Destinasi

Baitul Muttaqin, Masjid di Samarinda Dengan Menara Asmaul Husna

Kota Samarinda di Kalimantan Timur memiliki banyak spot wisata yang unik. Salah satunya adalah Masjid Baitul Muttaqin.

Dikenal juga dengan nama Samarinda Islamic Centre, Masjid Baitul Muttaqin memiliki arsitektur megah yang menawan. Dibangun di atas tangah seluas 43.500 meter, masjid ini mengadopsi desain tiga masjid di luar negeri, lho.

Mulai dari depan, terdapat tujuh gerbang yang konsepnya meniru Masjid Putra Jaya dari Malaysia. Mengintip bagian atas, ada kubah khas masjid-masjid di Turki serta menara utama yang mirip dengan Masjid Nabawi dari Madinah, Arab Saudi.

Semuanya dipadukan ke dalam satu bangunan yang dibungkus oleh ornamen-ornamen khas Kalimantan Timur. Seperti yang terpampang di kubah di mana ada ornamen cantik khas Suku Dayak yang menempel erat.

Sisi menarik lain dari Masjid Baitul Muttaqin adalah ketinggian menaranya. Dinamakan Menara Asmaul Husna, menara ini memiliki ketinggian 99 meter, sesuai dengan  jumlah nama-nama Allah.

Berdiri di tepi Sungai Mahakam, Masjid Baitul Muttaqin adalah destinasi yang cocok buat wisata religi kamu kali ini di Samarinda.

Termegah Kedua di Asia Tenggara

Berdiri pada 12 tahun silam, masjid ini sempat nggak memiliki nama. Bahkan, masyarakat Samarinda justru lebih mengenal spot ini sebagai Islamic Centre sebelum akhirnya diberi nama pada 2014 lalu.

Mulai dibangun pada 2001, Masjid Baitul Muttaqin memakan biaya Rp 650 miliar selama prosesnya. Saking megahnya, masjid ini dapat menampung 43 ribu orang di dalamnya.

Lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi menjadikan Masjid Baitul Muttaqin sebagai masjid termegah kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal di Jakarta.

Selain digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Muslim, Masjid Baitul Muttaqin sering mengadakan banyak acara, khususnya di Bulan Ramadhan seperti pengajian hingga buka puasa bersama.

Mau main ke masjid ini? Sekalian liburan! Untuk yang berada di luar Samarinda, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat ke Samarinda dan cari hotel murah lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Samarinda cari hotel murah lain di Medan

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top