Berita

Survey pegipegi 2014: Bali jadi primadona baru merayakan tahun baru

Entah sejak kapan, kebiasaan merayakan pergantian tahun ini dimulai di Indonesia. Yang pasti, dari tahun ke tahun semakin semarak dan beragam cara. Tak lupa gerai komersial juga ‘berperang’ memberikan deal terbaik untuk momen yang terjadi hanya setahun sekali ini, dari retail, ecommerce, sampai paket paket liburan.

kembang api tahun baru

sumber foto : vvng.com

Berawal dari keingintahuan, kami mengadakan survey untuk mengetahui tren perubahan preferensi dalam merayakan pergantian tahun. Dalam kuesioner yang kami sebar melalui facebook dan jejaring sosial tersebut, ada dua kesimpulan utama yang kami tarik : tren merayakan tahun baru di luar Jakarta (terutama Bali) semakin meningkat, dan semakin banyak yang akan merayakan tahun baru 2015 di luar rumah. Kali ini, mari kita coba mengulas yang pertama dulu.

Berikut adalah grafik perbandingan untuk kota-kota yang difavoritkan responden kami:

Perubahan Preferensi Tahun Baru

foto : hasil survey Pegipegi tentang perubahan preferensi Tahun Baru, November 2014

 

Dari tahun ke tahun, semakin banyak yang ingin merayakan tahun baru di Pulau Dewata tersebut. Jika pada 2013 Bali ‘kalah’ dengan kota Bandung, maka pada 2014 ini Bali mengungguli kota Kembang beserta kota-kota favorit lainnya seperti Malang dan Jogja.

Bagaimana dengan Jakarta sendiri? Persentasenya semakin turun dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Dibandingkan dengan tahun 2013 lalu, jumlah mereka yang ingin merayakan tahun baru 2015 di Jakarta turun hingga 9%.

Apabila tren positif Bali terus berlanjut (dan Jakarta terus menurun) bukan tidak mungkin pada tahun baru 2016 Bali akan menggeser posisi Jakarta sebagai kota yang difavoritkan untuk merayakan tahun baru. Bagaimana dengan kamu, travelers?

(Visited 245 times, 1 visits today)

Comments

To Top