Destinasi

Panduan Wisata di Bali

Siapa tidak kenal Bali? Pulau yang terletak antara Pulau Jawa dan Lombok ini adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia. Dikenal berkat pantai-pantai berpasir putih dan pusat hiburan di Kuta-Legian-Seminyak, Bali sebenarnya punya banyak pilihan wisata. Pecinta seni dan budaya bisa datang ke Ubud yang menjadi pusat seni di Bali. Penggila olahraga air bisa bermain sepuasnya di Tanjung Benoa. Bukan hanya pantai, Bali juga punya area dataran tinggi yang menawarkan udara sejuk serta pemandangan khas pegunungan seperti di Munduk, Bedugul dan Kintamani.

Sebagai pulau dengan mayoritas penduduk beragama Hindu, Bali punya banyak bangunan pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu. Bahkan, banyak diantara pura-pura itu yang sudah berusia ratusan tahun. Tidak heran kalau Bali mendapat julukan Pulau Seribu Pura dan Pulau Dewata.

Meskipun sudah mengadopsi budaya dan kepraktisan modern, masyarakat Bali masih sangat terikat dengan ritual agama serta adat-istiadatnya yang unik. Perpaduan itulah yang membuat Bali tidak pernah sepi dari turis.

 

Masyarakat di Bali

Masyarakat Bali dikenal sangat ramah dan terbuka kepada turis. Karena sangat bergantung pada industri pariwisata, sebagian besar warga Bali mahir berbahasa Inggris yang tentunya sangat memudahkan turis-turis mancanegara.

Sebagian besar masyarakat di Bali adalah penganut agama Hindu. Tapi, jangan salah, di Bali juga banyak lho penganut agama Buddha, Islam, Protestan dan Katolik. Kamu juga bisa melihat rumah-rumah ibadah agama lain di berbagai wilayah Bali.

Selain religius dan tunduk pada adat-istiadat, masyarakat Bali juga identik dengan dunia seni dan budaya. Tidak heran jika terdapat banyak pertunjukan seni dan museum yang bisa ditemukan di Bali.

 

Budaya di Bali

Bali sangat kaya akan budaya, mulai dari musik, tari hingga kerajinan tangan dan tradisi. Kekayaan budaya ini menjadi salah satu daya tarik dan nilai jual pariwisata Bali. Contohnya, turis bisa menikmati sajian Tari Kecak dengan latar belakang pemandangan Pura Uluwatu yang indah. Di Bali, kamu juga masih bisa menemukan banyak desa adat yang tetap mempertahankan norma dan tradisi.

Artikel Terkait
budaya bali

Menikmati Cantiknya Seni dan Budaya Bali

Berikut adalah beberapa tempat yang tepat untuk menikmati seni budaya Bali, seperti yang direkomendasikan Pegipegi.
desa penglipuran

Merasakan kentalnya adat Bali di Desa Adat Penglipuran

Bali masih mempertahankan budaya dan adat yang tertuang di Desa Penglipuran. Nuansa kebersamaan sangat kental jika traveler berkunjung ke desa yang ditunjuk sebagai contoh pertama desa wisata sejak 1995 silam.
omed-omedan

Omed-Omedan: Tradisi Ciuman Massal untuk Para Jomblo

47SHARES SHARE TWEET SHARE EMAIL
Ternyata, acara ciuman massal sah-sah aja di Bali. Sayangnya, acara yang dinantikan oleh para jomblo ini cuma dilakukan setahun sekali.

 

Destinasi & Aktivitas Populer di Bali

Ada banyak destinasi dan aktivitas yang bisa dikunjungi dan dilakukan di Bali. Pantai masih jadi daya tarik utama di Bali, begitu juga dengan olahraga air seperti menyelam, snorkeling, selancar dan sebagainya. Selain pantai, wisatawan juga bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi bangunan-bangunan peninggalan kerajaan dahulu kala, atau menikmati keindahan alam lainnya seperti air terjun, danau hingga taman nasional.

Agrowisata juga merupakan pilihan aktivitas yang semakin populer di Bali. Kalau kamu sudah bosan bermain air di pantai atau mengunjungi atraksi-atraksi wisata alam lainnya, coba kunjungi beberapa perkebunan kopi sambil mencicipi kopi Bali yang punya citarasa khas, terutama dengan kopi luwaknya. Selain perkebunan kopi, kamu juga bisa mengunjungi kebun anggur yang terletak di kawasan Singaraja.

