house yang nyaman di Bandung dan memiliki harga terjangkau, kurang dari Rp 150.000 per malamnya.
gedung sate

Wisata Kuliner Murah Meriah Di Bandung

Boleh dicatat nih beberapa rekomendasi pegipegi soal kuliner murah meriah yang sayang untuk kamu lewatkan saat berada di Bandung.

 

Liburan Keluarga di Bandung

Bandung adalah tujuan wisata keluarga favorit di Indonesia. Selain menawarkan pilihan belanja dan kuliner asyik, Bandung juga punya banyak tempat wisata anak di mana si kecil bisa bermain sambil belajar. Ada taman hiburan indoor Trans Studio Bandung yang menawarkan aneka wahana permainan seru, Kampung Gajah Wonderland dengan ragam kegiatan outbound yang seru atau Rumah Stroberi yang memungkinkan anak memetik buah stroberi langsung dari kebunnya.

Si kecil juga bisa belajar sejarah dan ilmu pengetahuan dengan mengunjungi berbagai museum yang ada di Bandung, sebut saja Museum Geologi dan Museum Konferensi Asia Afrika. Berkendara lebih jauh ke Lembang, kamu bisa mendatangi Observatorium Bosscha yang bakal mengajak si kecil belajar tentang astronomi di tengah suasana yang asri dan santai.

Artikel terkait
trans studio bandung

Liburan keluarga? Ke Trans Studio Bandung aja!

Jalan-jalan ke taman hiburan paling asik sih sama keluarga. Trus kalo lokasi pilihanmu adalah Trans Studio Bandung, wah itu baru bener, travelers.
museum geologi bandung

Wisata edukasi di Museum Geologi Bandung

Kesan membosankan dari belajar akan berubah 100 persen jika kamu mengunjungi Museum Geologi Bandung.
kebun binatang bandung

Berwisata & belajar di Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung jadi pilihan keluarga saat liburan bareng anak-anak untuk memperkenalkan berbagai macam binatang.
farm house

Liburan Asyik Bersama Keluarga di Farm House Susu Lembang Bandung

Pengin berlibur ala pedesaan dan peternakan Eropa di kota kembang, Bandung? Tentu bukan hal yang mustahil.

 

Liburan Romantis di Bandung

Udara sejuk dan pemandangan hamparan perbukitan yang hijau menjadi salah satu alasan Bandung termasuk destinasi bulan madu ataupun lokasi foto pre-wedding favorit. Taman Hutan Raya Juanda termasuk salah satu lokasi favorit untuk liburan romantis di Bandung. Coba deh bayangkan kamu dan pasangan menyusuri hutan asri ini dengan latar belakang kicauan burung dan suara gemericik air terjun yang terdapat di lokasi ini.

Selain itu, pilihan restoran dan kafe di kawasan perbukitan yang menawarkan pemandangan kota juga memperkuat posisi Bandung sebagai destinasi romantis di kalangan wisatawan.  Mulai dari hidangan tradisional, fine dining atau sekedar ngopi, kamu bisa menikmatinya sambil memandangi panorama kota Bandung yang mempesona dari atas bukit.

Artikel terkait
hotel romantis bandung

5 Pilihan Hotel Romantis di Bandung

Cuacanya yang sejuk juga membuat Bandung bisa menjadi destinasi liburan romantis buat para pasangan.
tempat romantis bandung

7 Tempat Romantis di Bandung Buat Nembak Gebetan

pegipegi pengin bantuin kamu buat menemukan tempat nembak yang romantis di Bandung. Simak yuk!
wine bandung

5 Tempat Minum Wine Berkelas di Bandung

Sejuknya Bandung bakal makin lengkap dengan kehadiran wine di malam hari. Ada beberapa tempat di Bandung, di mana kamu bisa menikmati wine.
venue wedding bandung

5 Tempat Resepsi Pernikahan Outdoor di Bandung

Kalau kamu sedang sibuk mencari tempat resepsi pernikahan yang super romantis, mungkin kamu bisa berkunjung ke Bandung.

 

Liburan Petualangan di Bandung

Siapa bilang di Bandung kamu nggak bisa bertualang? Walaupun udah padat dengan restoran, hotel, kafe dan factory outlet, kamu bisa kok merasakan liburan petualangan selama di Bandung. Kamu cukup berkendara ke arah Lembang dan pilih satu dari sekian banyak tempat-tempat outbound yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan untuk kamu bersama keluarga maupun teman.

Tempat-tempat outbound di Lembang menawarkan sejumlah atraksi yang mirip seperti flying fox, motor ATV, wall climbing dan sebagainya. Tapi, kamu juga bisa menemukan atraksi berbeda di tempat-tempat tertentu, seperti berkuda di Wisata Kuda Paku Haji Bandung Barat atau di De Ranch Lembang. Beberapa operator outbound juga menawarkan aktivitas rafting lho!

(Visited 1,971 times, 2 visits today)

Comments

To Top