Berita

Bandara Ini Sampaikan Informasi Dengan Bahasa Jawa

Travelers, akrab dengan siaran informasi atau announcement di bandara? Nah, biasanya, siaran informasi disampaikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris agar memudahkan para penumpang dari dalam maupun luar negeri.

Tapi, Bandara Adisutjipto di Yogyakarta punya cara lain. Selain dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, siaran informasi di bandara ini juga menggunakan Bahasa Jawa, lho!

Foto: beritatrans

Dilansir oleh Kompas.com, penambahan Bahasa Jawa ke dalam sajian siaran informasi bertujuan untuk menghadirkan nuansan ramah khas Jogja kepada setiap penumpang. Cara ini diharapkan bisa mendukung industri kepariwisataan di Yogyakarta dan bisa menjadi contoh bandara lainnya.

“Ini menjadi yang pertama. Bandara Adisutjipto merupakan bandara pertama yang menghadirkan bahasa Jawa dalam penyampaian informasi announcement kepada penumpang” ucap Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero), Israwadi.

“Semoga ini dapat menjadi wujud komitmen kami dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jasa bandara, sekaligus sebagai upaya mendukung kearifan lokal seni budaya dan pariwisata di Yogyakarta,”

Bukan Yang Pertama

Penggunaan bahasa daerah untuk siaran informasi Bandara bukan yang pertama di Indonesia. Bandara H Aeroppala, Selayar, Sulawesi Selatan sudah lebih dulu mempraktikan konsep kreatif ini.

Di sana, para calon penumpang disajikan siaran informasi dalam tiga bahasa. Indonesia, Inggris serta bahasa daerah Selayar sejak bulan Februari lalu.

Alasan penggunaan Bahasa Selayar di Bandara H Aeroppala pun sederhana, membantu para calon penumpang asal Selayar yang ingin berpergian menggunakan transportasi pesawat terbang.

Sedangkan di luar negeri, Agartala airport di India menggunakan Bahasa Kokborok menemani tiga bahasa lainnya, Hindi, Inggris dan Bengali. Wah, salut banget, deh!

Ada rencana mau libura ke Yogyakarta? Yuk segera booking akomodasinya dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah Yogyakarta lewat Pegipegi!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 107 times, 1 visits today)

Comments

To Top