Artikel terkait
pura bali

10 pura paling ikonik di Bali

Saat kamu berkunjung ke Bali, sempatkan mengunjungi10 pura paling ikonik ini, ya! Tapi ingat, pakai baju yang sopan sebagai tanda kamu menghargai adat dan budaya setempat.
tampak siring

Mengintip Keindahan Istana Tampak Siring di Bali

Ada banyak spot bersejarah yang menarik dan sayang untuk dilewatkan di Bali. Salah satunya adalah Istana Tampaksiring.
pura rambut siwi

Wisata religi ke Pura Rambut Siwi Bali

Di Pulau Bali, Pura Rambut Siwi dianggap menjadi salah satu pura Hindu terbesar dan tidak pernah sepi pengunjung, baik untuk sembahyang maupun berwisata.
virgin beach

Virgin Beach Bali, pantai perawan yang cocok untuk menyepi

Virgin Beach atau lebih dikenal sebagai Pantai Perasi atau White Sand Beach (Pantai Pasir Putih) oleh masyarakat lokal ini memang terlihat begitu menawan karena kondisinya masih sangat alami.
trick art museum

5 tempat wisata ‘anti mainstream’ di Bali yang wajib dikunjungi

Kamu mungkin belum terlalu akrab sama 5 tempat di Bali yang wajib dikunjungi berikut ini. Karena itu, pegipegi akan mengulasnya khusus buat kamu.

 

Event & Festival di Bali

Sebagai salah satu destinasi terpopuler di Indonesia, nggak heran kalau Bali sering mengadakan event dan festival untuk menarik perhatian para wisatawan. Event dan festival di Bali banyak yang bersifat ritual keagamaan seperti Pawai Ogoh-Ogoh untuk menyambut Hari Raya Nyepi dan perayaan Kuningan dan Galungan, tapi banyak juga kok event dan festival yang bersifat modern seperti Ubud Writer’s Festival dan festival musik Dreamfields.

 

Kuliner di Bali

Pilihan  kuliner di Bali seolah tidak ada habisnya. Mulai dari kuliner tradisional seperti bebek betutu, sate lilit dan sayur plecing hingga pilihan masakan modern yang ditawarkan restoran dan café cantik, terutama di area-area seperti Kuta, Seminyak, Legian dan Ubud.

Artikel terkait
kuliner bali

Kuliner Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba

Bali punya sederet menu yang wajib kamu coba saat liburan. Pegipegi punya rekomendasinya buat kamu. Simak ya!.
gelato bali

5 kafe gelato favorit di Bali

Lupakan dulu rencana diet kamu saat liburan ke Bali, karena kali ini kita bakal ngebahas beragam café gelato paling kesohor di Pulau Dewata.
kafe stickee

Kafe Stickee, hadirkan suasana Bandung di Bali

Kangen dengan kampung halamanmu yang di Bandung? Coba deh ke Kafe Stickee yang ada di Jalan Dewi Sri 18 C, Kuta, Denpasar.
ayam betutu

Ayam betutu kaya rempah yang menggoyang lidah

Jangan lewatkan serunya wisata kuliner di pulau dewata, mulai dari kafe-kafe hits dan nggak ketinggalan masakan tradisional, salah satunya ayam betutu.

 

Transportasi di Bali

Meskipun jaringan jalan di Bali sudah terkelola dengan baik, namun moda transportasi umum bisa dikatakan terbatas dibandingkan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Pilihan transportasi massal seperti bus dan angkot lebih banyak ditemukan di kawasan Kuta dan Denpasar, sementara area-area lain lebih menggantungkan diri pada taksi dan kendaraan pribadi. Tidak heran kalau sebagian besar turis di Bali lebih senang menyewa motor atau mobil untuk mengeksplorasi pulau tersebut ketimbang menggunakan kendaraan umum.

 

Hotel di Bali

Seperti pilihan wisatanya, Bali juga dibanjiri opsi hotel untuk semua jenis wisatawan. Mulai dari hostel seharga puluhan ribu rupiah per malam hingga vila pribadi yang mengharuskan tamunya merogoh kocek sampai puluhan juta rupiah per malam bisa kamu temukan di Bali. Hampir semua daerah wisata di Bali sudah memiliki hotel-hotel yang memadai sehingga kamu tidak perlu pusing mencari penginapan di Bali.

Artikel terkait
hotel bali

5 Hotel Nyaman di Bali dengan Tarif Rp 100 Ribuan

Bali menjadi surganya para backpacker dan budget traveler, karena ada banyak hotel dengan tarif terjangkau yang bisa dipilih.
ubud hanging gardens

Ubud Hanging Gardens Bali, tempat sempurna untuk relaksasi

Bali kaya dengan tempat-tempat cantik dan pagelaran budaya eksotis, salah satunya adalah Ubud Hanging Gardens. Udah pernah denger?
hotel semiyak

Rekomendasi hotel murah di seminyak, Bali

Kali ini pegipegi mau kasih rekomendasi hotel-hotel murah yang ada di seputaran Seminyak, Bali.
alron hotel

Alron Hotel, kualitas premium dengan tarif backpacker

Punya rencana liburan di Bali tapi masih bingung cari hotel yang oke? Mungkin Alron Hotel bisa jadi pertimbangan kamu
hotel jimbaran

Rekomendasi hotel murah Di Jimbaran, Bali

Nggak usah pusing mikirin tentang penginapan di Bali, karena kamu bisa mencari hotel murah di sekitar Jimbaran.

