Berita

Bahaya Flu, Bisa Picu Serangan Jantung Mendadak

Banyak orang mengartikan flu sebagai penyakit ringan. Meskipun menular, flu dapat teratasi dalam jangkau waktu 3-7 hari saja.

Tapi penelitian terkini berkata sebaliknya. Sebuah jurnal penelitian dari The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa flu dapat meningkatkan risiko serangan jantung enam kali lipat!

Dipimpin oleh Dr. Jeffrey Kwong, jurnal tersebut juga menyimpulkan penyakit pernafasan lain turut memiliki peran serupa. Namun, nggak seperah flu.

Penelitian ini didasarkan atas kecurigaan para dokter yang menemukan hubungan antara flu dan serangan jantung sejak 1930-an.

Melalui 364 kasus serangan jantung pada medio 2008-2015 di Ontario, Amerika Serikat, mereka yang berusia di atas 35 tahun sangat retan terkena dampak serius ini.

Jangan Dibiarkan

Ada banyak penyebab yang mempengaruhi fenomena ini, salah satunya kondisi tubuh saat flu.

“Ketika kamu terinfeksi, jantung berdetak lebih kencang lagi. Kondisi tersebut mendorong platelet (keping darah) bergerak aktif, memicu kemungkinan penyumbatan dalam arteri jantung,” ucap Dr. Jeffrey Kwong.

“Jika kondisi tersebut bertahan, serangan jantung hanya tinggal menunggu waktu saja,” tambah Kwong.

Berbagai gejala bisa dideteksi. Salah satunya nyeri dada serta nafas pendek saat flu menyerang yang nggak boleh dibiarkan.

Flu sendiri bisa teratasi dengan banyak beristirahat dan meminum air putih hangat secara rutin. Jika sudah parah, kamu bisa menggunakan obat parasetamol untuk bantu membunuh virus pemicunya.

Sudah tahu penyebabnya? Saatnya liburan.  Biar hemat, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto:  Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top