 

Pertama Kali ke Bali?

Baru pertama kali liburan di Bali? Ada baiknya kamu cari tahu dulu soal kebiasaan dan peraturan-peraturan di Bali supaya liburan kamu berjalan lancar. Jangan sampai liburan kamu di Bali terganggu karena kamu melanggar aturan atau norma yang berlaku di Bali seperti larangan keluar rumah atau hotel saat perayaan Nyepi atau memakai pakaian yang terlalu terbuka ketika kamu mengunjungi tempat-tempat suci seperti pura.

Artikel terkait
bali

Traveling ke Bali, enaknya ngapain aja sih?

Kali ini pegipegi mau kasih ulasan apa saja sih yang bisa nikmati di Pulau Bali. Yuk disimak bareng-bareng!

tips di bali

5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan di Bali

Jika kamu berkunjung ke suatu kota, alangkah baiknya menghormati adat istiadat yang berlaku di sana.

ubud bali

Itinerary 3 Hari 2 Malam di Ubud, Bali

Inilah contoh itinerary 3 hari 2 malam di Ubud. Berangkat Jumat malam, pulang Senin sore.

 

Liburan Murah di Bali

Banyak yang berpendapat kalau liburan di Bali butuh biaya besar. Eits, jangan salah, kamu sebenarnya bisa kok liburan murah di Bali, asal tahu cara dan tempat yang tepat. Mulai dari pilihan transportasi, hotel sampai tempat makan murah meriah bisa kamu temukan untuk menikmati liburan murah di Bali.

Beach hopping alias berpindah-pindah pantai adalah cara tepat untuk menikmati liburan murah di Bali. Kamu bisa mengunjungi banyak pantai sekaligus di kawasan Uluwatu secara cuma-cuma atau gratis! Kamu hanya perlu membawa jiwa petualangmu karena sebagian besar pantai di kawasan ini letaknya cukup tersembunyi dan memiliki jalur masuk yang menantang. Tapi, perlu dicatat ya, ada beberapa pantai pribadi yang mengharuskan kamu merogoh kantong cukup dalam untuk masuk.

Selain beach hopping, kamu juga bisa trekking gratis di Bukit Campuhan Ubud atau mengunjungi desa-desa adat seperti Desa Penglipuran yang memiliki tiket masuk sangat terjangkau dibandingkan tempat-tempat wisata lain.

Artikel terkait
ubud bali

Tips liburan hemat di Bali

Ada beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat berencana liburan ke Bali dengan dana minim.
hotel murah kuta

5 hotel nyaman harga Rp 100 ribu-an di Kuta, Bali

Siapa bilang nginap di Pulau Dewata selalu menguras kocek yang dalam? Nggak juga lho travelers.
ayam kedewatan

Mencicipi Kuliner Khas Bali Murah Meriah

Tidak ada salahnya kamu menyimak rekomendasi PegiPegi seputar makanan khas Bali yang lezat dan murah meriah.

 

Liburan Keluarga di Bali

Bali adalah destinasi liburan keluarga yang aman dan menyenangkan. Selain punya beragam aktivitas dan destinasi yang bisa dipilih, di Bali juga sudah banyak kemudahan-kemudahan yang bisa ditemukan turis, misalnya jasa penyewaan perlengkapan bayi selama liburan, atau jasa penjagaan anak.

Untuk keluarga dengan anak kecil yang mau menikmati suasana pantai, coba datangi pantai-pantai di kawasan Nusa Dua yang lebih sepi dibandingkan Kuta dan Seminyak. Pantai-pantai di Nusa Dua juga memiliki ombak yang lebih tenang daripada pantai-pantai di kawasan Uluwatu sehingga lebih aman untuk anak-anak.

Bali punya banyak pilihan aktivitas edukasi yang cocok untuk liburan keluarga bersama anak. Misalnya mengenal hewan dan tumbuhan di Bali Safari & Marine Park dan Bali Bird Park, atau menikmati seni sambil belajar sejarah di Museum Pasifika Nusa Dua.

Artikel terkait
bali butterfly park

Bali Butterfly Park, alternatif wisata edukasi di Bali

Bosan dengan suasana pantai saat berlibur ke Bali? Datanglah ke Bali Butterfly Park.
gajah di bali

5 alasan kamu harus naik gajah di Bali

Kegiatan naik gajah di Bali sebenarnya sudah ada sejak awal tahun 2000-an, travelers. Nggak heran, di Bali pun banyak tempat yang menyediakan wisata naik gajah.
gallery trick art

Berkelana ke negeri khayalan di Bali Gallery Trick Art

Bali Gallery Trick Art yang ada di Seminyak menjadi destinasi wisata seru yang beda banget dengan tempat-tempat lain di Pulau Dewata.
bali bird park

Bali Bird Park, taman tropis asyik untuk wisata edukasi

Bosan dengan wisata yang mainstream, Pulau Dewata menawarkan Bali Bird Park sebagai alternatif untuk menghabiskan waktu berlibur.

 

Liburan Romantis di Bali

Ada alasan kenapa Bali menjadi salah satu destinasi bulan madu paling populer di dunia. Selain dilimpahi pemandangan alam yang spektakuler, hampir semua hotel di Bali sudah terbiasa menyediakan layanan khusus untuk pasangan. Jadi, buat kamu yang enggan beraktivitas di luar hotel, kamu dan pasangan bisa menikmati rasanya menjadi raja dan ratu berkat pelayanan istimewa hotel.

Untuk pilihan liburan romantis di Bali, kamu bisa mengunjungi pantai-pantai di kawasan Uluwatu yang lebih dramatis dibandingkan di Kuta, Seminyak atau Nusa Dua. Pantai Bingin, Pantai Pandawa dan Pantai Padang-Padang adalah beberapa pantai yang terkenal dengan pemandangan indahnya.

Kamu bukan anak pantai? Nggak masalah. Coba berkendara ke Ubud untuk menikmati pemandangan hijau dari sawah dan lembah yang asri. Suasana Ubud yang relatif lebih tenang dibandingkan Kuta dan Seminyak juga mendukung suasana romantis antara kamu dan pasangan. Berkendara lebih lanjut ke utara, kamu bisa menikmati tur kebun kopi di Munduk, atau mengeksplorasi kebun anggur lokal Hatten Wine di Singaraja.

Artikel terkait
kamuela seminyak

10 Hotel Romantis di Bali untuk Bulan Madu

Jika kamu sedang mencari hotel untuk bulan madu di Bali, mungkin 10 hotel rekomendasi pegipegi berikut ini cocok untuk kamu.
pantai romantis bali

5 Tempat Wisata di Bali untuk Foto Pre Wedding Romantis

Bali adalah salah satu kota romantis yang menjadi incaran wisatawan, termasuk untuk melakukan foto pre wedding.
dinner jimbaran

Dinner romantis di Pantai Jimbaran, Bali

Salah satu pantai yang jadi favorit pelancong saat berkunjung ke Bali adalah Pantai Jimbaran yang terkenal dengan dinner romantisnya.
hotel bulan madu

Hotel Romantis Untuk Bulan Madu di Bali

Hotel dan villa romantis biasanya menjadi incaran para pengantin baru selama berbulan madu di Bali.
slippery stone

Merayakan Momen Istimewa di Bali? Ke Restoran Ini Aja Yuk….

Pegipegi mau berbagi soal restoran dan cafe di Bali yang bisa kamu datangi, terutama pada momen-momen istimewa.

 

Liburan Petualangan di Bali

Liburan di Bali memang terbilang mainstream, tapi kamu tetap bisa mengeluarkan jiwa petualangmu selama di Pulau Dewata kok. Pasalnya, banyak sekali pilihan aktivitas yang bisa memacu adrenalinmu dan membuat liburanmu di Bali semakin berkesan.

Kamu bisa berkendara ke Ubud dan menantang dirimu dengan mengarungi Sungai Ayung ataupun Sungai Telagawaja. Rafting di kedua sungai ini lumayan menantang lho, karena kamu harus menuruni bukit untuk mencapai sungai. Selain rafting, kamu dan keluarga atau teman bisa melakukan trekking di Gunung Batur untuk menikmati keindahan pemandangan matahari terbit.

Masih banyak lagi kegiatan petualangan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan di Bali. Kamu tinggal memilih yang paling sesuai dengan preferensi dan budget-mu.

Artikel terkait
telaga waja

Menjajal ganasnya jeram di Rafting Telaga Waja Bali

Rafting Telaga Waja menjadi primadona di kalangan wisatawan Bali beberapa tahun terakhir dan diakui memberikan sensasi berbeda dari tempat rafting lainnya.
tanjung benoa

Banyak yang seru di Tanjung Benoa, Bali!

Birunya air laut, sejuknya angin sepoi-sepoi dan kelembutan pasir putih bukan satu-satunya hal yang bisa kamu nikmati di Tanjung Benoa.
sungai ayung

Tantang adrenalin di Rafting Sungai Ayung Bali

Rafting Sungai Ayung Bali jadi bidikan utama buat travelers yang pengin menantang adrenalin selain surfing di pantai.

 

 

(Visited 1,603 times, 1 visits today)

Comments

To Top